. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 09 Oktober 2017

Lomba Aquathlon Bikin Festival Pesona Bupolo 2017 di Pulau Buru Bakal Lebih Seru

Usai sukses menggelar Festival Pesona Bupolo tahun lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru bakal menggelar event serupa tahun ini. Nah, Festival Pesona Bupolo 2017 yang berlangsung 3 hari, tanggal 12-14 Oktober dijamin bakal lebih seru dengan sajian seragkaian acara utama, salah satunya Aquathlon.

Sport tourism Aquathlon digelar Kodim Pattimura 1506 Namlea bekerja sama dengan Pemkab Buru di Pantai Jikumerasa pada tanggal 14 Oktober mendatang.

Pantai Jikumerasa yang merupakan pantai primadonannya Kab. Buru terletak di Desa Jikumerasa, Kecamatan Lilialy. Jaraknya sekitar 10 km atau kira-kira 20 menit perjalanan dari Namlea, Ibukota Kab. Buru,

Aquathlon merupakan event olahraga dalam kemasan wisata yang diselenggarakan dalam rangkaian acara HUT Kab. Buru yang ke-18 sekaligus untuk menyemarakan Festival Pesona Bupolo yang kedua ini.

Aquathlon terdiri atas lomba renang dan lari. Lomba renang akan berlangsung di kawasan Pantai Jikumerasa yang permukaan airnya tenang, jernih, dan berwarna biru kehijauan. Jarak tempuhnya 500 m.

Untuk lomba lari, para peserta akan menyusuri jalan umum dari Desa Jikumerasa sampai ke Desa Ubung dan kembali finis di Desa Jikumerasa dengan menempuh jarak 5 Km.

Selain Aquathlon, Festival Pesona Bupolo 2017 yang didukung Pesona Indonesia-nya Kementerian Pariwisata (Kemepar) ini juga akan diramaikan dengan serangkaian lomba, antara lain Lomba Foto Wisata, Lomba Foto Selfie, dan Lomba Foto Hunting dan Tags Foto meriahnya acara HUT Kab. Buru dan Festival Pesona Bupolo.

Objek untuk Lomba Foto Wisata adalah bahari, kuliner, agro, buatan, dan wisata alam. Sedangkan syarat Lomba Foto Selfie adalah foto yang dilombakan 70% bermuatan/berlatar pemandangan dan sisanya 30% foto diri.

Sementara Lomba Foto Hunting HUT Kab.Buru & Festival Pesona Bupolo 2017 materi fotonya harus berisikan keseruan dan kemeriahan suasana acaranya. Posting-an foto yang dilombakan mulai dari tanggal 12-14 Oktober.

Ketiga jenis lomba foto tersebut terbuka untuk umum dan gratis. Setiap peserta bebas menggunakan kamera digital jenis apapun (DSLR, Miroles, dan HP).

Setiap peserta wajib mem-follow medsos Instagram (IG) @disparkomburu, @pesona_bupolo, dan @ayomainkeburu.

Foto yang dilombakan harus di-posting ke FB dan IG masing-masing dengan fotmat captions: nama fotografer, judul foto, lokasi foto, #Fbp_2, #Fbp2_2017, #amazing_rana, #ayomainkeburu, #pesona_bupolo, dan #bupolokeren.

Para pemenang lomba-lomba foto berhadia total Rp 1,5 juta tersebut akan diumumkan tanggal 14 Oktober.

Adapun rundown acara Festival Pesona Bupolo 2017 hari pertama, Kamis (12/10) ada opening ceremony, lomba lintas alam, dan photo contest.

Hari kedua, Jumat (13/10) ada kampanye sadar wisata, lomba pukul sagu, lomba kupas kelapa, omba hela rotan dalam air, relly perahu layar, lomba mancing, lomba foto selfie Instagram, dan pesta kuliner.

Hari ketiga, Sabtu (14/10) ada lomba Aquathlon dan hiburan rakyat sekaligus penutupan.

Sebagai informasi tambahan, Pantai Jikumerasa yang menjadi pusat Festival Pesona Bupolo 2017, berhasil masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) II Tahun 2017 yang digelar Kemenpar.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buru, Istanto Setyahadi menghimbau agar seluruh masyarakat Kabupaten Buru memilih Pantai Jikumerasa agar menjadi pemenang sebagai Obyek Wisata Bersih Terpopuler Indonesia. Caranya dengan mengetik: API (spasi) 2G kirim ke: 99386.

Menurut Istanto pemungutan suara sudah berlangsung dari Juni 2017 hingga Oktober 2017. Pemberian penghargaan kepada para pemenangnya akan diserahkan pada Malam Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017 di Jakarta, November mendatang.

Pulau Buru yang berstatus kabupaten merupakan salah satu pulau besar di Kepulauan Maluku. Dengan luas 8.473,2 km² dan panjang garis pantai 427,2 km.

Pulau yang pernah menjadi tempat pembuangan tahanan poltik (tapol) masa Orba ini menempati urutan ketiga setelah Pulau Halmahera di Maluku Utara dan dan Pulau Seram di Maluku Tengah. Secara umum geografis pulau yang memiliki tambang emas ini berupa perbukitan dan pegunungan. Puncak tertingginya Gunung Kaplamada mencapai 2.736 mdpl.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. pesonabupolo

Captions:
1. Pantai Jikumerasa, pusat acara Festival Pesona Bupolo 2017.
2. Promo rundown acara Festival Pesona Bupolo 2017.
3. Logo Festival Pesona Bupolo 2017.
4. Pantai Jikumerasa masuk nominasi
Anugerah Pesona Indonesia (API) II Tahun 2017.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP