. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 07 Agustus 2017

Mau Lihat Festival Krakatau 2017? Ini Tiga Kegiatan Utamanya

Lampung Krakatau Festival (LKF) 2017 atau yang lebih dikenal dengan Festival Krakatau akan berlangsung di Kota Bandarlampung dan Kabupaten Lampung Selatan pada 25-27 Agustus mendatang. Kegiatan utamanya ada 3 yaitu Pesona Kemilau Sang Bumi Ruwa Jurai, Tour Krakatau, dan Lampung Culture and Tapis Carnival.

Pesona Kemilau Sang Bumi Ruwa Jurai digelar 3 hari atau selama LKF 2017 berlangsung yakni 25-27 Agustus 2017 di Kota Bandarlampung.

Adapun rangkaian kegiatannya dimulai dengan Opening Ceremony LKF 2017, Expo Kepariwisataan, Kuliner Lampung, Penampilan Seni Budaya, Pameran Foto Lampung Tempo Dulu dan Kini, serta aneka permainan anak tradisional nusantara.

Tour Krakatau yang menjadi ciri khas LKF akan berlangsung selama 2 hari (25-26 Agustus 2017). Perjalanan wisata bersejarah dengan kapal laut ini melintasi Selat Sunda menuju Gunung Krakatau yang berada di wilayah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Tujuannya untuk mengenang meletusnya Gunung Krakatau pada 26 Agustus 1883 sekaligus memperkenalkan Krakatau sebagai objek wisata alam andalan Lamoung ke dunia lewat event LKF.

Tour dimulai dari Kalianda kemudian singgah di Pulau Sebesi (pulau berpenduduk terdekat dengan Krakatau) selanjutnya ke Gunung Krakatau yang sebenarnnya Gunung Anak Krakatau.

Acara utama ketiga adalah Lampung Culture and Tapis Carnival yang berlangsung sehari (26 Agustus 2017) di Kota Bandarlampung.

Karnaval ini akan berupa parade budaya Lampung dan nusantara untuk memperkenalkan keberagaman dan keunikan budaya Lampung.

Penyelenggaraan Lampung Krakatau Festival ke-27 yang kali ini mengangkat tema "The Glory of Lampung Crown" ini diharapkan menjadi sarana efektif dalam mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung.

Belakangan ini kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung setiap tahun terus meningkat. Pada 2015 jumlah pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) ke Lampung sebanyak 6,8 juta atau memberikan kontribusi sebesar 2,7 persen dari total pegerakan wisnus sebesar 255 juta. Sedangkan jumlah kunjungan wisman sebanyak 115 ribu wisman atau meningkat dibandingkan 2014 sebanyak 95 ribu wisman.

Lewat LKF 2017 yang di-launching oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo di Jakarta, Senin (7/8) siang ini, wisatawan bisa ikut tur ke Gunung Anak Krakatau, melihat keindahan pesta pantai yang digelar di beberapa pantai di Lampun, seperti Pulau Tangkil dan Pantai Mutun di Kabupaten Pesawaran.

Kalau belum puas bisa mengunjungi Air terjun. Kebetulan Lampung memiliki 64 air terjun dan Tujuh kawasan wisata andalan yakni Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Teluk Kiluan, Tanjung Setia dan Wisata Bahari Krui, Menara Siger, Gunung Anak Krakatau, dan Pulau Sebesi serta Kawasan Wisata Kota Bandarlampung.

Sangat mudah menjangkau Bandarlampung dari Jakarta. Lewat jalur darat bisa naik bus Damri Bisnis AC dari Gambir dan Kemayoran dengan tarif Rp 160 ribu per orang. Kalau Bus Damri Executive dari Gambir dan Kemayoran Rp 205 ribu per orang. Dari Kampung Rambutan Rp 215 ribu per orang. Sementara dengan Bus Damri Royal Class dari Gambir Rp 240 ribu per orang.

Jadwal berangkat Damri dari Gambir pagi pukul 8 dan 10, malam pukul 8 dan 9. Sedangkan dari Kemayoran pukul 9 pagi dan pukul 7.30 malam.

Harga tiket di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sesuai dengan situasi nasional dan kebijakan pemerintah.

Lewat jalur udara dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng dengan maskapai Garuda Indonesia dan lainnya atau dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dengan maskapai Batik Air dan lainnya menuju Bandara Radin Inten II Dari Bandara Radin Inten II bisa naik taksi ke lokasi acara.

Akomodasi di Bandarlampung beragam dari  bintang lima sampai non bintang antara lain Sheraton Lampung (bintang 5) di pusat kota, Emersia Hotel 7 Resort (bintang 4), Novotel Lampung (bintang 3), Pop Hotel (bintang 2), Anugerah Express (bintang 1), Satwa Elephant Eco Lodge  dan  Wisma Chandra (non bintang) di pusat kota Bandarlampung.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Menpar Arief Yahya dan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo berfoto bersama usai me-launching Lampung Krakatau Festival (LKF) 2017 di Jakarta.
2. Penari perempuan Lampung.
3. Promosi LKF 2017

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP