. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 11 Agustus 2017

Ayo ke Citarik Nonton Lomba Lari Lumpur Arus Liar Bravo 2017, Dijamin Seruuu…

Wajah kawasan wisata Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat Minggu ini bakal tampil beda. Biasanya cuma perahu-perahu karet berisi wisatawan yang asyik mengarungi jeram-jeram liar. Tapi kali ini ada warna lain. Sejumlah orang bakal berlomba memacu kecepatan, berlari di medan berlumpur. Wow, dijamin seruuuuu abieeeesss…

Yup, benar saja, pada Minggu tanggal 13 Agustus 2017, untuk kali pertama operator arung jeram ternama Arus Liar bersama dengan Bravo Adventure menggelar event bertajuk Lomba Lari Lumpur Arus Liar Bravo 2017.

Lomba yang diperkirakan akan menjaring wisatawan nusantara (wisnus) dan juga wisatawan mancaneagara (wisman) itu pun didukung sejumlah pihak, salah satunya Pesona Indonesia dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) lewat Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara.

Bentuk dukungan dari Kemenpar tentu saja berupa promosi dan publikasi termasuk liputan dari jurnalis/travel blogger andal.

Sport tourism Lari Lumpur tersebut merupakan lomba lari yang diselenggarakan di jalur sepanjang 5 km dengan ‘bumbu’ berbagai rintangan yang harus dilalui oleh seluruh peserta sebagai bagian dari lomba.

Selain lomba Lari Lumpur, juga diadakan lomba Lari Lintas Alam atau Trail Run sepanjang 15 km.

Kegiatan Lari Lumpur yang pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Sukabumi ini rencananya akan memperebutkan Piala Bupati Sukabumi (masih tentative). Selain itu hadiah berupa mendali, uang dan produk dari sponsor.

Biaya pendaftaran lomba Lari Lumpur 5 Km yang terbuka untuk umum baik laki-laki maupun perempuan ini sebesar Rp 300 ribu (early bird), atau normal Rp 375 ribu per peserta.

Untuk Trail Run 15 Km ada dua katergori yaitu Open Men & Women dengan biaya pendaftran Rp 350 ribu (early bird), normal Rp 395 ribu per orang. Satu lagi kategori Master Men & Women dengan biaya pendaftaran idem.

Berdasarkan info dari situs www.arusliar.co.id jumlah peserta Lari Lumpur 5 Km tercatat ada 59 pelari laki-laki dan perempuan, dua di antaranya peserta asing dari Perancis bernama David, Jerman (Matthias Deininger), dan dari Aljazair. Sisanya pelari tuan rumah Indonesia.

Sementara peserta lomba 15K Trail Run berjumlah 18 orang baik laki-laki maupun perempuan, semuanya dari Indonesia. Diperkirakan jumlah peserta kedua kategori akan bertambah.

Lombanya sendiri akan dimulai pada hari Minggu (13/8) pukul 7 pagi untuk start peserta Trail Run 15K baik kategori Open & Master Putra & Putri. Lalu pukul 07:15, start untuk peserta Lari Lumpur (Open, Putra & Putri).

Dilanjutkan pukul 07:30 start peserta Family Fun Trail, dan pukul 10:00 – cut off time Family Fun Trail. Sedangkan cut off time Lari Lumpur (Obstacle Run) pukul 11 siang.

Setelah Ishoma (istirahat, sholat, makan siang) dilanjutkan dengan pengumuman para pemenang. Diteruskan dengan Fun Rafting untuk seluruh peserta perlombaan Lari Lumpur dan Trail Run pada pukul 2 siang. Sore harinya ditutup dengan Fun Rafting mulai pukul 4 sore.

Pengunjung yang mau menginap juga bisa. Di Citarik tersedia berbagai jenis penginapan. Tinggal pilih sesuai selera.

Ada penginapan Nusa Tradisional Cottages berkapasitas 4 orang dengan harga Rp 200 ribu per orang. Pilihan lain Kampung Ngaloen untuk 3 orang, Rp 245 ribu per orang.

Mau berkemah (camping) biasa juga ada. Satu tenda bisa menampung 4 orang, tarifnya Rp 175 ribu per orang. Ingin coba Glamour Camping (glamping) yang belakangan ini lagi nge-hits juga ada. Satu glamping memuat 3 orang, biayanya Rp 245 ribu per orang.

Pengunjung juga bisa berkemah di tepian Sungai Citarik di Citarik River Camp. Ada dua jenis pilihan, pertama Rinjani Tent (lodge) 4 orang dengan biaya Rp 245 ribu per orang. Satu lagi Citarik Tent 4 orang 175 ribu per orang.

Semua biaya penginapan dihitung per orang, sudah termasuk 1x makan pagi, 1x makan malam, dan 1x snack malam.

Pemesanan individu akan digabungkan dengan peserta lainnya dan disesuaikan dengan jenis kelamin. Semua peserta wajib membawa peralatan mandi masing-masing.

Pembayaran pemesanan penginapan dilakukan selambat-lambatnya 3 hari setelah melakukan pemesanan.

Setiap pemesanan yang sudah melakukan pembayaran dan menyatakan batal, maka dikenakan biaya pembatalan 100%.

Soal transportasi, tak usang bingung. Kalau pengunjung menggunakan kendaraan pribadi, silahkan mengarah ke tol Jagorawi – jika dari Jakarta, kemudian keluar di gerbang tol Ciawi dan lurus ke arah Sukabumi.

Setelah pasar Parung Kuda (sebelum pasar Cibadak), belok kanan ke arah Cikidang – ikuti jalan hingga 26 km sampai ketemu Arus Liar atau Bravo.

Panitia juga menyediakan transportasi dari Jakarta ke lokasi kegiatan (Sungai Citarik, Sukabumi) pp dengan biaya sebesar Rp 295 ribu per orang.

Biaya tersebut sudah termasuk kendaraan, air mineral dan snack. Tapi jadwal keberangkatan dari Jakarta pada hari Sabtu (12/8) pukul 09.00, dengan lokasi keberangkatan dari  kantor Arus Liar, Jalan Tebet Timur Raya No. 15, Jakarta Selatan.

Jadwal kepulangan dari Citarik, 13 Agustus 2017 pukul 16.00, dengan lokasi drop off juga di kantor Arus Liar.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto:  arusliar.co.id & adji

Captions:
1. Serunya Lari Lumpur di Citarik.
2. Lomba Lari Lumpur bikin wajah Citarik beda. 
3. Rute lomba Lari Lumpur dan Trail Run atau Lari Lintas Alam 2017.
4. Jenis penginapan rottages di Arus Liar, Citarik.
5. Pilihan lain glamour camping (glamping) di Bravo Adventure, Citarik.
6. Mengarungi jeram-jeram Sungai Citarik.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP