. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 20 Juli 2017

Jember Ditetapkan Sebagai Kota Karnaval, Supaya JFC Jaring Wisman

Ada yang menarik dari perhelatan Jember Fashion Carnival (JFC) 2017 yang akan digelar di Kota Jember tanggal 9-13 Agustus mendatang. Salah satu mata acaranya, Jember akan ditetapkan sebagai Kota Karnaval.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjelaskan penetapan Jember sebagai Kota Karnaval berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menpar.

Penetapan itu dalam rangka mengangkat Jember go International.

“Jika JFC ingin bersiang di level global, Kota Jember harus diset menjadi kota karnaval berkelas dunia,” terang Arief Yahya di acara  jumpa pers JFC 2017 yang dihadiri Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti, Bupati Jember Hj. Faida, Presiden JFC Dynand Fariz, Putri Indonesia 2016 Kezia Warouw, dan Putri Pariwisata Indonesia 2015 Dikna Faradiba serta sejumlah media di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Kamis (20/7) malam.

Alasan lain, dari sisi cultural value, kreativitas JFC yang menyabet berbagai penghargaan tingkat internasional sudah pantas dijadikan magnet untuk mendatangkan wisatawan mancanegera (wisman).

Namun dari commercial value, lanjut Arief Yahya JFC belum bisa dikapitalisasi dengan baik.

“Karena itu dengan dijadikan sebagai Kota Karnaval berkelas dunia, sisi commercial value atau financial value JFC dapat dinaikkan,” jelas Arief Yahya.

Dynan Fariz menambahkan selama 16 tahun JFC berkiprah sudah mengantongi 13 penghargaan internasional, salah satunya dalam ajang International Carnival de Victoria 2016 di Seychelles-Afrika.

“Ketika itu kita kalah dengan Nothing Hill dari AS dan Reunion dari Perancis. Tapi jadi satu-satunya negara di Asia yang berhasil masuk peringkat tiga besar,” ungkap Dynand yang juga sebagai Ketua Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI).

JFC 2017 atau ke-16 yang bertema 'Victory Unity in Diversity’ ini bukan semata peragaan busana unik dan nyentrik yang kental dengan aksen beragam budaya lokal dan penetapan Jember sebagai Kota Karnaval, pun akan dimeriahkan dengan beragam acara seperti pembukaan berupa parade yang menampilkan para penari dan pemain gamelan Sriwijaya yang merupakan dukungan dari Pemprov Sumatera Selatan.

“Selain itu ada international exhibition, international conference, JFC Kids Carnival, JFC Artwear Carnival, Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI), dan ditutup dengan JFC Grand Carnival,” pungkas Dynand.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Menpar Arief Yahya memukul gong di acara jumpa pers JFC 2017.
2. Slaah satu peraga perempuan JFC 2017.
4. Menpar Arief Yahya foto bersama Bupati Jember Hj. Faida dan lainnya usai junpa pers JFC 2017

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP