. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 29 Juli 2017

Enam Acara Utama dan Tiga Pendukung Ini Ramaikan Festival Sekala Brak IV Lampung Barat

Pemkab Lampung Barat kembali menggelar Festival Sekala Brak. Festival ke IV tahun ini berlangsung selama sepekan mulai 31 Juli-6 Agustus 2017 yang dipusatkan di Kawasan Sekuting Terpadu dan Tugu Ara Liwa, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) serta Kecamatan Lumbok Seminung.

Festival Sekala Brak (FSB) merupakan perhelatan tahunan yang lebih menitikberatkan kepada kebudayaan asli masyarakat Lampung Barat.

Festival yang mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) lewat Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara tahun ini, diramaikan dengan enam acara utama dan tiga acara pendukung (supporting events).

Enam acara utama FSB 2017 adalah Pembukaan FSB IV, Lomba Tari Kreasi (Kawasan Sekuting Terpadu), Lomba Lagu Lampung (Kawasan Sekuting Terpadu), Pameran Foto “Eksotisme Sepotong Surga (Kawasan Sekuting Terpadu), Pawai Budaya dan Karnaval Budaya (Tugu Ara Liwa), dan Hippun Adat (Gedung Dalom Paksi Jalan Diway).

Tiga supporting events-nya ada Lomba Jelajah Alam TNBBS, Lomba Renang Marathon Lumbok Seminung, dan Lomba Foto Selfie/Wefie pada Pawai Budaya dan Karnaval.

Acara utama Pembukaan FSB IV Tahun 2017 akan diadakan berbarengan dengan Pembukaan Perhelatan Liwa Fair pada Senin (31/7) pukul 19.00, di Kawasan Sekuting Terpadu.

Lomba Lagu Lampung digelar Selasa (1/8), pukul 14.00 s/d selesai di Panggung Utama FSB & Liwa Fair di Kawasan Sekuting Terpadu. Pesertanya utusan dari sekolah se-Lampung Barat, sanggar seni, OPD/BUMN/BUMD, dan utusan kecamatan serta perorangan. Hadiahnya berupa tropi, piagam, dan uang tunai sebesar Rp 20 juta.

Lomba Tari Kreasi Lampung pada Rabu (2/8) pukul 19.30 s/d selesai di tempat yang sama. Pesertanya idem. Hadiahnya berupa tropi, piagam, dan uang tunai sebesar Rp 5 juta.

Acara Hippun Adat atau musyawarah agung para Sultan Paksi Pak Sekala Brak dilaksanakan pada Rabu (2/8), pukul 08.00 s/d selesai. Lokasinya di Gedung Dalom Paksi Bejalan Di Way.

Pesertanya antara lain Saibatin Paksi Pak Sekala Brak, pejabat Pemkab Lampung Barat, Forkompimda Lampung Barat, Saibatin Marga, budayawan, dan undangan lainnya.

Sementara Pameran Foto “Eksotisme Sepotong Surga” dari tanggal 31 Juli-6 Agustus, mulai pukul 09.00-21.30 setiap hari di Area Liwa Fair, Kawasan Sekuting Terpadu. Pesertanya fotografer Lampung Barat, Lampung, dan fotografer Nasional.

Karnaval “Kemilau Budaya Bumi Sekala Brak” pada Kamis (3/8) mulai pukul 13.00 s/d selesai.

Lokasi start-nya dari POM Bensin menyusuri jalan menuju Tugu Ara – Kota Liwa yang menjadi lokasi panggung kehormatan, dan finish-nya di Lapangan Merdeka.

Pesertanya utusan dari kecamatan, Paksi Pak dan Marga, Sekolah, dan utusan Sanggar Seni serta peserta lainnya. Hadiahnya berupa tropi, piagam, dan uang tunai sebesar Rp 10 juta untuk 2 kategori yakni kecamatan/umum dan utusan sekolah.

Untuk supporting event Lomba Renang Marathon digelar pada Selasa (1/8) pukul 09.00 s/d selesai di Danau Ranau, Kecamatan Lumbok Seminung. Pesertanya utusan dari kecamatan, sekolah, perorangan dan peserta lainnya.

Hadiahnya berupa tropi, piagam, dan uang tunai sebesar Rp 15 juta ditambah sepeda motor, sepeda, kulkas, kompor gas, dispenser, dan Magiccom.

Lomba Jelajah Alam TNBBS diadakan pada Minggu (6/8) mulai pukul 08.00 s/d selesai di TNBBS, Kubu Perahu.

Pesertanya utusan Kecamatan, komunitas pecinta alam, perorangan, utusan sekolah, dan peserta lainnya. Hadiahnya berupa tropi piagam, dan uang tunai sebesar Rp 5 juta.

Lomba Selfie/Wefie saat Karnaval pada Kamis (3/8) pukul 13.00 s/d selesai, lokasi di Tugu Ara – Kota Liwa, Lampung Barat. Pesertanya umum dan gratis. Hadiahnya berupa uang tunai untuk 4 pemenang yakni juara 1 Rp 300 ribu, juara 2 Rp 250 ribu, juara tiga Rp 200 ribu, dan juara favorit Rp 100 ribu. 

Aksesibilitas
Sangat mudah menjangkau Liwa dari Jakarta. Lewat jalur darat dari Terminal Kali Deres Tangerang menggunakan Bus Krui Putra dan atau Bus Ranau Indah Jurusan Jakarta-Liwa. Bisa juga naik bis Jakarta ke Terminal Rajabasa, dari Rajabasa naik Bus Jurusan Liwa atau naik Travel bisa menghubungi Nomor Travel Piknik Liwa 082185961010.

Lewat jalur udara dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng menuju Bandara Radin Inten II.Dari Bandara Radin Inten II bisa menghubungi Travel Piknik Liwa 082185961010.

Kalau mau membeli paket wisata dan butuh pemandu wisata, bisa menghubungi Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Cp. 081369645419 (Riady), 081272320011 (EGC), 082169021355 (Opan) dan atau bisa menghubungi Ojek Piknik Liwa 082186409723 (Eka Fendi).

Liwa merupakan Ibukota Kabupaten Lampung Barat yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 Meter di atas permukaan laut (Mdpl) sehingga bersuhu udara dingin, karena itu dianjurkan membawa dan mengenakan sweater ataupun jaket saat berkunjung di Liwa. Jarak Bandara Radin Inten II ke Liwa lebih kurang 5-6 jam overland atau perjalanan darat. 

Akomodasi yang bisa dipilih selama berada di Lampung barat antara lain Homestay Piknik Liwa 082186409723, Hotel Seminung Lumbok Resort 0811794668, Pondok Wisata 085279739560, Wisma Sindalapai 0811794668, Hotel Sahabat Utama 0728 5240066, dan Hotel Permata 0728 21022.

FSB IV merupakan calender of event (CoE) kepariwisataan Lampung Barat yang tahun ini mengusung tema "Skala Brak The Origin of Lampung".

Pemkab Lampung Barat berharap lewat festival ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Lampung Barat dan menarik minat investor dalam menanamkan modal di bidang kepariwisataan serta bidang lain yang berdampak pada kemajuan Lampung Barat.

Adapun dukungan promosi dan publikasi daru Kemenpar untuk FSB tahun ini berupa bahan promosi cetak, kaos, topi, panggung, dan liputan media dari pusat.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. MPS Skala Brak 2017

Captions:
1. Promo event Festival Sekala Brak (FSB) IV tahun 2017 ala Lampung Barat.
2. Anak sekolah ikut parade budaya atau karnaval FSB.
3. Penari perempuan Lampung Barat saat beraksi di FSB.
4. Lomba renang marathon di Danau Ranau, salah satu acara pendukung FSB.
5. Lomba Jelajah Alam TNBBS juga supporting event FSB,
6. Peta Provinsi Lampung dan aksesibilitas ke Lampung Barat.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP