. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 03 Juni 2017

Mengantisipasi 9 Titik Kemacetan Jalur Mudik di Pulau Jawa Tahun Ini

Sekurangnya ada sembilan (9) titik kemacetan yang akan terjadi di jalur mudik Lebaran tahun ini berdasarkan prediksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri.

Ke-9 titik itu adalah Pelabuhan Merak, Cikampek dan sekitarnya, Cirebon-Pejagan-Brebes (Pasar Pejagan, Akses Tol Pejagan, dan Pejagan)- Ketanggungan-Prupuk, Nagrek dan sekitarnya, Ciregol, akses Tol Semarang, Ambarawa, Porong-Sidoarjo, dan Babat Lamongan (Daerah rawan banjir).

Informasi ini disebarluaskan Kementerian PUPR lewat akun Instagram-nya @kemenpupr yang di-upload di Jakarta, Sabtu (3/6/2017).

Predisksi 9 titik kemacetan tersebut berdasarkan hasil pantauan dan pengalaman saat mudik Lebaran setiap tahunnya.

Daerah-daerah yang terdapat pasar tumpah masih menjadi ruas yang diprediksi akan mengalami kemacetan. Selain itu, dikarenakan cuaca sulit diprediksi, daerah-daerah yang rawan banjir seperti Babat-Lamongan, juga akan sangat berpotensi menimbulkan kemacetan.

Postingan prediksi titik kemacetan jalur mudik Pulau Jawa tahun 2017 versi Kemenerian PUPR itu mendapat komentar warganet.

Pemilik akun @shakib.zk berkomentar begini: "Kenapa tol Brebes gak disambungkan aja ke Semarang biar gak macet di Brebes. Kasian yang mudik ke Tegal dan sekitarnya,".

Sementara pemilik akun cilluba_azs berharap sejumlah ruas yang diungsikan tidak ada kemacetan. Begini komentarnya: "Semoga lancar tiada hambatan ketika difungsikan,".

Menanggapi hal ini, Kementerian PUPR bersama Kementerian Perhubungan RI dan Korlantas Polri lakukan serangkaian antisipasi kemacetan, di antaranya melakukan pengamanan badan jalan, terutama di titik-titik di mana terdapat pasar tumpah.

Kemudian mensterilkan jalur-jalur dari berbagai kegiatan yang dapat mengganggu kelancaran arus mudik. Tak ketinggalan melakukan penanganan langsung oleh petugas di titik rawan kemacetan terutama di gerbang keluar tol.

Keberadaan Trans Jawa juga diharapkan dapat menjadi solusi tepat dalam mengurai kemacetan yang diakibatkan oleh tingginya lalu lintas kendaraan ketika momen mudik lebaran.

Berdasarkan data laporan terakhir di awal bulan Mei, diketahui bahwa 397 Km ruas jalan Trans Jawa tercatat sebagai jalur fungsional pada Lebaran 2017 mendatang, terdiri atas ruas Brebes Timur sampai dengan Ngaliyan sepanjang lebih dari 145 Km dan ruas Semarang sampai dengan Surabaya sepanjang 252 Km yang merupakan kombinasi antara jalan nasional dengan tol.

Selain itu menggenjot percepatan ruas tol Trans Jawa agar fungsional pada arus mudik lebaran Juni 2017, diantaranya di ruas tol seksi 3 dan 4 Pejagan – Pemalang sepanjang sepanjang 36 Km.

Lalu di ruas tol seksi 1 dan 2 Pemalang-Batang sepanjang 39,20 Km yang terdiri atas ruas tol seksi 1 untuk Pemalang-Pekalongan sepanjang 23.30 Km dan seksi 2 untuk Pekalongan-Batang sepanjang 15.90 Km. Serta di ruas tol seksi 3 Bawen-Salatiga sepanjang 17 Km.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: @kemenpupr

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP