. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 17 Juni 2017

Ada Tadarus Puisi dan Silaturahmi Sastra Malam Ini di Banjarbaru, Ini Rangkaian Acaranya

Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru kembali menggelar kegiatan Tadarus Puisi dan Silaturahmi Sastra (TPSS). Tahun ini, TPSS ke-14 yang bertema "Puisi Menembus Kegelapan Menggapai Kerinduan" berlangsung di Kawasan Wisata Minggu Raya, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Sabtu (17/6) malam.

Serangkaian acara bakal meramaikan TPSS 2017, antara lain pembacaan puisi dari sejumlah sanggar seni mulai pukul 9 malam waktu setempat atau selepas Shalat Tarawih.

Selanjutnya pembacaan puisi Dzikir Sufi oleh Ridwan Ch. Madris dan Asep Saputra dari Sanggar Teater Menara Madris Jawa Barat, pembacaan puisi dari Yayasan Sanggar Ar-Rumi Hulu Sungai Selatan, sampai peluncuran buku antologi Puisi Kalimantan Selatan oleh Dewan Kesenian Banjarbaru, serta tidak ketinggalan tadarus puisi. Acara TPSS 2017 ditutup dengan sahur Bersama pukul 04 dini hari.

TPSS berlangsung setiap tahun, dan sudah menjadi wahana pertemuan berbahai pihak yang berhubungan dengan sastra dan seni di Kalsel sehingga mampu menjaring peminat baik dari dalam maupun luar Kalsel.

Kegiatan ini dihadiri baik perseorangan maupun sanggar/komunitas seni dari seluruh kabupaten/kota di Kalsel serta dari Kalimantan Tengah (Kalteng). Diperkirakan TPSS tahun ini akan diikuti lebih dari 700 orang partisipan.

Hal itulah yang membuat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tertarik mendukungnya. Adapun dukungan Kemenpar untuk TPSS tahun ini berupa bahan promosi, publikasi baik media terutama media online dan blogger, konsumsi, panggung, sound system, lighting, dan multimedia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kemenpar Esthy Reko Astuti menjelaskan Kemenpar mendukung TPSS 2017 karena kegiatan ini menjadi wahana apresiasi karya sastra, khususnya puisi dengan berbagai bentuk penampilan dan kreativitas performanya.

Menurutnya kegiatan ini juga memberikan penghargaan keteguhan dalam berkarya dan beraktivitas sastra kepada mereka yang terlibat dalam sastra di Banjarbaru maupun di Kalimantan Selatan.

"Terutama menjadi ajang silaturahmi bagi semua pihak," ujar Esthy seraya mentargetkan jumlah pengjung TPSS 2017 ini sebesar 10 ribu orang.

Kemenpar mendukung TPSS 2017 ini, lanjut Esthy karemna dilihat dari rekam jejak kegiatan ini yang sangat positif dan mampu menumbuhkan serta memberdayakan masyarakat sekitar memlui kemasan budaya religi yang menarik untuk pariwisata nusantara.

“Acara ini juga bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah bersama stakeholder yang lain untuk membangun destinasi wisata religi Indonesia yang berdaya saing tinggi," ujar Esthy yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Promosi Wisata Budaya, Kemenpar Wawan Gunawan.

Dukungan kegiatan ini, sambung Esthy juga dalam rangka menemukenali dan memperkenalkan wisata budaya religi unggulan daerah agar dapat menjadi ikon di daerahnya sekaligus memperkenalkan seni budaya tradisional Indonesia sebagai salah satu upaya mempromosikan pariwisata budaya di Kalsel pada umumnya, dan Kota Banjarbaru pada khususnya.

Wawan menambahkan selain memberikan sambutan, Deputi Esthy juga akan membacakan puisi karya Kepala Dinas (Kadis) Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Porabudpar) Kota Banjarbaru Lesa Fahriana. “Judul puisinya Rabb.., Kelana Jiwa ini,” ungkap Wawan.

Sebelum acara dimulai, lanjut Wawan, Deputi Esthy sempat bertemu dengan Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani di kediamannya.

“Sesuai rundown, Ibu Deputi juga akan meluangkan waktu berkunjung ke Butik Fahira Sasiran Bordir, lalu ke sentra batu mulia di Martapura, kemudian buka puasa bersama di Dapur Galuh Resto atau di Waroeng Bambu Resto, baru lokasi acara setelah ishoma,” pungkas Wawan.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: @wawanajen

Captions:
1. Deputi Esthy dan tim dari Kemenpar bertemu Walikota Banjarbaru.
2. Ridwan Ch. Madris dari Jawa Barat akan tampil di TPSS 2017 malam ini.
3. Salah satu bentuk promo TPSS 2017 dari Kemenpar.
4. Deputi Esthy berbincang dengan Walikota Banjarbaru.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP