. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 12 Mei 2017

Zumi Zola Ingin Festival Candi Muaro Jambi Masuk Calendar of Event Nasional

Gubernur Jambi Zumi Zola berharap Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bisa memasukkan peringatan Waisak yang dirangkai dengan Festival Candi Muaro Jambi sebagai Calendar of event Nasional tahun depan.

Hal itu disampaikan Zumi Zola saat memberi kata sambutan dalam pembukaan Festival Candi Muaro Jambi 2017 di kompleks Percandian Muaro Jambi, Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Kamis (11/5).

“Melihat keunikan, keindahan dan keistimewaan Candi Muaro Jambi yang tidak dimiliki daerah lain bahkan di negara lain, kami mohon kepada Kemenpar agar perayaan Waisak dan Festival Candi Muaro Jambi dimasukkan dalam kalender even nasional,” terangnya.

Menurut Zola, Festival ini merupakan upaya pihaknya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dari UKM, sekaligus untuk menarik kunjungan wisatawan baik lokal, nusantara maupun mancanegara.

Peringatan 2561BE/2017 ini, lanjutnya dirangkai dengan Festival Candi Muaro Jambi selama 4 hari.

“Kamis pukul 3 pagi dilakukan pelepasan lampion. Walau diguyur hujan gerimis alhamdulillah masyrakat tetap semangat datang,” terangnya.

Festival Candi Muaro Jambi kali ini juga diramaikan dengan berbagai pertunjukkan kesenian serta bazaar wisata kuliner dan kerajingan tangan khas Jambi.

Zola pun memproyeksikan Perayaan Waisak dan Festival Candi Muaro jambi akan menjadi even berskala internasional.

“Jika ini terwujud akan makin mengkat nama Jambi ke pentas dunia, ditambah jika candi ini berhasil ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh Unesco,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Zola tak lupa berterima kasih kepada Kemenpar karena telah memberikan perhatian sangat besar bagi kemajuan sektor pariwisata Jambi.

“Sebelumnya Menteri Pariwisata Arief Yahya sudah menunjuk Gunung Kerinci sebagai branding parwisata Jambi. Penunjukan itu bukan perkara mudah karena Jambi punya beberapa unggulan lainnya. Tapi penunjukan itu bukan berarti Gunung Kerinci saja yang akan diperhatikan Pemeritntah Pusat dalam hal ini Kemenpar, namun akan berimbas ke objek-objek lain seperti Candi Muaro Jambi, Geopark Merangin, dan lainnya,” ungkap Zola.



Selain Gubernur Zumi Zola dan istri, pembukaan Festival Candi Muaro Jambi ke-14 ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, Plt Bupati Muaro Jambi H Khailani, Bupati terpilih Muaro Jambi Hj Masnah dan para biksu dari Jambi, berbagai penjuru Tanah Air dan mancanegara antara lain Thailand, Malaysia, dan Tiongkok.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitopis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP