. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 26 Mei 2017

Tips Bekerja dan Memilih Wisata Sambil Berpuasa Ramadhan Ala Dude Harlino

Saat menjalankan puasa wajib Ramadhan, sebagian besar orang memilih tetap bekerja seperti biasa. Tapi tak sedikit yang memilih menyetop rutinitasnya, total untuk beribadah. Bagaimana dengan Anda?

Kalau Anda termasuk orang yang memilih berpuasa sambil bekerja, ikuti tips seperti yang dilakukan Dude Harlino.

Pemain sinetron, bintang iklan, dan pembawa acara yang kerap berpenampilan agamis ini memilih tetap bekerja sambil berpuasa wajib di bulan Ramadhan tahun ini, sebagaimana biasa dilakukannya di Ramdhan tahun-tahun sebelumnya.

Ramadhan 1438 H ini, Dude tetap ambil syuting untuk sinetron terbarunya berjudul Tuhan Beri Kami Cinta (TBKC) yang sudah tayang di SCTV sejak jelang Ramadhan 2017.

“Bekerja walaupun berpuasa itu sudah biasa buat saya sejak dulu. Apalagi sekarang saya harus menafkahi istri dan anak, jadi ya harus tetap bekerja,” ujar Dude kepada TravelPlus Indonesia di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Tips pertama berpuasa tetap bekerja sebagimana Dude lakukan adalah dimulai dengan niat yang bulat. “Kalau kita sudah niat berpuasa Ramadhan dengan tetap menjalankan rutinitas, bekerja dan sebagainya, Insya Allah akan kuat dan lancar,” ujar pria berdarah Minang dan Sunda ini.

Sebelum menjalankan ibadah puasa wajib Ramadhan, Dude menyarankan melakukan persiapan fisik dan mental dengan puasa sunah Senin dan Kamis terlebih dahulu agar tidak kaget. “Jangan lupa jaga kesehatan, mengingat cuaca kadang panas, kadang hujan,” imbaunya.

Selanjutnya, mengurangi atau sama sekali tidak melakukan aktivitas yang tidak perlu. “Kalau bisa tahan selama Ramadhan,” imbau host Berita Islami Masa Kini ini.

Meskipun berkerja, lanjut Dude harus pandai-pandai mengatur waktu untuk tetap mengutamakan ibadah. “Memanfaatkan waktu dengan baik, porsi ibadahnya ditambah mengingat pahalanya dua kali lipat,” terangnya.

Tak kalah penting memilih makanan, terutama saat sahur dan berbuka. “Asupan gizi harus dipertimbangkan dan tidak berlebihan,” ujar suami artis Alyssa Soebandono (Icha) ini.

Saat sahur Dude mengaku kerap mengonsumsi buah seperti kurma, juga madu dan tak lupa minum air putih yang cukup.

Buat yang suka berwisata, sambung Dude, masih bisa melakukannya selama Ramadhan, namun dengan merubah objek wisatanya. “Sebaiknya pilih berwisata yang kental nilai ibadahnya seperti berwisata religi ke masjid-masjid untuk menambah ilmu, paling tidak untuk menunaikan shalat tahiyatul masjid, sholat wajib, sholat sunah, dan tadarusan,” terangnya.

Menurut pria kelahiran Jakarta, 2 Desember 1980 yang sudah dianugerahi seorang putra bernama Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino ini, Ramadhan merupakan momen yang pas buat orang tua yang memiliki buah hati yang masih kanak-kanak, untuk mengenalkan nilai-nilai puasa Ramadhan dan ibadah lainnya.

“Sesibuk apapun, saat puasa Ramadhan ini sebaiknya kita kenalkan apa itu buka puasa, sahur, shalat wajib, shaat taraweh, tadarusan Al-Quran, dan lainnya kepada buah hati agar dia paham,” pungkasnya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & @dude2harlino

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP