. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 21 Mei 2017

Ke Lombok Saat Ramadhan, Festival Pesona Khazanah Ini Jangan Dilewatkan

Selama Bulan Suci Ramadhan tahun ini, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tampil beda. Soalnya ada Festival Pesona Khazanah Ramadhan yang digelar sebulan penuh, 25 Mei-26 Juni 2017 dengan serangkaian acara menarik di pulau berlabel destinasi halal sejak menyandang penghargaan "World's Best Halal Tourism" belum lama ini.

Festival Pesona Khazanah Ramadhan (FPKR) yang digelar Pemprov NTB dan mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini berpusat di Masjid Islamic Center NTB atau Masjid Hubbul Wathan di Kota Mataram, Lombok.

Kabar gembira itu disinggung Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Lalu Moh. Faozal disela-sela kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Target Pasar Wisata Bahari Mandalika yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui Asisten Deputi (Asdep) Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Lombok, di Hotel Golden Tulip, Kota Mataram, Lombok, NTB, Sabtu (20/5).

Menurutnya beragam acara menarik akan menyemarakkan festival tersebut selama Ramadhan antara lain bazaar UKM, kuliner halal, pameran buku, lomba fotografi, bedah buku Islam, kerajinan tangan, table top Islami, pameran seni budaya Islam, dan Tarusan selama tiga minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri 1438 H serta reuni qari dan qariah terbaik saat ajang Musabaqah Tilawatil Quran 2016.

“Festival ini akan diawali dengan kegiatan jalan sehat sejauh 5 kilometer, dari kantor Gubernur NTB hingga Islamic Center, Mataram, pada hari Minggu tanggal 21 Mei. Kami juga berencana menghadirkan empat imam besar dari Arab Saudi, Maroko, Yordania, dan Mesir. Masing-masing akan menjadi imam Shalat Isya dan Tarawih selama satu minggu sekaligus tausiyah,” tambah Faozal.

Pada malam Takbiran, juga ada suguhan pelepasan seribu lampion untuk memperkuat imej Lombok sebagai Pulau Seribu Masjid. Lewat Festival Pesona Khazanah Ramadan yang menelan anggaran Rp 1,2 miliar, Pemprov NTB optimistis bisa menarik 10% target kunjungan muslim traveller.

Kembangkan Penyanggah Mandalika
Terkait FGD Penyusunan Target Pasar Wisata Bahari Mandalika yang diikuti oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat, Dispar Lombok Timur, Angkasa Pura, ITDC, ASITA NTB, Generasi Pesona Indonsia (Genpi) NTB dan pihak kepolisian setempat, Faozal dalam materinya berjudul “Pengembangan Pariwisata Bahari di Mandalika”, mengatakan secara otorita Mandalika dikelola oleh ITDC.

“Jadi kita lihat saja upaya ITDC menjadikan Mandalika sebagai destinasi wisata bahari unggulan,” ujar Faozal.

Sementara pihaknya, lanjut Faozal akan berpikir menyiapkan objek-objek wisata penyanggah Mandalika. “Kita berpikir bagaimana Mawun, Selong Belanak, Are Guling, Semeti, Pantai Awang dan lainnya di Lombok Tengah menjadi destinasi yang bagus dan menarik. Begitupun dengan sejumlah pantai di Lombok Timur seperti Pantai Pink, Surga, Ekas, dan Pantai Kaliantan, dan lainnya yang semuanya bisa dikembangkan menjadi penyanggah Mandalika,” terangnya.

Pengembangan penyanggah Mandalika ini menurutnya untuk memberi alternatif kepada wisman. Kata Faozal belakangan ini traffic wisman asal Malaysia yang repeater atau yang sudah berkali-kali ke Lombok sangat tinggi.

“Saya khawatir kalau kita tidak bisa merawat dan mencari menu-menu baru untuk mereka, repeater-nya tidak akan terjamin panjang. Pada titik tertentu mereka akan merasakan kejenuhan. Dan ini yang harus kita hindari, oleh karena itu destinasi penyangga Mandalika harus dikembangkan dan di-maintenance supaya ada hal-hal baru ketika encik-encik dan puan-puan Malayasia kembali ke Lombok,” terangnya.

Faozal menambahkan Dispar NTB menyiapkan setidaknya Rp 41 miliar pada 2017 untuk pengembangan pariwisata dan membenahi destinasi guna mencapai target 3,5 juta wisatawan hingga akhir tahun ini.

“Jadi kita harus bangun komitmen bersama untuk juga mengembangkan kawasan penyangga Mandalika,” pungkas Faozal.

FGD Penyusunan Target Pasar Wisata Bahari Mandalika yang dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) Lalu Putria, kemudian kata pengantar oleh Kepala Bidang (Kabid) Profile Pasar Asdep Strategi Pemasaran Pariwisata Nusanatra, Kemenpar Ganda Sumantri mewakili Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Esthy Reko Astuti yang berhalangan hadir, juga menghadirkan dua panelis lainnya yakni PIC Tim Percepatan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas untuk Mandalika Taufan Rahmadi dan konsultan PT. Ratu Mas Globalindo Rangga Pratama.

Taufan menyampaikan materi diskusi bertema ‘Meneropong Peluang Usaha Pariwisata di sebuah Kawasan Wisata Bahari dalam Meraih Target Pasar Wisatawan (Studi kasus: Destinasi Prioritas Pariwisata Mandalika)’. Sedangkan Rangga menyuguhkan materi berjudul “Penyusunan Target Pasar Wisata Bahari 10 Destinasi Prioritas Kemenpar 2017 di Mandalika”.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Masjid Islamic Center NTB di Kota Mataram yang,menjadi pusat lokasi Festival Pesona Khazanah Ramadhan 2017.
2. Kadispar NTB Faozal di FGD Penyusunan Target Pasar Wisata Bahari Mandalika di Kota Mataram.
3. Suasana FGD Penyusunan target Pasar Wisata Bahari Mandalika yang diikuti semua unsur Pentahelix.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP