. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 26 April 2017

Pesona Jagir Festival 2017, Naikkan Kelas Pariwisata Priangan Timur

Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan tahun ini, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali menggelar festival budaya dalam balutan religi sebagaimana tahun lalu. Namanya Pesona Jagir Festival 2017 yang akan digelar 19-20 Mei mendatang di Lapangan Desa Jayagiri, Kecamatan Panumbangan.

Festival yang diselenggarakan masyarakat Jayagiri dan sekitarnya, didukung penuh Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Dinas Pariwisata (Dispar), dan Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, serta Komunitas Wisata Budaya Tatar Galuh ini akan menyuguhkan beragam atraksi wisata budaya.

Ada Bersih Desa Ngaruat Jagat, Pameran Bebegig Sawah, Rampak Kolecer, Pawai Obor, Pengajian, Wisata Ziarah, Musik dan tari serta Dzikir Akbar dan Manaqib Qubro.

Tak ketinggalan Festival Kuliner Cita Rasa Pasundan, Demo Masak 100 Nasi Liwet, dan Tumpeng yang akan dipandu Mojang Jajaka Ciamis, serta Ngampar Makan Bersama khas.

Sementara Helaran & Karnaval Budaya-nya akan menampilkan Bebegig Baladewa, Wayang Landung, Buta Kararas, Sisingaan, Kuda Bajir, Komunitas Pedagang Ikan, Motor Hias, dan Motor Cross, Pesona Pakaian Adat Nusantara, Angklung Dogdog, dan Buncis.

Siang hari digelar Prosesi Pesona Jagir Festival yang akan menyuguhkan komposisi musik 500 suara terektek bambu. Selain itu Pesta Rakyat Gubyag, Tangkap Ikan, Perang Leutak, dan Pentas Seni Pencak Silat Lumpur Wargi Saluyu.

Malamnya ada menampilkan komposisi tari dan lagu, lanjut menari bersama "Bangbung Hideung" diikuti seluruh pengunjung yang akan dipandu penyanyi Pop Sunda Rita Tila dan Yanti Puja.

Di samping itu ada Semarak Pesta Kembang Api, Musik Tradisi dan Modern, Musikalisasi Puisi oleh penyair Sufi Ridwan Ch. Madris, Tari Tradisi dan Modern, Lawak Aman Amin, dan Bajidoran Balad Pandawa dengan menampilkan parade sinden serta para penari Pesona Mojang Priangan nan geulis-geulis.

Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti mengatakan Pesona Jagir Festival 2017 merupakan atraksi pariwisata berbasis masyarakat yang banyak mengangkat unsur budaya.

“Festival ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Ciamis,” terangnya.

Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya Asdep Personal Kemenpar Wawan Gunawan festival Jagir tahun ini dijamin berbeda dan jaub lebih menarik dibanding tahun lalu yang sempat menjadi trending topic.

“Festival Jagir tahun ini akan jauh lebih berkualitas karena adanya penguatan materi acara yang lebih optimal sehingga semakin tertata dan lebih meriah serta lebih bernilai jual,” tambahnya.

Pesona Jagir Festival 2017, lanjut Wawan bertema "Merawat Pesona Tatar Galuh" dengan maksud untuk memunculkan dan mengakat kelas potensi pariwisata Ciamis.

"Dengan kemasan acara yang lebih baik ditambah promosi jauh-jauh hari, sajian seni budaya masyarakat dan pesantren dalam festival ini ditargetkan akan didatangi puluhan ribu orang, melebihi tahun lalu,” pungkas Wawan.

Berikut jadual acara Pesona Jagir Festival 2017 selama 2 hari. Pada hari pertama, Jum'at (19/5), ba'da  Shalat Jum'at tepatnya pukul 2 siang s/d 5 sore ada Festival Meuleum Lauk dan Pesta Rakyat. Lalu dilanjutkan dengan Pawai Obor, Dzikir Akbar & Manaqib Qubro sampai 10 malam.

Hari kedua, Sabtu (20/5) mulai pukul 8 pagi ada Karnaval Budaya, diteruskan dengan Festival Kuliner sampai pukul 12 siang. Ba'da Shalat Zuhur  dilanjutkan dengan Festival Rakyat hingga pukul 5 sore. Malamnya selepas Isya tepatnya pukul 8 malam ada Pertunjukan Seni.

Potensi Jagir
Desa Jayagiri yang berhawa sejuk ini pun memiliki sejumlah potensi wisata baik itu wisata alam, budaya, dan petualangan.

Poteni wisata alam di desa seluas 348,07 hektar ini ada Gunung Sawal yang berstatus Suaka Margasatwa berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor:420/kpts/UM/1979 tanggal 4 Juli 1979.

Suaka margasatwa ini berluas 5.400 hektar, mencakup wilayah Kecamatan Panumbangan, Panjalu, Cipaku, Kawali, Sadananya, Sindangkasih, dan Kecamatan Cihaurbeuti. Aktivitas wisata yang dapat dilakukan pengunjung di gunung berbentuk pegunungan ini antara lain berkemah (camping).

Ada beberapa camping spot yang biasa digunakan para penggiat alam dari sekitar Ciamis dan Tasikmalaya, di antaranya spot Tugu di Sadananya, Gunung Golkar di Sindangkasih, Batu Datar di Cipaku, dan Curug Tujuh di Panjalu.

Atap tertinggi Gunung Sawal berada di daerah Panjalu dengan ketinggian 1.764 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Gunung Sawal yang bermakna sumbernya tak terbatas ini menjadi rumah bagi ratusan monyet. Selain itu ada lutung, kijang, babi, ular bahkan macan tutul.

Potensi wisata budayanya ada wisata religi, wisata ziarah, kesenian tradisional, kuliner khas, dan tradisi masyarakat setempat antara lain pencak silat, reog buncis, qasidahan, ritus damar sewu, dan seni gembyung.

Tak sulit menjangkau Desa Jayagiri. Anda yang datang dari Kota Bandung bisa naik bis BP ke Panjalu atau mobil travel selama kurang lebih jam. Dari Panjalu ke Desa Jayagiri dengan angkutan desa yang jumlahnya masih terbatas, turun di Desa Sindangmukti. Dari Sindakmuti naik ojek Rp 15 ribu selama 10 menit atau kalau dari Terminal bis Panumbangan, Ibukota Kecamatan Panumbangan naik ojek motor sekitar Rp 25 ribu.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & wawan ajen

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP