. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 04 Februari 2017

Tarian Kolosal Bakal Menghibur Presiden Jokowi di Acara Puncak HPN 2017

Di Lapangan Tantui Kota Ambon, Provinsi Maluku puluhan muda-mudi tengah melakukan gladi resik tarian kolosal. Mereka terlihat bersemangat latihan untuk memberi penampilan terbaik dalam menyambut dan menghibur orang nomor satu di Indonesia Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah tamu VVIP lainnya pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN), 9 Februari 2017.

Tarian kolosal yang akan ditampilkan para pengisi acara puncak HPN 2017 tersebut kabarnya menggambarkan persatuan dan kesatuan Indonesia dari para putra-putri Ambon.

Suguhan lainnya berbentuk hiburan musik dan lagu-lagu populer masyarakat Ambon yang menjadi ciri khas Kota Ambon.

Di Lapangan Tantui yang merupkan milik Brimob Polda Maluku, sudah berdiri dua panggung besar yang terdiri atas panggung hiburan dan panggung khusus tamu very-very important person (VVIP).

Panggung VVIP berdiri langsung menghadap ke laut Teluk Ambon, sedangkan panggung hiburan berhadapan dengan panggung VVIP.

Di sayap kanan dan kiri lapangan didirikan tenda-tenda tempat tamu undangan acara puncak HPN. Sedangkan di pintu masuk lapangan Tantui, ada ruangan holding VVIP, yang dipergunakan tamu untuk transit sebelum menuju panggung utama.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Provinsi Maluku Ismail Usemahu sebagaimana dilansir krjogja.com, Sabtu, (4/2), Provinsi Maluku sudah sangat siap untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

“Untuk acara puncak, persiapan sudah 95 persen. Lighting, sounds sudah siap, tinggal kita dekorasi saja panggungnya,” ungkap Ismail di Lapangan Tantui.

Menurutnya H-1 acara puncak HPN 2017 akan dilakukan gladi bersih seluruh rangkaian kegiatan acara puncak HPN 2017 di lapangan tersebut.

Sebelumnya Ketua Seksi Acara, Hadi Sulaiman mengatakan ada berbagai acara jelang acara puncak HPN 2017 yang bertema “Pers dan Masyarakat Maluku Bangkit dari Laut” ini.

Acara pertama aksi donor darah di Lantai VI Kantor Gubernur Maluku tangal 1 Februari. Acara ini hasil kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Palang Merah Indonesia (PMI) Maluku. Aksi donor darah ini dikuti sebanyak 300 orang pendonor, yang terdiri dari sejumlah jurnalis, PNS, TNI/POLRI, dan masyarakat.

Selanjutnya, Sabtu (4/2) ada Jalan santai yang dipusatkan di Pattimura Park, dan bersih teluk Ambon di pesisir Nusaniwe sampai di Tanjung Martafons. Kemudian Minggu (5/2), ada pameran Maluku Ekspo tahun 2017 di Lapangan Merdeka Ambon.

Dilanjutkan Senin (6/2), peserta HPN tiba di Ambon, pembukaan Pameran, bakti sosial, dan jamuan makan malam oleh Walikota Ambon.

Pada Selasa (7/2) ada seminar IKWI lantai VII kantor Gubernur Maluku, membranding Maluku DI Islamic Center, Konferensi Kerja Nasional Pengurus PWI di Baileo Siwalima, Diskusi Terbatas bertema “Maluku Menggapai Harapan” di Gedung BI, Konsolidasi Organisasi IKWI di Lantai VII, Seminar World Press Freedom Day oleh Menteri Kominfo dan Menkumhum di Baileo Siwalima, dan Diskusi Publik KPI di Swiss-Bell Hotel.

Malamnya, ada jamuan makan malam sekaligus penyematan kartu sejahtera dari PWI di kediaman Gubernur Maluku, dan Hiburan Rakyat di Lapangan Merdeka Ambon berupa Dongeng Siswa SD.

Sehari sebelum acara puncak, Selasa (8/2) ada Konvensi Nasional Media di Baileo Siwalima, Baksos Penyerahan Buku di SMP Halong Atas, Pengobatan Gratis dan Penyerahan Sembako di Negeri Hukurila, Kecamatan Letisel, kemudian Seminar Inovasi Pelayanan Publik di Islamic Center, FGD ”Pendirian dan Keberadaan Wartawan Asing“, Sosialisasi Program OJK, dan Bakti Sosial Penyerahan Bibit Mangrove oleh IKWI di Lateri.

Di samping itu ada Diskusi Anugerah Jurnalis Adinegoro dan Penghargaan Bagi Insan Pers Sekolah Jurnalis Indonesia (SJI) di Mini Stage Pameran, Gala Dinner di Natsepa Hotel, Diskusi SJI di Hotel Ambon, dan Hiburan Rakyat di Lapangan Merdeka.

Rabu (9/2) acara puncak HPN di Lapangan Polda Tantui dan penutupan pameran. Sehari kemudian, Kamis (10/2) seluruh peserta kembali ke daerah masing-masing.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) lewat Asisiten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara (Asdep SP2N) dan Asdep Seqmen Bisnis Pemerintah pun tak mau ketinggalan turut berpartisipasi meramaikan dan mensukseskan HPN 2017 dengan menggelar 7 acara.

Ketujuh acara itu adalah Pameran dengan dua tema yang berbeda yakni Promosi 10 Destinasi Prioritas dan Pelayaran Jalur Rempah & Tradisi Bahari Timur di Lapangan Merdeka, Kota Ambon selama HPN 2017 berlangsung (5-9/2).

Lalu Focus Group Discussion (FGD) GenPI Wilayah Maluku di Hotel Amaris Ambon, (6/2). Kketiga, Sosialisasi Kalender Even Pariwisata Indonesia di Lapangan Merdeka, (6/2).

Keempat, Seminar Bertema “The Power of Branding” di Islamic Center, (7/2). Dalam kesempatan ini juga ada juga akan ada Deklarasi Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Wilayah Maluku, Launching Wisata Tematik Jalur Rempah, dan Soft Launching Tour de Mollucas.

Kelima Talkshow Bertajuk “Target Pasar Wisata Tematik Jalur Rempah” di Lapangan Merdeka, (8/2).

Dan keenam, Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Pantai Halang (8/2). Dan terakhir ketujuh, Kamis (9/2) Pendampingan Pertunjukan Acara Puncak HPN 2017 di Lapangan Tantui.

"Semua acara dari Kemenpar itu juga bertujuan mempromosikan branding Pariwisata Nusantara, Pesona Indonesia," ujar Asdep SP2N Kemenpar Haryanto.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: WAG Tim HPN Kemenpar & adji

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP