. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 02 Februari 2017

Kemenpar Bakal Deklarasikan GenPI Maluku di HPN 2017

Bertepatan dengan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 tanggal 5 hingga 9 Februari mendatang, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan mendeklarasikan Generasi Pesona Indonesia atau biasa disingkat GenPI yang kelima yakni GenPI Maluku di Kota Ambon.


Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sebagaimana dilansir JPNN.com (23/1), menjelaskan pembentukan GenPi Maluku merupakan salah satu bentuk komitmen Kemenpar untuk menghidupkan media sosial (medsos) di kalangan anak muda Maluku, khususnya di Ambon.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuti menjelaskan GenPI merupakan generasi millennial yang mempunyai kemampuan lebih dalam dunia internet.

“Ini generasi berbasis komunitas yang memililiki aktivitas rutin dan aktif dalam mempromosikan Pariwisata Indonesia baik melalui blog, media sosial (medsos), dan lainnya kepada masyarakat luas,” ujar Esthy.

Tahun ini Kemenpar melalui Asisten Deputi Startegi Pemasaran Pariwisata Nusantara (Asdep SP2N) Kemenpar akan terus mengembangkan virus GenPI dengan pembentukannya di beberapa provinsi lain secara bertahap. “GenPI ini merupakan salah satu strategi untuk mensukseskan kebijakan strategi pemasaran Pariwisata Nusantara,” kata Esthy.

Esthy berharap GenPI Maluku yang akan terbentuk dalam waktu dekat, dapat ikut mempromosikan wisata jalur rempah dengan segala potensinya, mengingat dalam perhelatan HPN 2017, Kemenpar juga melaksanakan kegiatan talkshow bertema “Optimalisasi Target Pasar Wisata Tematik Jalur Rempah” yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang wisata tematik jalur rempah.

Plt. Asdep SP2N, Kemenpar Haryanto menambahkan GenPI dibentuk sejak Agustus 2016 atas inisiatif Taufan Rahmadi yang kemudian direalisasikan bersama Asdep S2PN.

“Semula GenPI dibentuk sebagai bagian tim pemenangan kompetisi World Halal Tourism Award (WHTA) tahun 2016 dan hasilnya luar biasa, Indonesia berhasil memenangkan 12 penghargaan bergengsi tersebut dari 16 kategori yang dikompetisikan,” akunya kepada Travelplus Indonesia lewat pesan WA, di Jakarta, Kamis (2/2).

Seiring berjalannya waktu, akhirnya GenPI dijadikan komunitas resmi Kemenpar yang mempunyai peran untuk membantu Kemenpar dalam mempromosikan Pariwisata Indonesia. “Tujuan pembentukan GenPI untuk mendukung program pemasaran pariwisata Indonesia sehingga terjadi percepatan, peningkatan, dan perluasan capaian promosi pariwisata Indonesia,” detilnya.

Menurut Haryanto sampai saat ini sudah ada 193 orang terdaftar menjadi anggota GenPI dari 4 provinsi yakni Jawa Barat, Aceh, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Barat.

Syarat menjadi GenPI, sambung Haryanto orangnya kreatif, inovatif, dan aktif bermedsos terkait parwisata. Selain itu mempunyai komunitas dan tentunya tertarik untuk mempromosikan dan mengembangkan Pariwisata Indonesia.

Adapun tugas GenPI, bersama Kemenpar ikut mempromosikan pariwisata Indonesia secara kreatif, inovatif, dan inspiratif lewat beragam medsos kepada masyarakat luas.

Kata Hariyanto, GenPI di sebuah provinsi dibentuk dan dikukuhkan oleh Kemenpar bersama dengan Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) setempat. “Tahun ini bertambah lagi jumlah GenPI menjadi lima provinsi dengan terbentuknya GenPI Maluku yang akan dideklarasikan bersamaan dengan momentum HPN 2017,” terangnya.


Pada tanggal 5 Februari nanti akan dimulai pemilihan koordinator sekaligus pembentukan GenPI Maluku di Hotel Amaris Ambon.

Kemudian diteruskan dengan pendeklarasian GenPI Maluku tanggal 7 Februari mendatang di Islamic Center Ambon bersamaan dengan kegiatan seminar “The Power of Branding” yang dihelat Kemenpar dalam rangka menyemarakkan HPN 2017.

Glenn Huib Wattimury, salah seorang perwakilan dari komunitas traveler dan backpacker yang bertugas sebagai penghubung komunitas-komunitas yang ada di Ambon dalam pembentukan GenPI Maluku, mengatakan anak muda Maluku, khususnya di Ambon sangat antusias untuk bisa ikut GenPI Maluku.

“Sampai hari ini masih saja ada yang mengharapkan bisa bergabung. Tercatat sudah ada 60 orang yang mendaftarkan diri. Tapi yang masuk dan diundang hanya 40 orang. Pendaftarannya tidak dipungut biaya,” beber Glenn.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: semarak.news dan glenn hw.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP