. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 06 Februari 2017

Ambon Raih Mimpi-Mimpi Lewat Jembatan Merah Putih

Jembatan Merah Putih sudah berdiri dengan gagahnya dan melintang dengan megahnya di atas perairan Teluk Dalam Ambon selama hampir 4 tahun, usai diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin, 4 April 2013 lalu. Berkat jembatan sepanjang 1.140 meter dan lebar 22 meter itu, satu per satu mimpi Ambon Manise tergapai.

Tak bisa dipungkiri, sebenarnya mungkin masih banyak mimpi yang belum direngkuh.

Mimpi-mimpi yang sudah terwujud itu tentu saja akses mobilitas yang semakin singkat, percepatan perputaran perekonomian, dan lainnya.

Buktinya, jembatan yang menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka), Kecamatan Sirimau di sisi Utara dengan Desa Hative Kecil/Galala, Kecamatan Teluk Ambon di bagian Selatan berhasil mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari Kota Ambon menuju Bandara Internasional Pattimura dan sebaliknya.

Alhasil biaya operasional kendaraan dapat berkurang. Sebagai informasi, dulu sebelum ada Jembatan Merah Putih, waktu tempuh dari Kota Ambon ke Bandara Internasional Pattimura yang berkisar 35 kilometer harus ditempuh selama 60 menit dengan memutari Teluk Ambon.

Pilihan lainnya naik ferry atau kapal penyeberangan antara Desa Rumah Tiga (Poka) dan Galala sekitar 20 menit, belum termasuk waktu antri.

Kehadiran jembatan yang dibangun dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 779,2 miliar ini pun turut menunjang pengembangan fungsi kawasan Teluk Ambon sesuai dengan Tata Ruang Kota Ambon.

Tata Ruang Kota Ambon yang dimaksud, menempatkan Durian Patah-Telaga Kodok sebagai kawasan Permukiman dan Desa Rumah Tiga (Poka) sebagai kawasan pendidikan, serta menunjang sistem jaringan jalan yang sudah ada khususnya pada Jazirah Leihitu.

Jembatan yang didominasi warna putih dan beberapa bagian berwarna merah namun warnanya kini sudah mulai memudar itu, tak diduga-duga menjadi landmark icon Kota Ambon sekaligus sebagai daya tarik wisata buatan yang berhasil memikat wisatawan.

Pantauan Travelplus Indonesia di lapangan sampai saat ini, masih banyak wisatawan tersebut, terutama dari berbagai nusantara yang mendatangi jembatan

Buktinya saat pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di Ambon, jembatan dengan sistem beruji kabel atau cable stayed ini didatangi sejumlah tamu HPN terutama dari Jakarta dan sejumlah daerah lainnya untuk sekadar mengabadikannya maupun berfoto naris.

Tak ketinggalan beberapa orang dari Tim HPN Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara (Asdep SP2N), Kemenpar yang tengah meramaikan dan mensukseskan HPN 2017 lewat 7 kegiatan sampai pendampingan acara puncak HPN 2017 yang berlangsung, Kamis (9/2).

Bagaimana dengan mimpi-mimpi lain? Jelas masih ada dan pastinya bisa direngkuh bila ada kreativitas dan kerja keras. Salah satu caranya dengan membuat Festival Jembatan Merah Putih yang erat hubungannya dengan sektor pariwisata.

Festival tersebut berteman culture, maritime, dan sport tourism yang menyuguhkan berbagai acara dan lomba sesuai masing-masing tema.

Tema budaya misalnya diwakili antara lain dengan parade budaya yang melintasi jembatan tersebut, lomba nyanyi, dan lainnya.

Tema bahari misalnya dengan lomba berenang, dayung, dan lainnya. Sedangkan tema sport tourism contohnya diwakili dengan lomba lari marathon dan balap sepeda yang juga melintasi Jembatan Merah Putih.

Bila mimpi-mimpi itu terwujud, dipastikan Jembatan Merah Putih akan semakin me-Nasional bahkan mendunia bila pesertanya datang dari berbagai negara baik itu ASEAN, Asia, Afrika, Eropa, Amerika, Australia dan lainnya.

Sebagai tambahan, Jembatan Merah Putih termasuk satu dari 7 jembatan terpanjang di Indonesia.

Naskah & foto: adji kurniawan
Foto: adji & setiady-Asdep SP2N, Kemenpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP