. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 01 Desember 2016

Wayang Ajen Gelar Wisata Edukasi Budaya di Hari Jadi Kabupaten Lebak ke-188

Kelompok Wayang Golek Sunda, Wayang Ajen bakal menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Lebak ke-188. Selain akan tampil membawakan lakon berjudul "Dewi Kekembang Arum", Wayang Ajen yang dipimpin Wawan Gunawan selaku Ki Dalang Wawan Ajen juga akan menggelar Wisata Edukasi Budaya berupa pameran intalasi wayang dan workshop tentang Wayang Golek Sunda di tempat yang sama di Alun-Alun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu (3/12).


“Lakon Dewi Kekembang Arum itu menceritakan tentang kondisi negara sekarang untuk kejayaaan agama, negara, ketahanan NKRI, dan menuju peradabab dunia.” terang Wawan kepada Travelplus Indonesia, Kamis (1/12).

Menurut Wawan yang baru saja dilantik menjadi Kepala Bidang (Kabid) Wisata Budaya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) selain pegelaran Wayang Ajen, kelompoknya juga akan menggelar pameran seni intalasi dan workshop tentang wayang, terutama Wayang Golek Sunda khas Wayang Ajen.

“Ada sekitar 1000 Wayang Golek Sunda yang akan dipamerkan dengan beragam tokoh pewayangan. Salah satu maskotnya tokoh wayang Semar,” aku Wawan.

Lokasi pameran seni intalasi wayang dan workshop Wayang  Golek Sunda berlokasi di tempat yang sama, hanya waktunya mulai pagi pukul 10.00 s/d 15.00 WIB.

Pameran wayang dengan tagline "Gerakan Anak Indonesia Cinta Budaya Wayang" ini akan menampilkan antara lain Wayang Golek Tradisi, Wayang Golek Gubahan, Wayang Golek Kontemporer, Wayang Golek Religi, Wayang Seleb, Wayang Karikartur, Wayang Tokoh Pemimpin Bangsa, dan Wayang Humor atau Komedi.

“Di samping itu juga ada pameran gamelan. Ketiga kegiatan itu sebagai wisata edukasi budaya yang ditujukan kepada generasi muda terutama para pelajar, yang diadakan sebelum atau pra pertunjukan Wayang Ajen.” tambah Wawan.

Sebelum Wayang Ajen tampil, juga akan ada suguhan Musik Gamelan Tatalu yang dibawakan Tim Wayang Golek Ajen (WGA) dan pertunjukan kesenian khas Baduy yakni Mapag Semah yang dibawakan para tokoh  adat masyarakat Baduy mulai dari Kokolot, Puun, hingga Jaro.

Tak ketinggalan persembahan khusus artis cilik Antika Wandandini yang akrab disapa Neng Antiq dan musik religi oleh artis pop Sunda Yanti Puja serta pesembahan Tari dan Musik Nusantara Berdendang yang dibawakan tim WGA.

Selanjutnya Kidung Ayat Suci dan lagu Pesona Indonesia oleh Tim Kesenian. Baru kemudian Wayang Ajen tampil mulai pukul 21.00 WIB sampai selesai.

Kehadiran Wayang Ajen di perayaan HUT Kabupaten Lebak tahun 2016 ini, lanjut Wawan merupakan dukungan dari Kemenpar.

“Kegiatan wisata budaya ini untuk menggiring kunjungan wisatawan ke Tanjung Lesung sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas atau yang disebut-sebut Bali baru,” ujar Wawan lagi.

Tahun depan, dalam rangka yang sama yakni menggiring kunjungan wisatawan ke Tanjung Lesung, Kemenpar juga akan mengadakan kegiatan bertajuk Festival Pesona Budaya Tanjung Lesung. “Rencananya akan digelar di Tanjung Lesung pada September tahun 2017,” terang Wawan.

Dukungan Kemenpar lainnya terkait Hari Jadi Kabupaten Lebak ke-188 ini, sambung Wawan berupa sajian multimedia Pesona Indonesia, bahan promosi dan publikasi berupa kaos, payung, spanduk, banner, baliho,dan umbul-umbul yang semuanya berlogo Pesona Indonesia serta publikasi di media online dan cetak.

Sebagai catatan, Lebak merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Banten dengan Ibukota Rangkasbitung.

Kabupten yang dipimpin bupati perempuan bernama Iti Octavia Jayabaya ini terdiri atas 28 Kecamatan, 340 desa dan 5 kelurahan.

Secara geografis, bagian Utara kabupaten ini berupa dataran rendah, bagian Selatan merupakan pegunungan dengan puncaknya Gunung Halimun di ujung Tenggara yang berpatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi.

Wilayah Lebak dialiri Sungai Ciujung yang merupakan sungai terpanjang di Banten. Salah satu objek wisata yang kerap dikunjungi wisnus dan wisman di kabupaten ini adalah perkampungan Baduy, karena memiliki keunikan budaya tersendiri.

Lebak yang mempringati Hari jadi Lebak ke-188 dengan tema “Daerah Seribu Madrasah yang Berkarakter” ini mentargetkan kunjungan wisman dan wisnus tahun 2016 ini sebanyak 500.000 orang.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)
Foto: dok.wayang ajen

Captions:
1. Promo event Pertunjukan Wayang Ajen di Rangkasbitung
2. Wisata edukasi budaya, tanamkan cinta budaya wayang kepada generasi muda
2. Wisata kuliner khas banten di Rumah Makan Bu Entin di Jalan Raya Serang-Pandegalang
3. Persiapan panggung untuk acara pagelaran Wayang Ajen pada Hari Jadi Kabupaten Lebak ke-188

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP