. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 02 Desember 2016

Aksi Bela Islam 212 Kian Menduniakan Pesona Monas

Aksi Bela Islam (ABI) yang berlangsung di Jakarta, Jumat, 2 Desember (212) membuat nama dan pesona Monumen Nasional (Monas) makin mengangkasa, kian mendunia.

Wajah tugu setinggi 132 meter (433 kaki) itu seketika tersiar luas di media sosial (medsos) lewat foto maupun video.

Sejumlah pesohor beragam profesi mulai dari ustad, artis, wartawan, dan masyarakat umum pun berlomba memasang foto Monas dengan lautan manusia yang mengelilinginya.

Lihat saja di akun Instagram (Ig) milik Ustad Yusuf Mansur @yusufmansurnew. Terpampang foto Monas dikelilingi jutaan manusia peserta aksi super damai 212 karya Sys Milla yang diupload 10 jam lalu.

“Hanya doa, zikir, tausiah, shalawat… yaaa Allah… wa Anta Khairul Haakim..” begitu tulis ustad asli Betawi ini.

Di akun tersebut, ustad yang biasa disingkat YM itu pun memberi petuah. “Btw, hindari perdebatan di komen. Ikut hanya doa, zikir, tausiah”.

Foto itu pun disukai 85.014 dengan 3.736 komentar. Salah satu komentarnya datang dari artis dan model Dewi Sandra. “Such a beautiful sight… Masya Allah,” komen Dewi Sandra.

Ustad Abdullah Gymnastiar pun memasang foto tersebut di akun ig-nya @aagym.

“Masyaa Alloh… tak ada yg bisa mengumpulkan selain Alloh semata,” kata Aa Gym.

Foto tersebut pun disukai 27.880 dengan 265 komentar.

Begitupun dengan K.H. M. Arifin Ilham. Di akun instagramnya juga terpasang foto monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Belanda itu.

Sejumlah Instagram Islam seperti @mozaik_islam, @manjadda.wajada, @teladan.rasul, @sunnahrasul, @islamkitaindah, @generasi_kaffah, @inspirasialquran, dan lainnya pun ikut memasang foto landmark Ibukota Negara ini yang pembangunannya dimulai pada 17 Agustus 1961 dibawah perintah Presiden Sukarno dan dibuka untuk umujm pada 12 Juli 1975 itu.

Begitupun dengan artis tersohor seperti Ineke Koesherawati, Marini Zumarnis, Oki Setiana Dewi, Teuku Wisnu, Zaskia Sungkar, dan lainnya ikut memasang foto tugu bermahkota lidah api berlapis emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala.

Foto bangunan vertikal yang berada di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat itu pun dipasang di sejumlah instagram wartawan bahkan dijadikan Display Picture WA dan BBM sejumlah netizen.

Beberapa foto lain masih tentang Tugu Monas dalam sudut pengambilan berbeda pun dipasang sejumlah ustad, artis, dan akun Instagram Islami.

Alhasil pesona monumen dan museum yang dibuka setiap hari kecuali Senin, mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB itu semakin menjulang tinggi.

Lantaran foto Monas dikelilingi jutaan peserta ABI 212 sudah tersebar sebelum Shalat Jum’at, tak heran kalau ribuan muslim lainnya yang datang agak telat berusaha untuk bisa Jum’atan di sekitar kawasan lapangan Monas. Bisa ditebak, tidak berhasil karena sudah tak tertampung.

“Saya sebenarnya pingin sekali Jumatan di dekat Monas, bisa sekalian foto-foto. Tapi gagal, sudah tidak bisa bergerak ke sana,” aku peserta ABI 212 dari Sumatera Barat yang datang dengan rombongan sebanyak 11 bus.

Nasib serupa juga Travelplus Indonesia alami. Tak berhasil menembus jutaan manusia agar bisa mendekati kawasan Monas. Akhirnya menyerah, lalu Jumatan di dekat Bunderan BI dekat Tugu Kereta Kuda di bawah guyuran hujan bersama ribuan Muslim lainnya. Selepas itu mengabadikan jutaan manusia dari jembatan Busway yang bergerak menuju Bunderan HI.

Jika pada Aksi Damai 411, Masjid Istiqlal dan Istana Merdeka yng menjadi pusat perhatian. Kini giliran Tugu Monas di ABI 212 yang paling membetot perhatian lantaran menjadi lokasi pusat aksi super damai.

Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK) hadir dan ikut Shalat Jumat massal bersama jutaan peserta ABI 212 di area tugu tersebut.



Nama dan pesona Monas tak terbantahkan, turut mengangkasa berkat foto-foto terutama di medsos, kemudian diikuti pemberitaan terutama di media online dan elektronik.

Berkat ABI 212 yang sukses menjadi demo super damai sekaligus Jumatan massal terbesar di Indonesia bahkan mungkin salah satu di dunia ini, bisa jadi kesohoran pesona Monas kini menyamai landmark dunia lain seperti Menara Eiffel, Patung Liberty, Menara Miring/Pisa, dan lainnya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)
Foto: dok. @yusufmansyurnew, @aagym, @trip_id & adji

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP