. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 21 November 2016

Tahun Datang Mari Jo Ka Manado, Ada 21 Agenda Wisatanya

Punya rencana liburan ke Manado, Sulawesi Utara (Sulut) tahun depan? Tak perlu bingung mau lihat agenda wisata apa nanti di sana. Catat saja calender of events 2017-nya yang sudah dilaunching hari ini di Jakarta.

Ada sejumlah kegiatan yang patut Anda saksikan saat berwista ke Manado tahun depan, antara lain Festival Food (makanan tradisional), Festival Fashion (karnaval bertemakan taman laut), Festival Foto (underwater), Festival Film (diupayakan FFI 2017), Festival Faith (bertemakan agama), dan Festival Fun Music dengan puncaknya Thanks Giving Manado.

Lebih rinci, dipastikan setiap bulannya minimal ada satu event yang akan digelar di ibukota Sulut ini. Kalau Anda datang bulan Januari ada dua event yakni Figura Manado tanggal 29 Januari 2017  dan Festival Tulude atau olahraga tradisional perairan Tulude di Teluk Manado (30 Januari).

Di bulan kasih sayang, Februari ada event Cap Go Meh di kawasan Pecinaan Kota Manado (12 Februari) dan Gelar Tarian Selendang Biru.

Event Cap Go Meh tahun depan lebih spesial karena Manado menjadi lokasi peryaan Cap Go Meh Nasional. Sedangkan Gelar Tarian Selendang Biru, dibawakan oleh para ibu secara massal dengan ciri khas mengenakan selendang kain berwarna biru.

Di bulan Maret ada Festival Ogoh Ogoh. Koq bisa ada? Bukankan ogoh-ogoh itu tradisi orang Bali? Yup benar, kenapa ada festival itu karena di Manado juga banyak orang Bali yang menetap sejak lama.

Bulan selanjutnya April ada event Manado Easter Show. Sedangkan di bulan Mei ada event Manado Contate (International Choir Festival 2017), yakni kompetisi paduan suara tingkat internasional yang diikuti sejumlah negara di dunia.

Pada bulan Juni ada agenda serius masih terkait dengan pariwisata, yakni event Manado Investment Forum, Sellers and Buyers. Sesuai namanya agenda ini akan diikuti sejumlah investor, praktisi, dan pebisnis yang bergerak di industri wisata.

Bulan berikutnya Juli ada event Festival Ramadhan dan Pesta Rakyat HUT Kota Manado. Di festival Ramadhan akan dimeriahkan dengan sejumlah lomba di anataranya marawis dantentu saja kuliner has Ramadhan di Manado.

Di bulan sepsial bagi bangsa Indonesia, Agustus ada event khusus Festival HUT Kemerdekaan RI. Selanjutnya di bulan September ada Antraksi Seni Budaya Bantik dan Manado Fantastic Festival (F7). Dalam Atraksi Seni budaya Bantik disuguhkan antar lain Tarian Kabasaran dengan kekuatan supernatural, penarinya kebal dengan pedang tajam.

Sementara event F7 disemarakkan dengan acara Festival Fish And Coral (Manado Under The Sea Carnival), Fashion Manado (Manado Fashion Week), Food berupa gelar Kuliner Khas Manado, Flying (Olahraga Terbang Bebas, Paragliding, Paramotor dan Parachuting Event), Fun Music (Konser Musik Tradisional) berikut Manado Jazz By The Sea, Festival Fair (Pameran Manado Fair 2017), dan Festival Faith (Kerohanian). Puncaknya, dilaksanakan Thanks Giving Manado atau Pengucapan Syukur diikuti seluruh umat beragama se-Kota Manado pada September 2017.

Di bulan Oktober ada Manado Extreme Advedntures Tourism, lalu International Trail Running, dan Hasher International di kawasan Hutan Lindung Gunung Tumpa Manado (18-22 Oktober), dan juga Atraksi Seni Budaya.

Khusus di November akan diselenggarakan Miss Scuba International (25 November) di Manado Convention Center (MCC), yakni pemilihan ratu scuba tingkat internasional yang akan menjadi duta wisata khusus bahari, terutama diving.

Pada ke-12, Desember ada rangkaian event Manado Christmes Festival, Manado Christmas Light On, Christmas Great Sale, Safari Natal, Santa Claus Is Coming To Town, dan Christmas Choir Festival, serta Pisah Taong atau akhir tahun di Megamas Manado pada tanggal 31 Desember.

Setiap hari juga ada Pentas Hiburan Rakyat di Taman Kesatuan Bangsa, dan setiap Minggu tepatnya akhir pekan ada Bendi Weekend On Boulevard di sepanjang Jalan Boulevard Manado.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Walikota Manado Vicky Lumentut me-launching Kalender Wisata Pesona Manado 2017 tersebut di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Senin (21/11) malam.

Acara launching yang dipandu leh tiga orang MC anatra lain artis Tessa kaunang ini juga dihadiri Dewan Pertimbangan Presiden, Rusdi Kirana yang juga Bos Lion Grup, Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Sony Sumarsono dan para Dubes Negara-negara tetangga, termasuk Dubes Indonesia untuk Serbia, James Kandou yang juga putra asli Manado, serta sekitar 20 komunitas orang Kawanua (sebutan orang Manado di perantauan) yang tinggal di Jabodetabek.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & youtube

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP