. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 01 November 2016

Sukses Kelola Nusa Dua, ITDC Garap Mandalika. Ini Langkahnya

Bukan rahasia lagi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sukses mengelola Nusa Dua yang semua tak dianggap, kemudian diminati dipuja-puji sebagai destinasi MICE (Meeting, Incentive, Conference, dan Exhibition) kelas dunia.

Kini ITDC dipercayakan untuk menggarap Mandalika-Lombok Tengah (Loteng), NTB, salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata sekaligus kawasan prioritas atau yang disebut Bali Baru yang sudah ditetapkan pemerintah.

Diharapkan, network yang sudah dibangun di Nusa Dua-Bali bisa diboyong ke Mandalika sesuai dengan market wisata halal atau halal tourism, mengingat Lombok sudah berpredikat dan berprestasi sebagai destinasi halal dan destinasi bulan madu halal dunia.

Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer mengajak sejumlah investor agar mau berinvestasi di Mandalika Resort dengan segera memberikan lebih banyak kamar hotel seperti Royal Tulip, Pullman, dan Club Med yang sudah dikonfirmasi dan akan dilakukan ground breaking 12 bulan ke depan.

Menurut Barry sapaan akrab Abdulbar M Mansoer, setidaknya akan ada fasilitas 1.500 kamar pada tahun 2018/2019 mendatang di Mandalika rRsort.

ITDC juga akan menggarap pasar MICE di Mandalika dan berencana untuk memiliki tempat yang sama membangun dengan kapasitas yang dapat menampung antara 5.000-7.000 delegasi.

Menurut Barry dua kunci rahasia pengelolaan Nusa Dua yakni konsisten menerapkan Master Plan dan menjaga kemanana tingkat dunia akan diterapkan juga di Mandalika.

Pihak ITDC Nusa Dua Bali mengakui, KEK Pariwisata Mandalika Resort ini lebih indah dari Nusa Dua. Lihat saja Mandalika memiliki panjang pantai berpuluh-puluh Km sementara Nusa Dua hanya sepanjang 5 Km, pantainya berpasir putih dan air laut biru bersih.

Namun yang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang belum diselesaikan, yaitu persoalan keamanan dan infrastruktur.

Pemerintah, aparat, dan masyarakat Loteng khususnya sekitar kawasan Mandalika, harus cepat menyesuaikan diri dalam menerima pengembangan Mandalika Resort.


Caranya dengan, meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), menjaga kekayaan alamnya serta menyediakan sumberdaya manusia baik dari Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok maupun dari Sekolah Tingi Pariwisata (STP) Bali.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sendiri menilai Mandalika punya banyak kelebihan. Luasnya 1.175 hektar atau tiga kalinya Nusa Dua yang hanya 350 hektar.

Pantainya juga indah dan berpasir putih dengan panorama yang begitu memesona, ditambah lokasinya dekat dengan Lombok International Airport (LIA) di Praya.

Jadi sangat strategis untuk dikembangkan dengan cepat dan bisa menyamai kesusksesan Nusa Dua.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP