. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 26 November 2016

Ayo ke Mempawah Lihat Festival Robo-Robo dan Beragam Pesonanya

Kapan waktu terbaik ke Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar) tahun ini? Kapan saja boleh. Tapi bagusnya saat penyelenggaraan Festival Robo-Robo 2016 yang digelar dari tanggal 27 November dan puncaknya 1 Desember ini. Kenapa? Ya karena ada Ritual Buang-Buang, Saprahan dan bermacam lomba tradisional di antaranya sampan bidar dan sampan perahu naga atau dragon boat serta suguhan seni-budaya.

Festival Robo-Robo 2016 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Mempawah, seluruh rangkaian acaranya dipusatkan di arena Robo-Robo, komplek pelabuhan muara Sungai Mempawah atau Kuala Mempawah.

Rangkaian lomba yang akan digelar antara lain sampan bidar dengan 8 pendayung dan sampan dragon boat dengan 22 pendayung. Selain itu ada lomba motor air hias, panjat pinang, layangan,  lomba uri gasing, dan pangkak gasing.

Lomba layangan akan dilaksanakan pada 27 November. Sementara lomba motor air hias, panjat pinang, dan lomba pangkak-uri gasing dihelat pada tanggal 30 November. Lomba sampan bidar lokasinya di Kuala Mempawah juga pada tanggal 30 November, sedangkan lomba sampan dragon boat berlangsung pada tanggal 1 Desember 2016.

Jumlah satu tim sampan bidar terdiri atas 8 pendayung utama dan 4 pendayung cadangan. Sedangkan dragon boat sebanyak 24 orang terdiri atas 22 pendayung utama dan 2 pendayung cadangan.

Acara utama Festival Robo-Robo adalah makan bersama atau Saprahan dan prosesi Ritual Buang-Buang yang dilakukan Raja Mempawah beserta rombongan dengan mengunakan perahu tradisional khas Melayu, Lancang Kuning.

Masyarakat dan pengunjung yang berada di tepian Kuala Mempawah kemudian saling berebutan untuk mendapatkan ketupat yang dibuang (dibagikan) raja dan juga bersalaman dengan sang raja.

Kuliner dan Objek Wisata
Selagi berkunjung ke Mempawah yang berjuluk Kota Bestari atau Bumi Galaherang, jangan lupamencicipi aneka kulinernya.

Pengunjung bisa mampir ke Rumah Makan Galaherang di Desa Penibung Jalan Trans Kalimantan yang menyajikan aneka masakan khas Mempawah.


Pilihan lain ke Rumah Makan Asam Pedas Pak Wahab di kompleks Pelabuhan Kuala Mempawah dan Toko Mie Goreng Bu Sri di Pulau Pedalaman.

Tak ketinggalan ke Pondok Pengkang yang menyajikan Pengkang (panganan khas Mempawah semacam ketan bakar isi yang dibungkus daun lontar dan dijapit bilahan bamboo, lalu dipanggang di api arang) di Kecamatan Segedong.

Singgah pula ke pusat kuliner di Terminal Mempawah untuk menikmati Ikan Malong Asap, aneka tambol (kue) antara lain geto’, gule tare’, lepat, dan bingke.

Mempawah, salah satu kota kecil berluas 264,40Km persegi yang bisa dikatakan kota Transit sebelum menuju ke Singkawang, Pemangkat, Sambas dan daerah lainnya di jalur pantai ke Utara Kalbar atau jalan Trans Kalimantan.

Kota yang terdiri dari 2 kecamatan yakni Mempawah Hilir dan Mempawah Timur yang dibelah Sungai Mempawah ini berjarak sekitar 78 Km dari Ibukota Kalbar, Pontianak atau sekitar 2 jam. Dari Bandara Internasional Supadio, Pontianak bisa naik taksi atau sewa mobil travel langsung ke Mempawah.

Kalau backpacker-an dari bandara naik ojek atau bis ke Kota Pontianak sekitar 20 menit, baru naik bus tujuan Singkawang, Sambas, dan Mempawah turun di Terminal Mempawah yang pada malam hari berubah menjadi sentra kuliner khas Mempawah.

Selain Robo-Robo, ada festival lain yang bisa disaksikan di Mempawah yakni Fetival Sahur-Sahur. Festival Islami tahunan ini biasanya diselenggarakan pada hari ke-25 Ramadhan.

Objek wisata yang bisa dikunjungi di Mempawah antara lain Istana Amantubillah, yakni Istana Kerajaan Mempawah yang masih berdiri kokoh di Kelurahan Pulau Pedalaman, Kecamatan Mempawah Timur.

Lalu ke Sebukit Rama di Desa Pasir, tak jauh dari pusat Kota Mempawah.

Di atas bukit ini ada makam Opu Daeng Menambon yang pernah menjadi Raja Mempawah, beserta kerabatnya.

Lanjutkan ke Pantai Ancol yang berpanorama sunset menawan di Desa Sengkubang, tepat di tepi jalan menuju Kota Singkawang.

Tak lupa ke Wisata Nusantara di Desa Penibung Jalan Trans Kalimantan yang menawarkan bermacam hotel, pantai, karoke keluarga, taman hiburan, dan kolam renang.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji, mempawahtourism & wisatapontianak

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP