. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 10 Oktober 2016

Indonesia Raup Ribuan Wisman Lewat TAFISA World Sport for All Games 2016 di Jakarta

Indonesia tengah menjadi tuan rumah TAFISA World Sport for All Games 2016. “Olimpiade” olahraga permainan tradisional ke-enam di Pantai ABC Ancol, Jakarta Utara, pukul 19.15 WIB, Sabtu (8/10) yang pembukaannya diresmikan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ini berhasil menjaring wisatawan nusantara dan mancanegara.

Data terakhir dari panitia penyelenggara sewaktu jumpa pers beberapa waktu lalu, TAFISA 2016 ini diikuti oleh 74 negara dengan jumlah peserta sekitar 6.881 orang dari luar dan dalam negeri dari 27 provinsi.

Ada 86 cabang olahraga yang pertandingkan, beberapa di antaranya permainan tradisional khas Indonesia seperti engrang, dan lainnya.

Tafisa ke-6 kali ini dimeriahkan dengan pemecahan rekor dunia (Guiness Book of Record) untuk"engrang yang diikuti 2.600 peserta dan "zumba" yang diikuti 13.000 orang.

Di even ini juga digelar beberapa kegiatan pendukung antara lain Jalan Sehat Massal (World Walking Day) dengan jumlah peserta 30.000 orang yang mengambil tempat di kawasan Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran  dan kegiatan "Global Forum" dengan tema "Active Cities" yang dihadiri 140 negara anggota Tafisa dan 260 peserta dalam negeri.

JK dalam sambutannya berharap masyarakat semakin tergerak rajin berolahraga. "Indonesiia baru saja menyelesaikan PON. Kali ini TAFISA, dan sebentar lagi ASIAN Games. Olahraga bukan hanya prestasi, tetapi ada sportivitas," ujar JK.

Dalam peresmian turut hadir Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menpora Imam Nahrawi, Menkominfo Rudiantara, Menlu Retno Marsudi, dan Hayono Isman selaku ketua panitia TAFISA.

Menko PMK Puan Maharani mengetakan Di Tafisa 2016 ini sejumlah kementerian/lembaga lainnya turut mendukung. Kementerian Pariwisata misalnya memberi dukungan berupa publikasi dan kegiatan kepariwisataan, sedangkan Kementerian Perhubungan menangani sarana transportasi dengan menyediakan 246 bus untuk transportasi operasional dan penghubung lokasi kegiatan.

TAFISA atau The Association for International Sport For All adalah organisasi olahraga dunia yang membidangi olahraga rekreasi atau sport games.


TAFISA digelar setiap empat tahun sekali. Sebelum Jakarta, kota yang pernah menjadi tuan rumah olimpiade-nya olahraga rekreasi ini ada lima kota yakni Bonn, Jerman pada tahun 1992), Bangkok- Thailand (1996), Hannover-Jerman (2000), Busan-Korea Selatan (2008), dan Sialuai-Lithuania pada tahun 2012 lalu.

Tak bisa dipungkiri even lomba olahraga murni bertaraf internasional yang digelar di Tanah Air, juga mampu menambah pundi-pundi perbendaharan wisman dari seluruh kontingen peserta mancanegaranya.

Apalagi kalau itu even sport tourism atau lomba olahraga yang dipadukan dengan kegiatan wisata, seperti lomba balap sepeda, selancar, marathon, triathlon, triboatton, layang-layang, dan lainnya, termasuk TAFISA ini.

Semakin sering dan sukses Indonesia menyelenggarakan even olahraga berskala dunia, otomatis semakin bertambah pula jumlah kunjungan wismannya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo, ig:@adjitropis)
Foto: dok.tafisagames

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP