. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 21 September 2016

Berwisata Jeep Nikmati Pesona Merapi, Ah Sensasinya Beda

Gunung Merapi selama ini dominan diminati pendaki. Ya benar-benar pendaki, harus bersusah payah mendaki dari kaki hingga puncaknya yang berketinggian 2.965 mdpl. Kini sejak ada Wisata Jeep, Merapi bisa dinikmati siapa saja dari anak-anak sampai orangtua. Sensasinya yang ditawarkan hemmm.., jelas beda.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor H. Shahlan Rasyidi menilai Wisata Jeep Merapi ini memberi inspirasi bagi daerah-daerah lain termasuk Kota Bogor untuk bisa lebih kreatif dan inovatif mengemas produk wisatanya agar bisa memberikan pilihan berwisata yang beda kepada wisatawan.

“Cuma satu kata, seru,” kata Shahlan kepada TravelPlusIndonesia usai berwisata jeep Merapi dengan mengunakan jeep Land Cruiser berwarna merah didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Apip Supriadi, baru-baru ini.

“Biar badan terombang-ambing ke kiri-ke kanan. Tapi disuguhkan pemandangan bagus, terlebih ketika puncak Gunung Merapi menampakkan diri saat tak terhalang kabut,” tambahnya.

Lain lagi dengan Kepala Seksi Jasa dan Sarana Pariwisata, Disbudparekraf Kota Bogor Nana Supriatna yang juga ikut rombongan berwisata jeep Merapi.

Menurut Nana Wisata Jeep Merapi berhasil membuka banyak peluang usaha buatan bagi masyarakat setempat, seperti warung dan lainnya.

“Kalau kegiatannya sendiri mampu memacu adrenalin, kental nuansa petualangnnya tapi tetap ramah lingkungan, dan kesannya cowok banget,” ujar Nana.

Wisata Jeep Merapi belakangan ini memang menjadi primadona pariwisata Kabupaten Sleman dan DIY secara keseluruhan. Buktinya peminatnya dikabarkan sudah 2 juta-an sejak dibuka tahun 2012 lalu atau 2 tahun setelah merapi erupsi hebat.

Purwanto (38), salah satu pengendara Merapi Land Cruiser Community (MLCC) yang ber-basecamp di Dusun Pangukrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY menjelaskan ada tiga jenis paket wisata jeep yang bisa dipilih pengunjung paket Short, Medium, dan Long Trip.

“Kalau paket tur jeep yang Short Rp 350.000 dengan durasi 1 hingga 1,5 jam. Sedangkan yang Medium Rp 450.000 selama 2 hingga 2,5 jam, dan paket Long Trip Rp 550.00 per mobil dengan durasi hingga 3 sampai 3,5 jam. Maksimal satu jeep berpenumpang 4 orang ditambah driver,” terang Ipunk sapaan akrab Purwanto.

Paket-paket tersebut juga sudah termasuk retribusi masuk obyek wisata, sebesar Rp 10.000 per jeep.

Paket Short Trip ini dimulai ada tiga titik yang dikunjungi Bunker Kaliadem, Batu Alien, dan Museum Museum Gunung Merapi.

“Rute itu kalau ingin mengejar matahari terbit dari bunker. Namanya Paket Sunrise, harganya Rp 500.000. Berangkat dari basecamp selepas Shalat Subuh atau pukul 4.30 pagi. Kalau berangkatnya siang, rutenya dibalik dari Museum Gunung Merapi, Batu Alien baru ke Bungker, harganya Rp 350.000 per jeep,” terangnya.

Bunker Kaliadem ini pernah menewaskan 2 orang relawan saat erupsi Merapi tahun 2006 dan kemudian meletus hebat lagi pada tahun 2010.

Kalau paket Medium Trip, rutenya sama dengan paket short trip ditambah dengan menyusuri Kali Gendol yang menjadi tempat mengalirnya material erupsi Merapi.

Untuk Paket Long Trip, treknya rute Medium Trip ditambah dengan mengunjungi makam Mbah Maridjan, makam massal warga, dan Bukit Glagahsari.

Menurut Ipunk, pengemudi jeep kerap dijuluki joki 3 in 1 karena merangkap sebagai driver, pemandu, dan sekaligus fotografer.

Perjalanan menggunakan jeep dan berbagai kendaraan petualangan ini dijamin menyenangkan sekaligus menantang.

Di sepanjang jalan wisatawan dapat menyaksikan sisa-sisa keganasan erupsi Merapi yang meluluh-lantahkan Kinahrejo dan sekitarnya. Wisatawan juga bisa melihat bekas hunian warga yang ambruk, timbunan material vulkanik berupa pasir dan kerikil, serta batu-batu berukuran besar yang dimuntahkan dari perut Merapi.

Di Museum Gunung Merapi atau The House of Memory di Kampung Petung, ada barang-barang yang berhasil diselamatkan dari bekas erupsi Merapi seperti bangkai sepeda motor, TV, botol-botol minuman yang meleleh, kerangka tulang sapi, perabotan rumah, perkakas, dan jam erupsi, yakni jam dinding yang kedua arah jarumnya menunjukkan pukul 12 malam lewat 5 menit, tepat kejadian erupsi dasyat itu.

Di Kampung Petung, 7 Km dari puncak Merapi yang berjumlah 105 rumah, tak satu pun penduduknya yang menjadi korban.

Namun ada lebih dari 400 ekor sapi yang tewas terpanggang panasnya material muntahan Merapi saat itu.

Warganya yang selamat kemudian di relokasi ke bagian bawah, sekitar 8 Km dari kampung asal.

“Tapi di kampungnya Mbah Maridjan ada 39 orang termasuk seorang wartawan dan anggota Palang Merah Indonesia (PMI) yang menjadi korban,” terang Ipunk.

Menurut Ipunk ada satu paket lagi yang lebih seru. Namanya Paket Lava Tour dengan menggunakan motor trail. Tarifnya Rp 200.000 untuk sewa selama 2 jam.

Paket ini jauh lebih menantang karena wisatawan bisa menyusuri kawasan-kawasan yang tidak terjangkau oleh jeep seperti bekas rumah Mbah Maridjan.

Wisata Jeep Merapi bukan hanya sukses menjaring wisatawan nusantara dari berbagai daerah termasuk dari sejumlah Disparda, salah satunya Disbudparekraf Kota Bogor yang datang rombongan untuk melakukan studi banding, pun wisatawan mancanegara.

“Perdana Menteri Malaysia pernah mencoba wisata jeep ini tahun 2014. Kalau artis yang saya ingat, ada Denada, Shanty, pelawak Bopak, petinju Chris John dan pesepakbola Nasional Bambang Pamungkas,” ungkap Ipunk.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP