. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 28 September 2016

Ayo Borong Aneka Produk Halal Kelas Dunia di Halal Lifestyle Expo & Conference

Persaingan global di sektor industri halal semakin sengit. Sejumlah negara saling berlomba menarik devisa dengan menawarkan produk-produk halal termasuk pariwisata halalnya. Sebagai negara mayoritas Muslim, Indonesia tak mau sekadar menjadi konsumen tapi juga produser. Untuk menjawab tantangan itu, Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference (IIHLEC) 2016 pun bakal digelar di Jakarta.

Ketua Indonesia Halal Lifestyle Center, H Sapta Nirwandar menjelaskan halal saat ini bukan sekadar jadi istilah untuk segala hal yang diperbolehkan dalam Islam.

“Halal sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat Muslim di sejumlah negara termasuk Indonesia,” terangnya saat jumpa pers IIHLEC 2016 di gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (28/9).

Menurut Sapta persoalan gaya hidup halal saat ini bukan perkara makanan, melainkan sudah mencakup hal-hal lain seperti kosmetik, obat-obatan, dan lainnya.

Jumlah umat Islam saat ini mencapai 25 persen dari total populasi dunia, atau sebanyak 1,8 miliar jiwa, dengan jumlah gross domestic product (GDP)-nya mencapai 7.740 dolar.

Itu merupakan jumlah yang sangat potensial sebagai pasar produk dan layanan halal. Apalagi beberapa negara muslim dan non muslim sudah memiliki even pameran terkait industri halal yang digelar rutin setiap tahun.

Kerena itulah pameran ini digelar. “Dengan expo ini diharapkan Indonesia juga jadi salah satu negara yang tercacat sebagai penyelenggara Halal Expo dan Conference. Tahun depan dan 2018, kita harapkan Indonesia sudah masuk agenda global untuk event ini setiap Oktober,” terang Sapta.

IIHLEC 2016 akan berlangsung di Ciputra Artpreneur, Ciputra World, Jakarta pada 6-8 Oktober mendatang.

Sapta menyebut ada 10 sektor yang secara ekonomi dan bisnis berkontribusi besar dalam industri halal yang akan dipamerkan di event perdana ini, yakni sektor industri makanan, wisata dan perjalanan, pakaian dan fashion, kosmetik, finansial, farmasi, media dan rekreasional, kebugaran, pendidikan, dan seni budaya.

Expo ini juga akan menggelar konferensi bertema "Halal Lifestyle: Global Trends and Business Opportunities" dengan menyasar pada para pelaku bisnis halal yang akan mengupas tuntas pertumbuhan industri halal yang mencapai 20 persen per tahun.

Sejumlah menteri dan ketua lembaga akan mendukung acara ini, termasuk beberapa pembicara, di antaranya Dr James Noh (Halal Certification & Consultancy Center at Korean Institute of Halal Industry), dan Dr M Yanis Musdja (Ketua Yayasan Produk Halal Indonesia).

Konferensi juga akan mengundang pembicara kehormatan, yaitu pendiri dan Direktur Halal Science Center Chulalongkorn University, Thailand, Winai Dahlan. Winai merupakan salah satu ilmuwan Islam yang berpengaruh di bidang sains dan teknologi, yang merupakan cucu pahlawan Nasional, Ahmad Dahlan.

Expo yang didukung sepenuhnya oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata, Komunitas Ekonomi Syariah, Majelis Ulama Indonesia, dan Ciputra Entrepreneur Management ini juga akan menampilkan pagelaran busana Musilm terkini dan seni budaya.

Untuk fashion akan ditampilkan busana muslim terbaru karya para perancang ternama seperti Dian Pelangi, Deden Siswanto, El Hijab, Irna Mutiaram L Tru, dan Si.Se.Sa.

Selain itu pemutaran film berjudul Kalam-Kalam Langit yang dibuat berdasarkan novel karya Pipiet Senda dan disutradarai Tarmizi Abka.

Sebelum pemutaran film yang dibintangi Elyzia Mulachela, Dimas Seto, Matias Muchus, dan Ibnu Jamil ini akan diselenggarakan diskusi ringan mengenai film tersebut.

Pameran ini akan ditutup dengan konser Dwiki Darmawan & Orchestra pada 8 Oktober. “Target pengunjung expo ini sampai 9.000 orang baik dari dalam maupun luar negeri,” tutup Sapta.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP