. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 20 Juli 2016

Wonderful Indonesia Kandaskan Malaysia dan Thailand di Sydney

Wonderful Indonesia berjaya kandaskan dua rival utamanya Malaysia dan Thailand di ajang Travel Tourism Exhibition di Sydney, Australia dengan menyabet dua penghargaan, ‘Best Innovative Stand’ dan ‘10 sqm & Over.’ Malaysia dan Thailand dipaksa pulang dengan tangan hampa. Tak ada satu pun award yang bisa diboyong ke negaranya masing-masing. Bukan cuma itu, booth keduanya juga sepi pengunjung.

“Intinya kita sukses mengalahkan Malaysia dan Thailand di ajang Travel Tourism Exhibition di Sydney,” terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), I Gde Pitana sebagaimana rilis yang TravelplusIndonesia terima di Jakarta, Rabu (20/7).

Menurut Pitana even tersebut sangat strategis bagi Indonesia, karena pasar Australia adalah pasar utama penyumbang jumlah wisman terbesar. “Dan dua award ini bisa menjadikan tumpangan untuk mempopulerkan destinasi wisata Indonesia,” ungkapnya.

Bagi Pitana, kompetisi dan awarding itu punya makna penting baik internal maupun eksternal. Ke dalam, akan meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM dalam hospitality. Sementara ke luar, akan mendongkrak kredibilitas Indonesia di dunia internasional. Apalagi award itu diperoleh dengan cara-cara yang fair, betul-betul karena kualitas.

”Kebanggaan dan prestasi itu bisa menularkan virus kompetisi internal kita, destinasi, pelaku bisnis, seniman, pemerhati, dan semua pihak yang concern di pariwisata. Semakin ketat kompetisi, semakin banyak karya yang bisa dipromosikan ke mancanegara," terangnya.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Asnawi Bahar pun sependapat. Dengan brand equity yang kuat, Wonderful Indonesia diyakini akan mudah mendapatkan banyak manfaat.

“Indonesia akan makin masuk consideration set para turis yang mau milih destinasi. Terutama bagi wisman yang belum punya awareness tinggi terhadap Indonesia," ucap Asnawi.

Keuntungan lainya, lanjut Asnawi, country branding pariwisata Indonesia akan menjadi makin tajam sesuai dengan kategori awards yang diperoleh. “Dampaknya bukan hanya pada jumlah turis dan kunjungan yang akan datang, tapi juga spending-nya ketika berada di Indonesia," ungkapnya.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menilai keberhasilan Wonderful Indonesia di ajang ini akan semakin memperkuat branding Wonderful Indonesia di mancanegara.


Semakin besar brand value pariwisata Indonesia itu, sambung Arief Yahya, bukan hanya memiliki probabilitas kunjungan lebih banyak, tetapi juga nilai atau harga satuan di destinasi itu semakin tinggi.

"Karena itu reputasi itu penting, dan kemenangan-kemenangan seperti ini menjadi berarti," jelas Arief Yahya.

Kemenangan Wonderful Indonesia di Sydney ini menambah pundi-pundi penghargaan bagi Indonesia. Belum lama ini Wonderful Indonesia juga menyambar award untuk kategori The Most Beautiful Diving Destination di Taiwan.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)
Foto: adji & dok.kemenpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP