. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 12 Juli 2016

Jelang Tengah Malam, Menpar Arief Yahya Kirim Link Video Ini, WOW...

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengirimkan link tanyangan audio visual atau video kepada Travelplusindonesia (saya) lewat pesan WA  pada Selasa (12/7) malam.  Link video kiriman dari Menpar yang akrab disapa Pak AY itu sampai di WA saya, tepat pukul 22.38 WIB atau pukul setengah sebelas malam lebih delapan menit.

Jujur, sewaktu pertama kali melihat siapa yang mengirim link video tersebut, saya sempat terkejut. Dan awalnya ragu-ragu, apa iya, apa benar yang kirim video itu Pak AY. “Tumben banget,” kata saya salam hati.

Untuk menyakinkan hati bahwa yang mengirim itu memang Pak AY, saya sampai berulang-ulang melihat nama si pengirimnya. Dan ternyata memang benar, sang pengirimnya Pak AY.

Kenapa saya sampai kurang yakin begitu? Karena selama ini belum pernah Pak AY mengirim pesan lewat WA ke saya, apalagi ini kiriman link video.

Saya sangat maklum sebagai orang nomor satu di Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tentu kesibukannya teramat padat.

Selama ini, sayalah yang rajin mengirimkan pesan lewat WA ke Pak AY, terutama link-link tulisan yang saya buat terkait pariwisata, termasuk kegiatan Pak AY selaku Menpar. Dan itupun tidak dibalas atau dikomentari, hanya dilihat dan dibaca. Jadi wajar ketika pertama kali mendapat kiriman link video dari beliau, saya sempat tidak yakin.

Lalu sebenarnya video apa yang dikirim Pak AY jelang tengah malam? Eiiitssss…, jangan mikir yang aneh-aneh ya.., jangan ngayal.com yang bukan-bukan lho...

Link video yang dikirim Pak AY adalah video promosi Wonderful Indonesia di Paris, Perancis saat menyambut dan selama pertandingan Sepakbola Euro 2016. Video tersebut di-upload di kanal youtube.

Saya pun langsung membuka link video itu. Isinya benar-benar wow… Video itu menayangkan visual beberapa bis tingkat (bagian atasnya terbuka atau tanpa atap) yang badan samping dan bagian belakangnya ada tulisan Wonderful Indonesia dan logo sketsa Burung Garuda berwarna-warni serta gambar obyek wisata Indonesia.

Ada cukup banyak gambar yang dipasang di bis-bis tersebut. Sepenglihatan saya dari video itu antara lain gambar penari Bali, seekor Komodo, Candi Borobudur berikut stupa-stupanya, pemandangan Gunung Bromo-Tengger-Semeru, dan lainnya.

Bis-bis itu mengangkut sejumlah penumpang. Sepertinya kebanyakan warga kota Paris dan sekitarnya atau mungkin wisatawan yang tengah berwisata di Kota Paris.

Penumpangnya ada yang duduk di bagian dalam, tak sedikit yang duduk di bagian atap yang terbuka. Terlihat beberapa penumpangnya sambil memotret suasana dan bangunan di Kota Paris. Bis-bis tersebut memang melaju di beberapa ruas jalan utama di Kota Paris, seperti sedang membawa wisatawan city tour.

Melihat tayangan bis-bis bertuliskan Wonderful Indonesia tengah City Tour di Kota Paris itu, saya jadi teringat Bus Wisata Enjoy Jakarta yang juga membawa wisatawan keliling Jakarta secara gratis.

Dalam tayangan video tersebut, bis-bis Wonderful Indonesia di Kota Paris melewati landmark utama kota itu yakni Menara Eiffel.

Sebenarnya Bis Wisata Enjoy Jakarta juga melewati landmark Kota Jakarta yaitu Tugu Monumen Nasional atau Monas.

Bedanya, kalau Bis Wisata Enjoy Jakarta hanya melewati sekeliling Jalan Merdeka, tidak sampai mendekati Monas. Sedangkan Bis Wonderful Indonesia di Kota Paris, bukan cuma mendekati salah satu menara paling tersohor di dunia itu, melainkan sampai melewati bawah menara tersebut, karena memang di tengah-tengah atau di antara tiang pondasi menara itu merupakan jalan raya.

Namanya video, tentu bukan hanya visual. Video yang diawali dengan tulisan Wonderful Indonesia dan logo sketsa Burung Garuda berwarna-warni, kemudian disusul tulisan Wonderful Indonesa A Paris itu juga ada sound-nya, berupa theme song branding pariwisata Indonesia versi Bahasa Inggris, Wonderful Indonesia yang dilantunkan dengan indah dan penuh rasa oleh Diva Pop Indonesia Rossa.

Sebagai catatan, penyanyi asal Sumedang ini pun membawakan lagu yang sama, versi Bahasa Indonesia, berjudul Pesona Indonesia.

Usai menyaksikan tayangan video promo Wonderful Indonesia di Paris yang berdurasi 3 menit 31 detik itu, saya langsung meng-klik simbol jempol di bawah video tersebut, yang artinya menyukai.

Bukan cuma itu, saya pun langsung memberi komentar di bagian bawahnya. Begini bunyi komentar yang saya tulis:

“Bravo Wonderful Indonesia… Mudah-mudahan warga Kota Paris dan warga dunia yang tengah ada di Paris serta yang menyaksikan video promo wisata Indonesia ini jadi tertarik datang ke Indonesia untuk berwisata. Aku Bangga Indonesia... Mau tahu info2 wisata & budaya Indonesia, follow my Instagram: @adjitropis dan klik my blogs: www.travelplusindonesia.blogspot.co.id & www.ronabudaya.blogspot.co.id.”

Mungkin setelah membaca tulisan saya tentang video promo Wonderful Indonesia di Paris ini, Pak AY jadi bertanya-tanya, koq dikasih judul seperti itu?



Saya memang sengaja memberi judul “Jelang Tengah Malam, Menpar Arief Yahya Kirim Link Video ini, WOW…”

Tujuannya adalah untuk menciptakan persepsi, tanda tanya, sekaligus merangsang keingintahuan pembaca lebih lanjut.

Kalau saya beri judul lurus-lurus saja alias standar, seperti begini: “Inilah Video Keren Promo Wonderful Indonesia di Paris” tentu tidak menimbulkan efek-efek yang saya harapkan tersebut.

Sampai berita ini selesai saya tulis, saya masih sempat mengecek jumlah penikmat video promo Wonderful Indonesia di Paris tersebut.

Ternyata video yang dipublikasikan 8 Juli 2016 dengan keterangan berbahasa Perancis: “Promouvoir l'Indonésie sur les 20 bus à Paris pendant 1 mois” tersebut sudah 165 kali tayang dan disukai 6 netizen serta baru satu komentar, dan itu pun komentar saya 1 jam lalu.

Nah, Anda mau tahu seperti apa video promo Wonderful Indonesia di Paris berjudul: OT PUB BUS Paris yang katanya keren itu, klik saja linknya.

Ini link videonya:
https://m.youtube.com/watch?feature=youtu.be&v=RBS73ENABlM
Atau
https://www.youtube.com/watch?v=RBS73ENABlM&feature=youtu.be

Jangan lupa nge-like dan kasih komentar ya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)
Foto: adji & agung-humas kemenpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP