. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 12 Juli 2016

Ini Rahasia Sukses Promo Wonderful Indonesia di Paris

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali bikin gebrakan dalam mempromosikan Pariwisata Indonesia di mancanegara. Kali ini dengan memanfaatkan momen akbar kejuaran sepakbola Piala Eropa (Euro Cup) 2016, Kemenpar sukses mempromosikan branding Wonderful Indonesia di Paris.


Bentuk promo yang dilakukan Kemenpar di Ibukota Perancis itu adalah dengan memasang tulisan Wonderful Indonesia berikut logo sketsa Burung Garuda berwarna-warni serta beberapa gambar terkait obyek wisata utama di Tanah Air, di badan samping dan bagian belakang bis-bis tingkat yang ada di Paris.

Gambar yang ditampilkan antara lain penari Bali, seekor Komodo, Candi Borobudur berikut stupa-stupanya, dan pemandangan Gunung Bromo-Tengger-Semeru.

Promo Wonderful Indonesia di salah satu kota wisata sekaligus kota mode ternama di dunia itu kemudian divideokan dan di-upload ke laman youtube.

Ini link videonya:
https://m.youtube.com/watch?feature=youtu.be&v=RBS73ENABlM
Atau
https://www.youtube.com/watch?v=RBS73ENABlM&feature=youtu.be

Travelplusindonesia (saya) mendapat kiriman link video tersebut langsung dari Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang dikirim via WA pada Selasa (12/7) malam.

Tak banyak buang waktu, usai menerima kiriman link video tersebut saya langsung melemparkan beberapa pertanyaan terkait link video tersebut kepada Arief Yahya yang biasa saya sapa Pak AY.

Pertanyaan-pertanyaan itu antara lain: Mengapa Pak AY memilih Kota Paris untuk promosi ini? Berapa biaya yang dikeluarkan? Berapa target wisman asal Perancis tahun ini? Setelah Paris kota mana lagi yang akan dibidik untuk promo Wonderful Indonesia? Apa komentar Pak AY tentang video promosi Wonderful Indonesia di Paris tersebut?

Sekitar 30 menit kemudian Pak AY membalasnya. Tapi hanya satu pertanyaan yang beliau jawab, yakni pertanyaan terakhir.


Menurut Arief Yahya, rahasia sukses promosi Wonderful Indonesia di Paris adalah materi promosinya yang keren.

“Dan kita pilih momen yang sangat pas, yaitu Piala Euro 2016...,” begitu balasnya diakhiri dengan satu simbol jempol berwarna kuning.

Saya pun membalasnya: “Trims pak komentarnya.., saya lagi buat beritanya nih.”

Seperti berita sebelumnya, link video yang dikirim Pak AY itu menayangkan visual beberapa bis tingkat (bagian atasnya terbuka atau tanpa atap) yang badan samping dan bagian belakangnya ada tulisan Wonderful Indonesia dan logo sektsa Burung Garuda berwarna-warni serta gambar obyek wisata Indonesia.

Bis-bis itu mengangkut sejumlah penumpang. Sepertinya kebanyakan warga kota Paris dan sekitarnya atau mungkin wisatawan yang tengah berwisata di Kota Paris. Penumpangnya ada yang duduk di bagian dalam, tak sedikit yang duduk di bagian atap yang terbuka.

Beberapa penumpangnya terlihat sambil memotret suasana dan bangunan di Kota Paris. Bis-bis tersebut memang melaju di beberapa ruas jalan utama di Kota Paris, termasuk melewati Menara Eiffel, salah satu landmark tersohor di dunia itu.

Video yang diawali dengan tulisan Wonderful Indonesia dan logo sketsa Burung Garuda berwarna-warni, kemudian disusul tulisan Wonderful Indonesa A Paris itu juga ada sound-nya, berupa theme song branding pariwisata Indonesia versi Bahasa Inggris, Wonderful Indonesia yang dilantunkan dengan indah dan penuh rasa oleh Diva Pop Indonesia Rossa.

Durasi video berjudul: OT PUB BUS Paris yang dipublikasikan 8 Juli 2016 dengan keterangan berbahasa Perancis: “Promouvoir l'Indonésie sur les 20 bus à Paris pendant 1 mois” ini sekitar 3 menit 31 detik.

Penasaran seperti apa video tersebut? Klik aja link-nya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP