. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 29 Juli 2016

Inilah Aneka Suguhan Festival Condet 2016 Diujung Juli

Hai Abang-Mpok, Mas-Mbak, Uda-Uni, Akang-Teteh, Teruna-Teruni, Nyong-Noni, Koko-Cici, dan lainnya. Mau kemana akhir pekan ini? Kalau bingung, ke Condet aja, nonton Festival Condet 2016.

Sesuai namanya, festival jalanan atau street festival satu ini mengambil tempat di Jalan Raya Condet, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur.

Festival Condet 2016 yang bertema ‘Ini Budaye Kite’ ini digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu (30-31/7). Lokasi tepatnya mulai dari depan Jalan Buluh yang terhubung dengan Jalan Raya Condet sampai pertigaan Batu Ampar atau depan Rumah Makan Abu Salim. Panjang area festivalnya sekitar 300 meter.

Festival kali kedua (tahun lalu masi berlabel Lebaran Betawi Condet) yang bertujuan untuk melestarikan dan mempertahankan budaya Betawi khususnya di Condet ini terbagi dua.

Pada hari Sabtu khusus untu acara Pawai Budaya, Acaranya dimulai pukul 08.00 -22.00. Sedangkan hari Minggu khusus untuk Pawai Teater juga mulai pagi hingga tengah malam.

Untuk Pawai Budaya ada parade budaya dari 34 provinsi, atraksi Pencak Silat, Ondel-Ondel, Drumband, aneka Tari Betawi, fashion show Busana Betawi, Band Betawi, Tanjidor, Lenong Betawi, Nobar alias nobar bareng Film Betawi, Abang-None, sarasehan, pameran foto, dan komunitas Batu Akik Condet.

Kesenian dari daerah lain seperti Reog Ponorogo, Gendang Beleq, dan Angklung juga akan tampil. Di hari pertama ini juga ada asksi sosial Sunatan Massal dan Pengobatan Gratis serta penandatanganan Yayasan Cagar Budaya Betawi Condet.

Selain itu juga ada berbagai lomba,seperti lomba desain Gapura, Tari, membuat Emping, Pandan, desain Busana Betawi, fashion show Busana Betawi, dan lomba fotografi serta selfie.

Tak ketinggalan lomba bernuansa religi antara lain lomba Hadroh, Marawis, memukul Beduk, dan lomba mengumandangkan Adzan.

Buat yang suka berwisata kuliner, di Festival Condet kali ini juga ada suguhan aneka kuliner tradisional Betawi mulai dari Kerak Telor, Bir Pletok, Dodol Condet, Geplak, Wajik Betawi, Roti Buaya, Asinan, Gado-Gado, Laksa, Nasi Uduk, Semur Daging, dan lainnya.

Khusus suguhan beragam kuliner tersebut diberi label Festival Jajajan Betawi dengan menyediakan 100 stan bazar secara gratis.

Untuk Pawai Teater, disediakan 4 panggung Puncak acaranya Minggu yang menampilkan Lenong Betawi yang akan membawakan lakon kehidupan orang Betawi dari lahir hingga tutup usia.

Pada malam penutupannya adakan ada suguhan pesta kembang api di panggung utama, mulai pukul 21.30 WIB hingga selesai.

Seperti tahun lalu, ribuan orang diperkirakan akan datang menyaksikan Festival Condet 2016 selama dua hari penyelengaraan.

Bagaimana dengan Abang-Mpok, Mas-Mbak, Uda-Uni, Akang-Teteh, Teruna-Teruni, Nyong-Noni, Koko-Cici, dan lainnya? Tertarik untuk mengetahui lebih jauh budaya Betawi khususnya yang menetap di Condet serta budaya dari berbagai daerah lain di Tanah Air?

Datang dan saksikan saja langsung Festival Condet 2016 di Jalan Raya Condet di akhir pekan, dipenghujung Juli ini.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP