. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 29 Juli 2016

Ini Alasan Arief Yahya Manfaatkan The Amazing Race Asia Season 5 untuk Promosikan Wonderful Indonesia

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya membeberkan alasannya kenapa dia mau mempromosikan Wonderful Indonesia lewat The Amazing Race Asia (TARA) Season 5. Menurutnya program reality show yang disiarkan melalui saluran hiburan terkemuka Asia AXN Channel mulai Oktober 2016 mendatang ini punya kekuatan mempromosikan bukan hanya branding tapi juga destinasi dan budaya Indonesia dengan value promo sebesar 25 juta US dollar atau sekitar Rp 300 miliar.

“Program ini menjadi peluang yang bagus buat mempromosikan pariwisata Indonesia ke dunia, baik kekayaan alam maupun keunikan budaya Indonesia yang memesona dalam kemasan Wonderful Indonesia. dan value promo-nya sangat besar 25 juta US dollar,” kata Menpar Arief Yahya dalam acara The Jakarta Racers Reveal Press Event yang digelar AXN untuk mengenalkan TARA Season 5 di Fairmont Hotel Jakarta, Kamis (28/6).

Jumlah value promo acara ini, lanjut Arief Yahya  masih bisa bertambah. "Soalnya saya belum hitung semuanya. Jumlahnya  akan bisa lebih besar kalau kita broadcasting di Free to Air. Kalau ternyata value promonya sama saja 25 juta US dollar, berarti keren banget ini acara. Jadi total value promonya dengan Free to Air sekitar 50 juta US dollar. Jumlah  promo value itu untuk ukuran promosi kita cukup besar, meskipun masih kalah dengan value promo Gerhana Matahari Total atau GMT lalu. Tapi yang ini tetep keren juga," terang Arief Yahya.

Jumlah penonton program reality show TARA Season 5 menjadi alasan kenapa Arief  Yahya mau berpromosi di acara ini. “Acara ini ditonton 85 juta rumah tangga yang tersebar di 20 negara Asian,” terangnya.

Lewat program acara ini, lanjut Arief Yahya, Wonderful Indonesia akan terpromosikan dengan menggunakan strategi media melalui pendekatan POSE (Paid Media, Owned Media, Social Media, dan Endorser) dan pada kegiatan promosi kali ini menggunakan paid media yakni AXN Channel dalam program TARA Seasons 5 yang menjangkau hampir seluruh wilayah Asia sebagian besar merupakan pasar utama pariwisata Indonesia.

“Tahun ini kita mentargetkan 12 juta wisman, 61% diharapkan akan datang dari Singapura, Malaysia, China, Australia dan Jepang sebagai pasar utama pariwisata Indonesia,” kata Arief Yahya.

Alasan lain, lanjut Arief Yahya karena scara reality show TARA Musim ke-5 yang diikuti 11 tim, di antaranya dari Indonesia akan melakukan syuting di lima kota di Indonesia. “Sementara di negara lain hanya satu kota saja, dengan kata lain negara-negara lokasi syuting acara ini setara dengan kota di Indonesia,” kelakarnya yang disambut tawa hadirin.

Kelima kota di Indonesia yang terpilih menjadi lokasi syuring program ini adalah Jakarta, Banyuwangi, Yogyakarta, Bandung, dan Bali.

“Kenapa lima kota itu terpilih, karena memiliki destinasi kelas dunia atau destination world class. Contoh Banyuwangi punya fenomena alam unik Blue Fire atau si api biru di Gunung Ijen yang hanya ada dua di dunai, satu lagi di Iceland,” terang Arief Yahya yang kebetulan berdarah Banyuwangi.

Alasan lainnya, orang Indonesia juga terpilih sebagai co-host untuk program acara ini, yaitu artis bintang film peraih piala Citra Tarra Basro. Artis yang tahun ini baru saja terlibat dalam pembutan fiam Tiga Srikandi dan Ini Kisah Tiga Dara ini akan mengisi beberapa episode TARA mendampingi Alan Wu sebagai host TARA.

Senior Vice President dan General Manager, Sony Pictures Television Networks Asia Ang Hui Keng mengatakan Indonesia merupakan salah satu tujuan wisata yang paling spektakuler di dunia terutama untuk wisata, budaya, dan petualangan.

“Kami menyambut gembira Kemenpar menjadi sponsor TARA Musim ke-5 yang akan memberikan inspirasi pemirsa untuk merencanakan liburan jangka panjangnya ke Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata yang paling spektakuler di dunia,” kata Ang Hui Keng.

Selain itu sebagai bagian dari kampanye pariwisata, selama enam bulan TARA akan memperkenalkan beberapa lokasi favorit sebagai destinasi unggulan di Indonesia serta berbagi cerita tentang Wonderful Indonesia.


Sebanyak 11 tim terpilih yang ikut TARA Musim ke-5 tahun ini akan melalukan perjalanan ke 10 destinasi utama Asia selama 20 hingga 35 hari dimulai dari Jakarta, Yogyakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Ho Chi Minh, Manilai, Taipei, Bandung, Banyuwangi, dan berakhir di Bali.

Tim pertama yang tiba dilokasi final akan mendapatkan hadiah utama US$ 100. 000 dan beberapa hadiah pada tiap pemberhetian bila tim tersebut memenangkan tantangan tertentu.

Acara reality show TARA, pertama kali tayang tahun 2005, sedangkan pada season ke 4, sebelumnya berlangsung tahun 2012.

"Kita doakan semua peserta asiang kalah, dan pemenangnya peserta dari Indonesia," tutup Arief Yahya kembali diberi sambutan meriah dan ucapan amien dan para hadirin.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)
Foto: adji & fikri-humaskemenpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP