. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 16 Februari 2016

15 Iklan Destinasi Pesona Indonesia Tayang di 55 Bioskop

Guna menjaring wisatwan nusantara (wisnus), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meluncurkan iklan pariwisata Indonesia dengan logo dan tagline "Pesona Indonesia" di Cinemax FX Senayan, Jakarta untuk ditayangkan di bioskop se-Indonesia. 


Ada tiga materi iklan berjenis TV Commercial (TVC) berjudul “15 Destinasi Pesona Indonesia”, “Ini Cara Kita”, dan “Wonderful Indonesia”, yang akan diputar di 55 bioskop yang tersebar di 14 kota besar Indonesia. 

Ke-14 kota besar itu Jakarta, Medan, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Batam, Palembang, dan Makassar. 

 "Kita akan tayangkan di kota-kota yang memiliki jaringan biokop dan punya potensi pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) yang besar," ujar Arief Yahya sesuai rilis yang diterima Travelplusindonesia di Jakarta, Selasa (16/2).

Menurut Arief Yahya penikmat film di bioskop itu pasar wisnus yang potensial, sehingga penayangan iklan Pesona Indonesia di bioskop akan efektif. “Data yang kami kumpulkan menyebut 56% penonton masih mengingat iklan yang muncul di layar bioskop setelah mereka menyudahi film dan 49% penonton masuk ke dalam bioskop sesaat setelah pengumuman pintu bioskop dibuka sehingga mereka dapat menyaksikan seluruh iklan yang ditayangkan,” terang Arief.

TVC "Ini Cara Kita" menceritakan tentang empat orang sahabat dengan latar belakang berbeda yang memutuskan untuk liburan bersama mengunjungi destinasi-destinasi yang berbeda di Indonesia. Sementara TVC "Wonderful Indonesia" terdiri dari empat tema, yaitu adventure, business, family, dan love. Kedua TVC tersebut memiliki durasi 60 detik dan siap untuk tayang di bioskop-bioskop di kota tersebut di atas. 

Sedangkan TVC "15 Destinasi Pesona Indonesia" menampilkan tujuan wisata utama yang tergabung dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), meliputi Sumatera Utara, Bali, Jakarta, Raja Ampat Papua Barat, Taman Nasional Komodo, Wakatobi, Tanjung Puting, Sumatera Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, Toraja, Manado, Lombok, dan Flores-Kelimutu.

Di samping itu, Arief Yahya juga bekerja sama dengan film "Aaach...Aku Jatuh Cinta" untuk mempromosikan pariwisata, khususnya Yogyakarta, yang menjadi latar belakang film tersebut.

Selain melalui iklan, Arief Yahya juga menggandeng sejumlah artis tersohor seperti Pevita Pearce, Andien, Marcella Zalianty, dan grup penyanyi JKT48 untuk promosi destinasi wisata Indonesia. Menurut Marketeer of the year 2013 ini, artis-artis itu memiliki fans baik di dunia sosmed, maupun di dunia nyata. “Ketika mereka bertestimoni soal keindahan Pesona Indonesia, lalu di upload di media sosial mereka, secara otomatis pesan itu akan diterima oleh followers dan friends-nya,” pungkas Arief Yahya.

Kemenpar sendiri meluncurkan brand "Pesona Indonesia" pada Januari 2015 sebagai padanan "Wonderful Indonesia". Brand tersebut ditujukan untuk mempromosikan pariwisata di dalam negeri kepada orang Indonesia sendiri. 

Dengan menggunakan bahasa Indonesia, brand “Pesona Indonesia” memperkuat Nasionalisme dan lebih mudah melekat di benak masyarakat. Kata 'pesona', dalam brand tersebut, lanjut Arief Yahya diadaptasi dari "Sapta Pesona” yang merupakan 7 nilai kepariwisataan Indonesia. Nilai-nilai tersebut adalah aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. 

Logo “Wonderful Indonesia” dan Pesona Indonesia sudah dipasang di antaranya di sejumlah pesawat maksapai penerbangan dalam negeri, bus-bus pariwsata, dan termasuk di gedung Sapta Pesona, Kemenpar di Jakarta. 

Sebelumnya, Kemenpar mempromosikan "Wonderful Indonesia" di ratusan taksi di London Inggris yang dikenal dengan sebutan "Balck Cab". Logo tersebut dipasang di pintu dan badan taksi berupa berbagai gambar objek wisata seperti Tanah Lot Bali, Candi Borobudur Jawa Tengah, dan Raja Ampat Papua. Promosi tersbut berlangsung selama sebulan, tepatnya dua minggu setelah pelaksanaan pameran pariwisata World Tourism Market (WTM) yang berlangsung di Gesung Excel London 2-5 November tahun lalu. 

Menurut Asisten Deputi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kemenpar Noviendi Makalam, tahun ini Kemenpar berencana melakukan hal serupa, namun logo branding pariwisata Indonesia tersebut di pasang di kafe berjalanan atau food truck di beberapa negara. Ada 5 food truck yang akan dipasang di logo tersebut yakni tiga unit di Belanda dan dua lagi di Amerika Serikat. Kemenpar, lanjut Noviendi juga akan memasang logo "Wonderful Indonesia" di badan tram, salah satu sarana transportasi utama yang ada di Melbourne, Australia. 

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com) 

Captions: 
1. Toraja, salah satu dari 15 iklan Destinasi Pesona Indonesia yang ditayangkan di 55 bioskop seluruh Indonesia. 
2. Logo branding “Wonderful Indonesia” dan Pesona Indonesia di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP