. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 09 Agustus 2015

Presiden Jokowi Resmikan ICE Venue MICE Terbesar se-Asia Tenggara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan Indonesia Convetion Exhibition (ICE) di Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan, Banten yang diklaim sebagai venue Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (MICE) terbesar di Asia Tenggara, baru-baru ini. 

ICE berada di Kompleks Sinarmas Land selaku pengembang properti di kawasan ini. 

Di venue yang sama Jokowi juga meresmikan pembukaan pameran "Temu Kreatif Nasional 2015". Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Triawan Munaf, dan Menteri Perindustrian Saleh Husin, berdialog dengan sekitar 150 pelaku ekonomi kreatif, antara lain dengan Yovie Widianto yang mewakili musisi, Dewi Lestari (penulis), dan Ratna Riantiarno (teater).

"Pemerintah akan memberikan dukungan penuh bagi kemajuan ekonomi kreatif Indonesia, termasuk soal anggaran. Saat ini beberapa kementerian sedang bekerja membuat road map. Misalnya Komimfo tengah menyelesaikan e-commerce, itu salah satu contohnya," kata Jokowi.

Terkait berbagai persoalan yang dihadapi dalam membangun ekonomi kreatif, Jokowi mengharapkan input dari para penggiat sektor tersebut. "Kami butuh masukan agar road map yang dibuat bisa mengakomodir kebutuhan. Jadi jangan beranggapan pemerintah itu tahu segalanya," akunya.

Usai berdialog Presiden Jokowi juga menyaksikan pameran ekonomi kreatif bertema “Dari Indonesia untuk Dunia” yang menampilkan berbagai keunggulan karya kreatif Indonesia, di antaranya Aplikasi Information and Communication Technology (ICT), Smart Home, Smart City, Fondasi Tahan Gempa, Drone, Multifuel Engine, Robotic, Karya Foto, Karya Arsitektur, Handicraft, Kerajinan Batu Mulia, dan Indonesia e-commerce.

Triawan Munaf mengatakan event "Temu Kreatif Nasional 2015" ini bertujuan untuk mengangkat dan menggerakkan ekonomi kreatif secara signifikan untuk dijadikan andalan ekonomi Indonesia dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat. 

"Event ini digelar dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 70 tahun. Acara ini berlangsung sebulan penuh mulai 31 Juli sampai 30 Agustus," paparnya. 

Pada kesempatan itu President Director PT Deutsche Messe Venue Operation (DMVO), Mark Schloesser menjelaskan ICE yang dibangun Sinar Mas Land dan Kompas Gramedia berdiri di atas lahan seluas 22 hektare, dilengkapi dengan 10 hall seluas 50.000 meter persegi, 4.000 meter persegi ruang konvensi, 50.000 meter persegi area outdoor, 12.000 meter persegi area selasar, dan juga 33 ruang rapat dengan berbagai ukuran. 

Gedung pertemuan da neksibisi yang dioperasikan Deutsche Messe, sebuah perusahaan penyelenggara pameran dagang asal Jerman ini, dilengkapi 10 hall tanpa tiang sehingga dijuluki sebagai venue terbesar di Asia Tenggara untuk kegiatan MICE. 

Pembangunan proyek ICE dilakukan secara bertahap. "Pembangunan tahap pertama kurang lebih 220.000 meter persegi, bangunannya terdiri dari ruang exhibition & conventional, hotel bintang 4 dengan 295 kamar, dan fasilitas parkir. Sedangkan tambahan 2 hotel bintang 3 dan budget hotel, gedung perkantoran, dan perluasan gedung convention & exhibition akan dilakukan setelah tahap pertama selesai dibangun," papar Mark.

Sebagai pusat pameran dan konvensi terbesar dan terluas di Indonesia bahkan Asia Tenggara, lanjut Mark, ICE dilengkapi dengan standar internasional yang ditunjang dengan komitmen serta profesionalisme yang tinggi. 

Komposisi kepemilikansaham ICE terdiriatas Kompas Gramedia sebesar 51% danSinarmas Land 49%. Kedua perusahaan ini mendirikan perusahaan patungan bernama PT Indonesia International Expo (IIE). Nantinya, ICE yang dibangun dengan arsitektur yang indah ini bakal bersaing dengan pusat pameran dan konvensi lainnya seperti Jakarta International (JI) EXPO Kemayoran dan Jakarta Convention Center (JCC). 

Director PT IIE dan CEO Strategic Development & Services Sinar Mas Land, Ishak Chandra mengatakan ICE merupakan hasil karya terbaik anak bangsa yang dipersembahkan untuk mendukung MICE Tanah Air. 

"Tempat ini cocok untuk kegiatan-kegiatan Nasional dan internasional seperti world conference international exhibition, theatrical performances, meeting, music concerts, gala dinner, private launches, dan lainnya," ujarnya. 

Naskah & foto: adji kurniwan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Presiden Jokowi mengunjungi stand peserta pameran "Temu Kreatif Nasional 2015" sebelum meresmikan Indonesia Convetion Exhibition (ICE) di Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan, Banten. 
2. Presiden Jokowi menuliskan kalimat Era Kreatif harus Menjadi Tulang Punggung Ekonomi Indonesia. 
3. Stand Kementerian Pariwisata di pameran "Temu Kreatif Nasional 2015".

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP