. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 09 Agustus 2015

Mau Jaringan Bisnis Pariwisata Anda Kuat? Ya Masuk SKAL Club

Tren bisnis pariwisata di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya, tidak terkecuali di Jakarta. Namun di sisi lain juga menimbulkan persaingan yang ketat antar pelaku bisnis pariwisata. Diperlukan kualitas layanan agar mampu bersaing, termasuk jaringan antar pelaku usaha di sektor ini.

SKAL International Jakarta hadir menjadi wadah bagi pelaku bisnis pariwisata melalui acara diskusi-diskusi sehat dan bisa membuka jaringan bisnis ke skala yang lebih luas. 

Dalam acara re-launch, Presiden SKAL Club Internasional Jakarta, Alistair Speirs mengatakan networking dibutuhkan dalam industri pariwisata sehingga keberadaan SKAL Club Internasional sangat penting. Karena, menurutnya promosi pariwisata melalui perantara kurang efektif. "Kalau kita promosikan 'Enjoy Jakarta' di televisi, belum tentu orang-orang akan percaya," ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Alistair Speirs berpendapat, tidak mudah para pelaku industri pariwisata percaya dengan promosi pariwisata melalui perantara media. Menurutnya para pelaku industri pariwisata lebih percaya promosi pariwisata secara langsung. "Jadi, ketika pergi keluar negeri kita promosikan secara langsung kepada pelaku industri pariwisata, mereka akan percaya dan berkunjung ke Jakarta," ujarnya.

Tujuan re-launch ini, lanjut Speirs adalah untuk menarik minat para pelaku bisnis pariwisata di Jakarta untuk bergabung dan merasakan banyaknya manfaat sebagai anggota SKAL International Jakarta. "Kami berharap dari kalangan pemerintah dalam hal ini pariwisata baik dari daerah maupun pusat ikut bergabung agar lebih tahu networking untuk mengelola uang dari bisnis wisata ini," ajaknya.

Kata Speirs, selama bertahun-tahum SKAL Club Jakarta mengadakan acara belum banyak dari kalangan pemerintah yang datang apalagi bergabung. "Baru Joop Ave, yang pernah datang. Kita maunya dari pemerintah datang sebagai mamber dengan betul-betul ikhlas, bukan sebagai undangan," harapnya. 

Menurutnya banyak keuntungan yang didapat dengan menjadi anggota SKAL antara lain kemudahan akses dijaringan hotel sesama anggota SKAL jadi bukti nyata manfaat asosiasi ini. "Saya bangga, dan saya berharap Anda juga bisa merasakannya," ujarnya. 

Klasifikasi anggota SKAL Internasional Jakarta sambungnya, meliputi bidang transportasi (penerbangan, kemaritiman, dan keretaapi), bidang akomodasi (hotel, motel, akomodasi turis, dll), bidang travel and tourism (organisasi dan asosiasi turis: edukasi travel and tourism, congress and convention centres, dll), pemerintahan (lembaga-lembaga resmi pariwisata; Kementerian Pariwisata, Kedutaan, lembaga konsulat, dll), media (Travel Media: publishers, editors, travel writers, TV/radio producers/reporters/broadcasters), dan bidang olahraga, rekreasi serta dining (restoran, klub golf, dan spa). 

“Bagi rekan-rekan pariwisata yang ingin bergabung silahkankunjungi website kami di www.skaljakarta.com,” ajak Riana Bismarak, Honorary Treasure of SKAL International Jakarta.

Speirs menambahkan SKAL International pertama kali didirikan pada tahun 1934 di Paris. 

SKAL International merupakan satu-satunya organisasi di dunia yang menyatukan jajaran eksekutif dari sektori ndustri perjalanan, wisata, dan perhotelaan. 

Sekarang ini SKAL Internasional memiliki anggota sekitar 22.000 dengan 500 Club di 90 negara. "Khusus di Jakarta, target anggotanya 100 orang per tahun. Syaratnya hanya membayar 3,5juta rupiah per orang selama setahun. Itu sudah termasuk 11 kali pertemuan cocktail dinner yang dikemas secara fun. Anggotanya diutamakan dari kalangan industri pariwisata," tutupSpeirs. 

Usai re-launching, malamnya SKAL Club Jakarta menggelar cocktail dinner di hotel yang sama bersama puluhan anggotanya, antara lain dari perhotelaan, maskapai penerbangan, resto, rental car, travel agent, dan sejumlah media. Anggota SKAL Club yang hadir nampak saling berkenalan dan memberikan kartu nama sebagai awal menjajaki hubungan bisnis lebih lanjut.

Naskah&foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Presiden SKAL Club Internasional Jakarta, Alistair Speirs menjelaskan manfaat menjadi anggota SKAL Club Jakarta bagi kalangan pelaku usaha pariwisata dan pemerintah dalam cocktail dinner yang dikemas secara fun. 
2. Tim SKAL Club Jakarta berfoto bersama usai re-launching. 
3. Dapat jaringan pelaku usaha parwisata baru di dinner Club Jakarta.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP