. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 18 Februari 2015

Semarak Imlek 2015 dari Jawa sampai Sumatera

 PIS dPerayaan Tahun Baru China (Imlek) tahun ini berlangsung di sejumlah kota. Di Semarang misalnya ada Pasar Imlek Semawis (PIS), di Solo acara Grebeg Sudiro, di Palembang ada Festival Imlek, dan di Jakarta sejumlah mall berlomba menjaring pengunjung dengan serangkaian acara bertema Imlek.

PIS digelar di daerah pecinan di Kota Semarang, Jawa Tengah, sejak 4 hingga 17 Februari 2015. Acaranya berupa bazar dan panggung terbuka yang meanmpilkan kesenian. Bazaar berlangsung 4-16 Februari 2015 dengan n melibatkan UKM setempat. Panggung terbukanya 14-17 Februari 2015 di sepanjang Lorong Gang Pinggir dan Srawug, Kota Semarang.

Acara Grebeg Sudiro mengambil tempat di Kawasan Pasar Gede, Solo, pada 15-18 Februari 2015. Acaranya menampilkan kesenian barongsai, tarian, pakaian tradisional, adat keraton sampai kesenian kontemporer yang digelar di sepanjang Jalan Sudiroprajan samapi Klenteng Tien Kok Sie, di depan Pasar Gede.

Gunungan Grebeg Sudiro disusun dari ribuan kue ranjang yang diarak di sekitar Kawasan Sudiroprajan, diikuti pawai dan kesenian Tionghoa serta Jawa. Perayaan ini akan diakhiri dengan penyalaan lampion berbentuk teko yang digantung di atas gerbang.

Festival Imlek di Palembang berlangsung di Kawasan China Town Dempo, Palembang pada 28 Februari-4 Maret. Festival yang baru pertama digelar ini akan dimeriahkan dengan ragam perlombaan serta aneka kuliner. Tujuannya selain memeriahkan momentum Cap Go Meh, juga untuk mempromosikan destinasi wisata di Kota Palembang dan sekitarnya.

Festival Imlek 2015 juga akan diisi beraneka acara menarik seperti bazar makanan dan pernak-pernik, senam taichi masal dan aerobic serta sederet lomba antara lain lomba fotografi, memasak, menyanyi dangdut mandarin dan lomba karaoke mandarin, serta kompetisi barongsai danfashion show on the street. 

Sebelumnya di Medan juga digelar Gebyar Imlek Fair 2015 di CBD Polonia, Kota Medan, sejak 30 Januari - 8 Februari 2015. Acaranya dimeriahkan dengan pameran kuliner, atraksi barongsai, aneka lomba, dan penampilan spektakuler dari artis Indonesia serta Malaysia.

Event Imlek di Mall
Di Jakarta dan sekitarnya, sejumlah mall memanfaatkan momentum Imlek 2566 sengan menggelar event yang bertujuan menjaring pengunjung sebanyak mungkin. Grand Indonesia (GI), mall elit di Jakarta Pusat misalnya membuat sebuah acara yang bertajuk The Lunar Blossom.

Pengunjung dapat menikmati special show Liong LED Barongsai LED & Taiko Percussion LED di Fountain Atrium Lantai 3A West Mall mulai tanggal 13 Februari dan gratis. Pengunjung juga dapat melihat Oriental Ballet Perfomance danLotus Dance di area Main Atrium Lantai 1 East Mall. Buat anak-anak kegiatan Fun Umbrella Painting dapat diikuti di Lantai 2 West Mall.

Marketing Communications Manager Grand Indonesia, Annisa Hazarini mengatakan program ini memang ditunjukkan buat pengunjung setia GI dari anak-anak hingga orang dewasa.

Mal Ciputra Jakarta di Grogol, Jakarta Barat menggelar Wayang Potehi, seni pertunjukan boneka tradisional asal Tiongkok Selatan. Atraksi Wayang Potehi akan dilakukan selama 10 jam secara non-stop di Center Court mall ini tanggal 27 Februari 2015.

General Manager Mal Ciputra Jakarta, Ferry Irianto menjelaskan atraksi Wayang Potehi ini merupakan rangkaian perayaan Imlek di Mal Ciputra Jakarta dengan tema "Lucky New Year, Lucky You - A Celebration of Chinese New Year".

Perayaan Imlek di Mal Ciputra Jakarta ini akan berlangsung hingga 1 Maret 2015. Memasuki Tahun Kambing, mall ini juga menghadirkan 22 karya seni dalam bentuk patung kambing. "Pengunjung dapat mengunggah foto bersama patung kabing tersebut melalui akun Facebook atau Instagram untuk mendapatkan souvenir khas Imlek," terangnya.

Baywalk Mall di Pluit, Jakarta Utara lain lagi. Dalam rangka menyambut Tahun Baru China, Baywalk Mall menggelar acara bertema "Exquisite Lunar Fest 2015”. Acara digelar sejak tanggal 31 Januari hingga 1 Maret 2015 mendatang.

Chief Executive Officer Baywalk Mall, Ellen Hidayat menerangkan rangkaian Exquisite Lunar Fest 2015 dibuka dengan Chinese Costume Competition dan penampilan atraksi Barongsai Meja. “Terasa kurang lengkap, jika perayaan Imlek tanpa kemunculan barongsai.

Pengunjung mall akan dihibur oleh penampilan Barongsai Meja, Barongsai Tonggak serta Barongsai Keliling dan Dewa Uang,” jelas Ellen. Puncak acara Exquisite Lunar Fest dimeriahkan denagn pertunjukan Celebration of Light Fireworks Show by The Seatanggal 7 dan 21 Februari 2015 pada pukul 19:30, special performance dari Putri Ayu pada tanggal 19 Februari dan Helena Idol pada tanggal 1 Maret 2015.

Mall Taman Anggrek (MTA) di Jakarta Barat juga tak mau kalah. Mall ini memanfaatja momen imlek tahun ini dengan meggelar sejumnlah acara bertema Peranakan Prosperity sejak tanngal 13 Februari – 1 Maret 2015. 

Advertising and Promotion Manager MTA, Elvira Indriasari mengatakan untuk menampilkan acara ini MTA bekerja sama dengan Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia atau Aspertina. “Budaya peranakan merupakan hasil asimilasi budaya Indonesia dan Tionghoa,” jelasnya.

Rangkaian acaranya antara lain atraksi barongsai tonggak yang lincah, musik keroncong peranakan spesial dari Klantink, kolaborasi kecapi, dan gu zheng serta alunan merdu gambang kromong peranakan. Lippo

Mall Puri di Jakarta Barat menggelar delapan festival yang dimulai pada 23 Januari hingga 8 Maret 2015. Festival bertema 8 Lunar Festivals tersebut menyajikan Barongsai Festival, Lantern Festival, Lunar Bazaar, Food Truck Festival, Lokam Festival, Jakarta Ikonik Marketfest, Organic Market Festival, dan Happy Bags Festival (Fukubukuro).

Regional Marcomm Manager Lippo Malls Indonesia, Dimas Kusuma menjelaskan tema 8 Lunar Festivals sengaja dipilih untuk mengajak pengunjung beserta seluruh keluarga datang dan menikmati kemeriahan acara yang kental nuansa Imlek. “Sesuai dengan tema yang diambil, terdapat delapan festival berbeda untuk seluruh keluarga, angka delapan juga banyak dipercaya sebagai angka yang memberikan keberuntungan,” ujarnya.

 Program tersebut dibuka dengan acara Barongsai Festival 24 -25 Januari 2015. Ini merupakan kompetisi olahraga dan seni Barongsai yang dikuti lebih dari 30 peserta dari Jabodetabek.

Buat pecinta kuliner, Lippo Mall Puri juga menghadirkan Food Truck Festival pada 30 Januari dan 1 Februari 2015 dengan menyajikan 25 konter makanan dengan cita rasa dan cara penyajiannya sangat unik.

Beberapa mall di pinggiran Jakarta seperti di Serpong dan Bekasi juga tak mau ketinggalan memanfaatkan momen ini. The Breeze BSD City di Serpong misalnya mempersembahkan rangkaian pertunjukkan menarik bertajuk Oriental Romance untuk para pengunjungnya. 

Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land, Ishak Chandra dalam siaran pers-nya mengatakan event yang digelar mulai dari tanggal 13 Februari hingga 22 Februari 2015 ini dimeriahkan oleh beragam pertunjukkan menarik antara lain performance musisi papan atas Ibukota Rio Febrian, RAN, dan Sammy Simorangkir, lalu aksi akrobatik Barongsai Patok Besi, pertunjukkan Wushu dan Shaolin Show, hingga Kids Operette. 

Suasana mall berkonsep Lifestyle Center ini pun dipercantik dengan berbagai dekorasi bernuansa merah dan pink khas Imlek, gemerlap hiasan lampion, hiasan bunga Mei Hwa dan beragam bunga Lotus warna warni yang didominasi warna merah sebagai perlambang keberuntungan dalam perayaan Imlek, serta naga ataupun kambing sebagai shio tahun ini juga akan ditambahkan dalam dekorasi. 

Lain lagi dengan Grand Metropolitan di Kota Bekasi. Dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2566, mall ini bersama dengan Yayasan Ananda mengukir rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori Origami Bunga Teratai Terbanyak. Sebanyak 8.200 origami bunga teratai ini dirangkai dengan kain raksasa berukuran 150 meter persegi dan digantung di Lantai Ground mall ini. 

General Manager Grand Metropolitan, Augusman Turnip mengatakan Origami bunga teratai ini dipajang hingga perayaan Hari Raya Cap Gomeh pada April mendatang. "Kami mulai pasang origami teratai mulai hari ini hingga perayaan Cap Gomeh. Pengunjung dapat melihat karya dari murid-murid Ananda ini sambil belanja di mal," jelasnya. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Kelenteng Pateak Sembilan di Jakarta
2. Lampion khas Imlek.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP