. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 02 November 2014

Menpar Arief Yahya Promosikan Pariwisata Lewat Culture Industry

Selain keindahan alam, budaya merupakan adalan Indonesia dalam menarik perhatian wisatawan mancanegara (wisman). Industri budaya atau culture industry juga menjadi bahan promosi yang ampuh untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia sekaligus menjaring wisman. . 

“Ya benar, salah satu yang utama unutk menjaring wisman adalah lewat budaya dalam hal ini culture industry,” jelas Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya disela-sela menyaksikan pertunjukan Wayang Ajen di acara Gelar Budaya Rakyat yang berlangsung di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu malam (1/11/2014).

Menurut Arief Yahya lewat culture industry sebuah negara bisa tersohor namanya di dunia. Contohnya belakangan ini Korea lewat K-Pop dan lainnya berhasil menghiptonis dunia karena culture industry-nya dikemas dengan baik. “Bahkan kini culture industry Korea sudah menyamai manufacturing industry-nya,” aku Arief.

Indonesa, lanjut Arief punya kans ke arah itu, terlebih Indonesia mempunyai unique source yang hebat dari Korea dan negara lain. “Hanya sekali lagi, kita masih terkendala, pertama kekurangan creative camp yakni wadah bagaimana membina para artis/senimannya. Kedua, comers-nya yakni bagaimana menjualnya ke luar, dan ketiga, capital-nya, mengingat culture industry ternyata bisa mempunyai capital yang sangat besar,” terangnya.

Menurut Arief, pemerintah baru sekarang akan hadir untuk mengatasi ketiga kendala tersebut. “Kendala pertama dan ketiga yakni creative camp dan capital akan diurus Kementerian Pariwisata. Sedangkan comers akan dipegang Kementerian Perdagangan,” jelasnya.

Kata Arief  lagi, culture industry berdampak positif bagi pariwisata. “Lewat pengembangan dan promosi culture industry akan membuat orang tertarik datang ke negara tersebut. Otomatis dengan semakin banyak wisman yang datang akan menambah tenaga kerja,” ungkapnya.

Jumlah tenaga kerja Indonesia di sektor pariwisata saat ini lebih dari 10 juta orang. “Dengan kata lain pariwisata dapat mengatasi masalah kekurangan lapangan pekerjaan di negeri ini,” pungkasnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions: 
1. Menpar Arief Yahya saat memberi sambutan sekaligus membuka pementasan Wayang Ajen di Monas.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP