. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 26 September 2014

Toilet di Taman Rekreasi Bali, Sumut, dan Jateng Terbersih se-Indonesia

Tiga toilet di taman rekreasi yang ada di Bali, Sumatera Utara (Sumut), dan Jawa Tengah (Jateng) dinilai paling bersih se-Indonesia saat ini. Ketiga taman rekreasi tersebut adalah Waterbom Bali, Mikie Funland Brastagi Medan, Sumut, dan Owabong Purbalingga, Jateng. Penilaian tersebut berdasarkan hasil yang didapat masing-masing taman rekeasi dalam Penghargaan Toilet Umum Bersih di Taman Rekreasi 2014. 

Waterbom Bali meraih juara I untuk kategori air (water park) yang di kelola swasta. Mikie Funland Brastagi Medan berhasil menjadi juara pertama untuk kategori tematik (theme park) yang dikelola swasta. Sedangkan Owabong Purbalingga, Jatrng meraih juara pertama untuk kategori air (water park) dan tematik (theme park) yang dikelola pemerintah.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Plt. Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kemenparekraf Dadang Rizki Ratman di Balairung Susilo Sodarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta, Kamis (25/9/2014).

Menurut Dadang penghargaan ini untuk memberi apresiasi serta motivasi kepada para pengelola toilet umum di taman rekreasi dalam mewujudkan sadar wisata. Selain itu juga meningkatkan mutu pelayanan pengelolaan toilet bersih yang ada di taman rekreasi.

Kata Dadang lagi, Sapta Pesona itu mengandung unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan yang merupakan elemen dasar pariwisata yang perlu diterapkan demi mewujudkan citra Indonesia yang bersih. “Dengan begitu maka akan terwujud citra pariwisata Indonesia yang positif di mata wisatawan nusantara maupun mancanegara,” ujarnya usai menyerahkan penghargaan tersebut kepada para pemenang.

Kegiatan Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Taman Rekreasi Buatan 2014 ini, lanjut Dadang adalah yang kali kedua. Sebelum digelar pada 2012. “Ini juga merupakan kelanjutan dari Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Bandara pada 2007, 2009, 2011, dan 2013, lalu Museum pada 2008, dan Kebun Binatang (2010), dan Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Taman Rekreasi Buatan pada 2012,” terangnya.

Dadang berharap dengan penghargaan ini memberi efek positif bagi para pengunjung ketika bertandang ke taman rekreasi yang memiliki toilet bersih dan sehat. “Semoga mereka jadi tergugah untuk menjaga toilet baik di rumah sendiri maupun di tempat umum lainnya dengan baik dalam kehidupan mereka sehari-hari," ujarnya.

Ketua Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiningsih Adiwoso sekaligus ketua dewan juri mengatakan kegiatan "Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Taman Rekreasi Buatan 2014" ini diikuti 57 taman rekreasi buatan yang tersebar di 18 provinsi di seluruh Tanah Air, baik yang dikelola oleh pemerintah ataupun swasta.

Peninjauan dan penilaian dilakukan dewan juri secara marathon mulai 18 Mei hingga 25 Agustus 2014.

Dewan juri memberikan penilaian dalam tiga kategori, yakni Kategori Air (Water Park) yang dikelola swasta, Kategori Tematik (Theme Park) yang dikelola swasta, dan Kategori Air dan Tematik yang dikelola pemerintah. “Yang kami antara lain sarana dan kelengkapan fasilitas toiletnya, kebersihan, ketersediaan untuk penyandang disabilitas, dan ibu menyusui,” ungkap Naning.

Menurut Naning selama proses penilaian pihaknya masih menemukan beberapa taman rekreasi yang tidak memenuhi standar toilet bersih dan higienis, misalanya tidak tersedianya stiker edukasi bagi pengunjung.

Stiker edukasi itu penting mengingat pengunjung yang datang ke taman rekreasi bermacam-macam latar belakang dan pengetahuannya. “Masih banyak dari mereka yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan toilet yang benar dan higienis," kata Naning.

Lewat kegiatan ini, lanjut Naning diharapkan dapat mendorong pengelola taman rekreasi terus memperbaiki toilet sebagai sarana publik yang mereka miliki. “toilet itu bukan pilihan tapi kebutuhan,” ujarnya.

Acara penghargaan dibuka oleh pertunjukan pendongeng Aceh, PM Toh yang berkisah akan pentingnya menjaga kebersihan toilet umum dengan cara bertutur dengan jenaka. 

Selain itu juga ada suguhan atraksi Sisingaan dari Subang, Jawa Barat. Hadir pula sejumlah pelaku pariwisata taman rekreasi buatan, pihak Kemenparekraf, Kemenkes, hingga Asosiasi Toilet Indonesia. 

Waterboom Bali yang meraih juara umum merupakan wahana rekreasi air terbesar di Bali yang terletak di Kuta. Taman rekreasi buatan seluas 3,8 hektar ini memiliki banyak atraksi menarik kelas dunia antara lain slide air yang seru buat berseluncur. Taman rekreasi berkonsep air ini pun dilengkapi dengan sejumlah gerai makanan terpilih dan berenang-up bar untuk menikmati aneka minuman segar. 

Mikie Funland Brastagi Medan adalah arena rekreasi keluarga berkonsep outdoor pertama di Sumut dengan pilihan lebih dari 35 macam wahana. Pengunjung dapat menikmatinya seharian dengan hanya menggunakan satu tiket. 

Taman rekreasi buatan bermotto motto "We Give You The Best in Family Entertainment" ini mulai hadir sebagai salah satu fasilitas Mikie Holiday Resort sejak 10 Oktober 2000 untuk melayani pengunjung yang menginap di Mikie Holiday Resort maupunn tamu yang tidak menginap. 

Lokasinya di pinggir jalan raya Medan-Brastagi tepatnya Kota Brastagi yang berhawa sejuk diatas ketinggian 1.400 Meter diatas permukaan laut. Funland juga merupakan tempat wisata keluarga dengan konsep outdoor yang pertama di Sumatera Utara. 

Sedangkan Owabong Waterpark di Purbalingga, Jateng memiliki kolam renang Olympic berstandar internasional dengan panjang 50 Meter dan lebar 21 Meter serta kedalaman 120 Cm hingga 225 Cm. 

Selain itu juga ada 2 atraksi waterboom slide, ember tumpah, dan kanal arus. Taman rekreasi bertema air ini juga dilengkpai dengan sirkut gokart, flying fox, therapy ikan dan kolam air hangat serta wahana cerdas Anjungan Wisata Dirgantara (AWD). 

Berikut daftar lengkap para pemenang “Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih 2014”: 

Kategori air (water park) swasta: 
Juara I Waterbom Bali, Bali 
Juara II Waterbom Pantai Indah Kapuk, Jakarta 
Juara III Ocean Park Banten, Banten 
Harapan I Bugis Waterpark, Makassar, Sulawesi Selatan Harapan II Ciputra Jatim, Jawa Timur Harapan III Wonders Waterland Medan (Sumut), Amanzi Waterpark Palembang (Sumsel), dan Cilegon Green Waterpark (Banten) 

Kategori tematik (theme park) swasta: 
Juara I Mikie Funland Brastagi Medan, Sumatera Utara 
Juara II Trans Studio Makassar, Sulawesi Selatan 
Juara III Trans Studio Bandung, Jawa Barat 
Harapan I Garuda Wisnu Kencana, Bali 
Harapan II Seaworld Indonesia, Jakarta 
Harapan III Dunia Air Tawar TMII, Jakarta 

Kategori air (water park) dan tematik (theme park) pemerintah: 
Juara I Owabong Purbalingga, Jawa Tengah 
Juara II Pikatan Waterpark Temanggung, Jawa Tengah 

Juara Umum: Waterbom Bali, Bali. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Toilet kinclong, wisatawan senang.
 2. Para pemenang Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih Taman Rekreasi 2014.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP