. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 23 Juli 2014

Presiden Heavy Metal Pertama di Dunia itu Jokowi

Dari sekian ucapan selamat dari musisi metal dunia buat Presiden Indonesia terpilih Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (23/7), ada yang menarik. Sang Presiden yang memang dikenal menyukai rock dan metal ini mendapat julukan presiden heavy metal pertama di dunia. 

Julukan itu datang vokalis grup band metal asal AS, Lamb of God, David Randall Blythe. Dari akun Instagram-nya 'drandallblythe', vokalis metal yang akrab disapa Randy ini mengaku takjub atas keberhasilan Jokowi menjadi presiden Indonesia.

"Luar biasa tuan dan nyonya, presiden baru Indonesia adalah penikmat metal dan penggemar Lamb of God. Ini bukan main-main, foto ini nyata. Dia mendengarkan Napalm Death, Metallica, Megadeth, dan Lamb of God di antara yang lainnya. PRESIDEN HEAVY METAL PERTAMA DI DUNIA! Joko 'Jokowi' Widodo," begitu tulisnya.

Bagi bangsa Indonesia, terutama musisi dan pecinta musik cadas, tentu bangga presiden barunya itu mendapat julukan itu. Dan mungkin julukan itu benar, karena sepanjang sepengetahuan penulis, belum ada presiden baru di sebuah negara yang terpilih berdasarkan proses demokrasi mendapat julukan seperti itu. Atau mungkin sebenarnya ada presiden di negara lain yang menyukai musik metal juga seperti Jokowi namun tidak mendapat julukan itu. Entahlah.

Kesukaan Jokowi terhadap genre musik hingar keras ini menambah deretan predisen RI yang mencintai seni, kendati alirannya berbeda.

Sebelumnya Presiden RI pertama Soekarno menyukai wayang dan mengagumi tari-tarian tradisonal Indonesia serta seni patung, lukisan, dan benda-benda seni lainnya.

Presdien RI keenam Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah kita ketahui suka juga musik, terutama menulis lagu dan menyanyikannya. Selama menjabat sebagai kepala negara (2004-2009 dan 2009 sampai 2014), ia sudah mengeluarkan empat album.

Tahun 2007, SBYmerilis album musik pertamanya yang berjudul Rinduku Padamu. Album ini adalah kumpulan lagu cinta dan religius. Album 10 lagu ini melibatkan beberapa penyanyi papan atas Indonesia seperti Ebiet G. Ade.

Kembali ke soal ucapan selamat buat Jokowi, Presiden RI periode 2014-2019, pada hari yang sama band metal Anthrax lewat akun Facebook-nya memuat tautan tentang artikel berita yang menuliskan Jokowi yang merupakan penggemar metal terpilih sebagai presiden Indonesia. 

"Jika saja sekarang semua pemimpin negara lain mengikutinya," tulis band metal Amerika ini. 

Begitu juga dengan gitaris band metal Guns N' Roses, Ron Thal yang menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi melalui akun Twitter-nya @bumblefoot. "Selamat @jokowi_do2!! #Indonesia," begitu tulis gitaris yang mendapat sebutan 'Bumblefoot' ini. 

Sehari sebelumnya band Arkarna mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Jokowi juga melalui akun Twitter mereka @ arkarna. ''Finally the day has come! Congratulations Jokowi. You made it happen V here's to a better future in Indonesia! :D,'' ujar mereka. 

Arkana bukan semata memberi ucapan, pun memasang foto mereka bersama Jokowi di panggung dalam konser di Jakarta, tahun lalu. Kicauannya tidak sekali, sebelumnya mereka juga berkicau: 'Finally Indonesia will have the president it deserves. A future of prosperity, freedom of speech & hope for all not one of fear! JOKOWI !! V ;*D'. 

Dukungan band bergenre electronic rock itu disampaikan beberapa kali. Mereka juga meminta para penggemarnya memasang foto selfie setelah menggunakan hak pilih pada Pilpres 9 Juli lalu. 

Cuitan mereka pun mendapat respon positif luar biasa. Para fans Arkana asal Indonesia berharap band kesayangannya itu kembali tampil di Indonesia untuk merayakan kemenangan Jokowi. Ada 1.500 retweet dari pengikut akun band asal Inggris ini. Kalau begitu, Salam Metal buat Jokowi, Sang Presiden Heavy Metal. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Jokowi, presiden heavy metal pertama di dunia. 
2. Salam metal buat Jokowi.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP