. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 20 Juni 2014

Festival Kreatif Kota Tua, Gaya Jakarta Pamer Kreativitas

Warga Jakarta punya gaya sendiri dalam memamerkan beragam kreativitasnya. Ada yang berani tampil per kelompok bahkan per orang di ruang publik secara spontan, apa adanya, tanpa ada campur tangan pemerintah maupun swasta. Tapi ada juga yang membuat wadah untuk pamer kreativitas secara bersama di tempat dan waktu yang sama, tentu dengan dukungan berbagai pihak. 

Gaya terakhir kali ini baru diterapkan Creative Public Spaces Program (Program Ruang Publik Kreatif) dengan menggelar acara Kota Tua Creative Festival (KTCF) di seputar Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta selama dua hari, 21-22 Juni 2014. 

Acara yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kota Jakarta yang ke-487 ini berisi pameran seni kontemporer, arsitektur, instalasi, dan fotografi. Selain di di Taman Fatahillah, acara ini juga digelar di Gedung Tjipta Niaga, Gedung Kerta Niaga, Gedung Samudera, dan Stasiun Kota yang masih kawasan Kota Tua.

Festival yang baru kali pertama digelar ini juga melibatkan komunitas pecinta sejarah, kereta api, dan seniman jalanan. 

Beberapa musisi muda berbakat dan artis kenamaan juga akan mengisi acara ini antara lain Payung Teduh, Daniel Sahuleka, Float, dan Jubing Kristianto. Tak ketinggalan pertunjukan khusus oleh Abang None Jakarta. 

Sejumlah desainer muda juga akan memamerkan beragam karya rancangan mereka di festival ini. 

Aneka kuliner tradisional juga akan ditampilkan berikut workshop serta beragam kreativitas dari berbagai komunitas yang kerap bergiat di kawasan Kota Tua. 

Ada juga pentas teater yang menampilkan Teater Koma di Museum Sejarah Jakarta dari pukul 13.30 WIB hingga 15.30 WIB. Buat yang gemar bersepeda, ada tur sepeda bertajuk Kelana Kota Tua dan Museum Walk tapi pesertanya tak boleh lebih dari 100. 

Salah satu penggagas acara sekaligus Direktur SHAU, Daliana Suryawinata dalam jumpa pers di Kota Tua, Kamis (19/6) menjelaskan festival ini bertujuan menghidupkan kembali kawasan Kota Tua. 

Berdasarkan pantauan travelplusindonesia selama ini,  kawasan Kota Tua, sudah lama menggeliat sejak tahun 90-an dan sampai kini semakin meriah dengan kehadiran beragam komunitas yang setiap hari berkreativitas di kawasan ini. Jadi sebenarnya dengan atau festival ini, kawasan Kota Tua Jakarta sudah hidup. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Suasana Taman Fatahillah lokasi penyelnggaran Festival Kreatif Kota Tua 2014. 
2. Bersepeda onthel, salah satu aktivitas di Kota tua. 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP