. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 13 Juni 2014

Balap Sepeda Gunung Tingkat Asia Bakal Digelar di Lubuklinggau

Sumatera Selatan bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan dua sport tourism berskala internasional sekaligus yakni 20th Asia Mountain Bike Championship dan 6th Asia Junior MTB Championship. Kejuaraan balap sepeda gunung tingkat Asia tersebut akan berlangsung di kawasan wisata alam Bukit Sulap, Kota Lubuklinggau pada 1-2 November mendatang. 

Tujuan event ini, salah satunya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara ke Sumatera Selatan, khususnya ke Lubuklinggau. 

Sebanyak14 dari 16 negara di Asia dipastikan bakal mengirimkan atlet-atlet terbaiknya untuk mengikuti ajang ini. Setiap negara akan mengirimkan 20 sampai 25 atlitnya untuk mengikuti cabang men elite, women elite,  junior, down hill, dan cross country. Asian MTB Championship terakhir dilaksanakan di Bali pada tahun 2006.

Ajang balap sepeda gunung tingkat Asia ke-20 ini menjadi salah satu langkah mewujudkan impian Goes to Visit Lubuklinggau pada tahun 2015.

Lintasan track di Bukit Sulap sangat menantang bagi para atlit MTB. Di sana ada lintasan bebatuan, tanah, akar, pohon, dan lainnya yang alami. Sebelumnya, bukit yang berada di sebelah Tenggara Kota Lubuklinggau ini kerap menjadi lokasi pelaksanaan beberapa event sepeda gunung tingkat lokal maupun Nasional.

Untuk mensukseskan event tersebut Pemkot Lubuklinggau, terus menyiapkan sarana dan prasarananya, baik itu akomodasi, transportasi, dan pusat perbelanjaan serta infrastrukturnya antara lain pembangunan beberapa hotel seperti Hotel Burza, Aston, dan Linggau Lippo Mall setinggi 14 lantai.

Perbaikan Bandar Udara Silampari juga tengah dilakukan. Jumlah penerbangan yang melayani Jakarta-Linggau pada setiap harinya rencananya juga akan ditambah.

Kota Lubuklinggau terdiri dari 8 kecamatan dan 72 kelurahan dengan masyarakat berasal dari Musi Rawas, mayoritasnya memeluk agama Islam. Di alun-alun kota dan jalan-jalan kota terdapat banyak papan Asmaul Husna.

Kota Lubuklnggau dapat ditempuh sekitar 6,5 jam dengan kendaraan bermotor dari Palembang. Lokasi penyelenggaraan event ini, yakni Bukit Sulap merupakan satu dari tiga obyek wisata yang akan dijadikan maskot bagi Lubuklinggau.

Dua obyek lainnya yakni Air Terjun Temam dan Watervang. Air Terjun Temam yang berketinggian sekitar 12 m dan lebar 25 m terletak di Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Berjarak 11 Km dari pusat kota Lubuklinggau ke arah Selatan atau sekitar ± 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Di atas air terjun yang berada di aliran Sungai Temam ini terdapat jembatan gantung yang melintang sepanjang 100 m, jadi pengunjung dapat melihat air terjun ini dari atas dari jarak sekitar 50 m.

Watervang merupakan bangunan bendungan air Sungai Kelingi yang dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1941. Lokasinya sekitar 5 Km ke arah Timur pusat Kota Lubuklinggau atau sekitar 15 menit dengan kendaraan roda roda empat.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP