. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 17 April 2014

Jakarta Peringkat Pertama Menjadi Kota Global Bertaraf Dunia Masa Depan

Tahun ini, Jakarta terpilih menjadi kota terbaik yang memiliki potensi untuk dapat berkembang menjadi salah satu kota global atau kota bertaraf dunia. Pemilihan ini berdasarkan studi Global Cities Index 2014 yang memuat kategori Emerging Cities Outlook 2014, yakni pemetaan yang mengukur potensi kota-kota berkembang di dunia. 

Dalam studi yang dilakukan oleh salah satu perusahaan konsultansi manajemen global AT Kearney yang berbasis di Chicago, AS ini, Jakarta berhasil mengungguli 34 kota lain yang berasal dari negara-negara berpendapatan menengah ke bawah yang berpotensi menjadi kota global. Jakarta mengalahkan kota berkembang lain di Asia yakni Kuala Lumpur, Manila, dan New Delhi. 

Presiden Direktur sekaligus Kepala Divisi Asia Pasifik AT Kearney, John Kurtz mengatakan studi tersebut menguatkan posisi Jakarta sebagai kota yang penuh tantangan dan dinamika, namun telah berubah menjadi kota global dalam berbagai aspek. "Jakarta kini menjadi kota yang berdaya tarik tinggi, baik bagi sumber daya bisnis maupun budaya, dari dalam maupun global," jelasnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Menurutnya arah dan kepemimpinan Kota Jakarta yang baru telah membawa kredibilitas dan optimisme. Faktor pendukung laiannya para tenaga kerja mudanya mampu memikat sejumlah perusahaan asing, hingga membuat Jakarta sebagai kota dari negara berkembang terbaik yang memiliki peran ekonomi paling menonjol secara global.

Dengan total setengah populasi berusia di bawah 30 tahun, Indonesia berhasil menarik perusahaan-perusahaan asing seperti L'Oreal SA. Perusahaan komestik asal Prancis itu membuka pabrik terbesar dunia di Indonesia pada 2012. "Faktor demografis Jakarta juga cukup signifikan. Indonesia mulai dikenal perusahaan asing ternama di dunia seiring dengan peningkatan pengaruhnya di kancah politik dan bisnis global serta regional," ungkap John Kurtz.

Global Cities Index merupakan studi yang rutin digelar dua tahun sekali sejak 2008. Suti ini memetakan 84 kota di seluruh benua dengan menggunakan 26 parameter di lima dimensi, yaitu aktivitas bisnis, sumber daya manusia, pertukaran informasi, pengalaman budaya, dan kondisi politik.

Berdasarkan hasil studi tersebut, New York, London, Paris, Tokyo, dan Hong Kong menempati peringkat lima teratas sebagai kota global. Sedangkan Jakarta, Manilla, Addis Ababa, Sao Polo, dan New Delhi menempati posisi lima teratas sebagai kota yang dianggap mampu menyaingi kota-kota global di dunia dalam waktu sekitar 10 hingga 20 tahun ke depan.

Menurut John, Jakarta dan Manila mendapat keuntungan dari hadirnya ASEAN Economic Community. Para pejabat dari 10 negara ASEAN tengah bekerjasama mewujudkan pergerakan barang, jasa, investasi, modal, dan tenaga kerja terampil yang lebih bebas sebagai bagian dari rencana integrasi bergaya Uni Eropa. ASEAN juga diharapkan dapat bekerjasama menggunakan satu mata uang pada akhir 2015.

Dalam menentukan peringkat ke-34 ibukota itu, A.T Kearney Inc. fokus menilai aktivitas bisnis, sumber daya manusia, dan inovasi di sana. Alhasil, setengah dari ibukota di negara-negara berkembang Asia berhasil masuk ke daftar 20 besar dalam survei tersebut.

Berikut 10 kota terbaik di masa depan berdasarkan survei AT Kearney tahun 2014: 1. Jakarta 2. Manila 3. Addis Ababa 4. Sao Paulo 5. New Delhi 6. Rio de Janeiro 7. Bogota 8. Mumbai 9. Nairobi 10. Kuala Lumpur.

Naskah & foto: adji kuniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions: 
1. Jakarta terus menggeliat menuju kota global bertaraf dunia.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP