. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 18 April 2013

Candi Borobudur Kembali Hadir di Film Hollywood

Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah kembali muncul di layar lebar. Salah satu keajaiban dunia ini, kali ini hadir dalam film JAVA HEAT yang tengah tayang di sejumlah bioskop di Tanah Air per 18 April 2013. Kehadiran Candi Borobudur dalam film bukan untuk kali pertama. Sebelumnya candi berbentuk stupa ini muncul di film Arisan 2 dan juga the Philosophers. 

Candi Borobudur menjadi salah satu lokasi syuting film Arisan! 2 yang diproduseri dan disutradarai Nia Dinata serta dibintangi Cut Mini, Tora Sudiro. dan Surya Saputra. Namun Borobudur yang ditampilkan dalam suasana berbeda yakni saat perayaan Waisak, hari raya umat Budha.

Pasca film bertema gay dan kehidupan kalangan jetset ibukota ini dirilis 1 Desember 2011 ini, banyak orang yang mengaku tertarik datang ke Borobudur terutama saat Waisak untuk melihat pelepasan ratusan lampion ke angkasa sebagai salah satu kegiatan dari rangkaian perayaan Tri Suci Waisak.

Di film the Philosophers yang syuting di beberapa tempat Indonesia pada tahun 2011, Candi Borobudur juga menjadi setting-nya. Film Hollywood hasil kerjasama Amerika dan Indonesia yang disutradari John Huddles ini dibintangi oleh bintang-bintang muda internasional, antara lain James D’Arcy yang pernah membintangi film Master and Commander bersama Russel Crowe, Daryl Sabara serta pemeran Ginny Wesley dalam film Harry Potter.

Film ini mengisahkan tentang 20 siswa dan siswi di sebuah sekolah internasional di Jakarta. Para pelajar itu ditantang guru filsafat mereka untuk memilih sepuluh dari mereka untuk tinggal di bunker yang akan melindungi mereka dari ledakan nuklir.

Selain Borobudur, film yang juga dibintangi penyanyi dah pemain film asal Indonesia Cinta Laura ini pun menyajikan lokasi wisata populer di Indonesia lainnya seperti Candi Prambanan, Monas, kawasan Gunung Bromo-Semeru dan pantai di Belitung. Berkat film ini, nama candi ini pun kian mendunia.

Dan kini, Borobudur juga hadir dalam Film action Hollywood terbaru berjudul Java Heat yang sutradarai Conor Allyn bekerja sama dengan ayahnya, Rob Allyn.

Film yang dibintangi Kellan Lutz yang terkenal melalui seri film Twilight, Mickey Rourke, aktor yang sempat bermain di film Iron Man 2, dan juga aktor dan aktris Indonesia antara lain Ario Bayu yang berperan sebagai polisi dan Atiqah Hasiholan yang berperan sebagai putri keraton ini, juga ber-setting di kota gudeg Yogyakarta, antara lain di Taman sari, Pasar Ngasem, dan di jalan tersohor Malioboro.

Banyak pihak menilai film yang bercerita tentang seorang polisi Indonesia yang bekerjasama dengan orang asing warga negara Amerika Serikat dalam menumpas kejahatan di Jawa, khususnya di Jogja ini. akan mampu mengundang lebih banyak turis mancanegara untuk datang ke Borobudur.

Salah satu harapan itu datang dari Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko (PT TWCBPRB), Purnomo Siswoprasetjo. "Kuil Angkor Wat di Kamboja pernah menjadi lokasi syuting film Tomb Raider. Sejak film itu keluar, banyak sekali turis yang datang. Kita berharap begitu juga dengan Borobudur lewat film ini," jelas Purnomo.

Untuk mengantisipasi lonjakan wisman pasca film ini, pihak PT TWCBPRB akan menyambut kedatangan turis asing sebaik mungkin dengan melibatkan masyarakat sekitar. “Turis-turis bukan hanya melihat Borobudur, pun akan di ajak keliling desa-desa wisata di sekitar Borobudur dan bermalam di homestay di desa wisata tersebut,” terangnya.

Candi Borobudur berada sekitar 100 Km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta (Solo), dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Candi ini didirikan oleh para penganut agama Budha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra.

Candi yang dibangun dengan 60 ribu meter kubik struktur bebatuan dengan tinggi 34,5 m (113 kaki) dan kerangka dasarnya berukuran 123x123m ini dinobatkan sebagai Candi Budha Terbesar di Dunia oleh Guinnes World Records yang berpusat di London, Inggris.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP