. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 01 Agustus 2011

Tips Berburu Kuliner Saat Puasa


Meski berpuasa bukan berarti kita tidak bisa berwisata kuliner. Justru di bulan suci ini sejumlah kuliner tradisional spesial Ramadhan bermunculan, yang sulit ditemukan pada bulan-bulan lain. Agar wisata kuliner di bulan puasa menyenangkan tanpa meninggalkan kewajiban sholat wajib dan sunat, ada baiknya ikuti tips berikut ini.

Sebelum mendatangi lokasi pedagang kuliner yang Anda cari, ada baiknya mengumpulkan informasi dari bermacam sumber. Kumpulkan informasi yang didapat mulai dari lokasi, nama makanan, penganan, dan tentu saja harganya.

Setelah mendapat semua informasi itu, ajaklah keluarga, teman, atau pasangan Anda. Sebab lebih asyik berwisata kuliner bila dilakukan secara kelompok atau paling tidak minimal berdua. Anda bisa memesan menu yang berbeda kemudian bisa saling mencicipi dan berbagi penilaian citrarasa dan lainnya.

Perhatikan waktu mengunjungi lokasi pedagang kuliner tradisional yang Anda buru. Kalau memang ingin berbuka puasa, sebaiknya hitung waktu tempuh menuju lokasi tersebut. Biasanya kuliner yang banyak peminatnya sudah antri 1 atau bahkan 2 jam sebelum magrib. Setelah berbuka, jangan lupa untuk menunaikan ibadah shalat magrib di musholah atau masjid terdekat.

Kalau Anda ingin menikmati kuliner tersebut dengan santai, sebaiknya menyantapnya selepas shalat magrib. Karena itu carilah lokasinya yang dekat dengan masjid. Yang jelas, intinya berwisata kuliner saat bulan puasa janganlah sampai meninggalkan ibadah wajib maupun sunat.

Kalu Anda belum puas, selepas taraweh lanjutkan berburu kuliner ke lokasi lainnya. Anda bisa mencoba mulai dari kedai sederhana, restoran mewah maupun makanan di hotel berbintang. Bila anggaran terbatas, Anda cukup datangi sentra jajan kaki lima lainnya.

Bila Anda menyukai kuliner yang Anda santap dan ingin membuatnya di rumah, sebaiknya saat berada di lokasi Anda menanyakan proses pembuatannya kepada pedagangnya. Dibutuhkan trik tersendiri agar pedagang tersebut mau membuka rahasia dapur dan resepnya kepada Anda.

Mengingat bulan puasa, sebaiknya saat berburu kuliner untuk berbuka puasa dan lainnya, Anda mengenakan pakaian yang santun dalam artian tidak mengundang perhatian orang. Dan jangan mengenakan perhiasan berlebih, karena dapat menarik penjahat beraksi. Selamat berwisata kuliner tradisional saat Ramadhan.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP