. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 25 Agustus 2011

Iklan di Film Di Bawah Lindungan Ka’bah Tak Sesuai Settingnya



Kritikan adanya sejumlah iklan produk dalam film Di Bawah Lindungan Ka’bah (DBLK) hingga mengurangai kualitasnya, juga disampaikan Kepala Pusat Komunikasi Publik, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata I Gusti Ngurah Putra. Iklannya begitu terang-terangan dan tidak sesuai dengan setting era 1920 dalam cerita film tersebut.

Demikian disampaikan Ngurah Putra usai menyaksikan pemutaran perdana film garapan sutradara Hanny R Saputra di Theater Djakarta, Kamis malam (25/8/2011).

Kata Ngurah Putra, Menbudpar Jero Wacik juga sempat menyaksikan pemutaran film ini. ”Tapi hanya sekitar 15 menit, karena beliau ada acara lain,” terangnya.

Sebagai penikmat film, Ngurah Putra mengaku sedikit terganggu dengan iklan dalam film DBLK yang diangkat dari novel karya ulama Buya Hamka berjudul sama ini. “Terlalu terang-terangan, sampai menyebut nama produk iklan tersebut,” ungkapnya.

Kata dia, boleh saja dalam sebuah film ada produk iklan yang menjadi sponsor film tersebut namun produknya disesuaikan dengan setting waktu filmnya dan dibuat sehalus mungkin. “Kalaupun produk iklan yang digunakan itu era kini, sedapat mungkin dikemas seolah produknya itu sudah ada di jaman dulu,” imbaunya.

Sebenarnya film ini, lanjutnya bagus. Kendati ceritanya berat tentang permasalahan perbenturan adat dengan agama yang terjadi dalam masyarakat Minang, Sumatera Barat (Sumbar). Namun sutradaranya berhasil membuat cerita film ini mengalir dan enak ditonton. “Sayangnya ada beberapa iklan itu. Kalau tidak pasti film ini termasuk film Indonesia yang berkualitas,” tambahnya.

Kendati ada beberapa iklan yang terang-terangan, film yang mengambil lokasi syuting antara lain di Solok Selatan, Sumbar ini, lanjut Ngurah Putra tetap punya kans untuk jadi box office.

Film produksi MD Pictures dengan pemeran utama Laudya Cynthia Bella dan Herjunot Ali serta didukung sejumlah aktor dan aktris senior seperti Yenny Rachman, Widyawati, dan Didi Petet ini bakal mengisi liburan lebaran 2011.

Film DBLK sebelumnya pernah diproduksi tahun 1981, disutradarai Asrul Sani. Ketika itu, pemeran utamanya Camelia Malik dan Cok Simbara.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP