. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 30 Juli 2011

Kurma Tanah Abang Diserbu Pembeli


Jelang Ramadhan, pedagang aneka kurma di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat diserbu pembeli. Omsetnya meningkat dibanding hari biasa. Di pasar ini selain dikenal sebagai pusat grosir pakaian jadi dan tekstil terbesar se-Asia Tenggara juga menjadi pusat aneka kurma terlengkap di Jakarta. Hampir semua jenis kurma di dunia, ada di sini. Kurma apa saja?

Sabtu sore, Ahmad (45) nampak sibuk melayani pembeli kurma di kiosnya di tepi Jalam KH Mas Mansyur, sekitar 50 meter dari Pasar Blok A Tanah Abang. Dia tidak sendiri, ada 3 orang karyawannya yang juga sibuk membantunya. Dari sejumlah pembeli, ada beberapa yang mengaku sudah menjadi langganannya.

Di kios tendanya ada beragam jenis kurma yang ditempatkan di kotak persegi empat. Ada Kurma Tunisia yang berwarna kecoklatan dengan buah yang masih menempel di batangnya. Rasanya tidak terlalu manis. Harga kurma yang bentuknya agak memanjang ini Rp 70 per Kg. Kalau yang dikemas dalam kotak kardus dibandrol Rp 35.000 per kotak yang beratnya setengah kilogram.

Banyak pembeli yang penasaran dengan rasa kurma ini, termasuk saya yang membeli satu kotak Kurma Tunisa.

Ada juga Kurma Arab Saudi yang bentuknya agak bulat. Ukurannya lebih kecil dari Kurma Tunisia. Warnanya hitam. Kendati kecil, rasanya manis dan dagingnya lunak. “Kurma ini katanya yang dimakan Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa dengan jumlah ganjil. Oleh karenanya disebut Kurma Nabi,” terang Ahmad.

Kata Ahmad lagi, meski harga Kurma Nabi lebih murah dari Kurna Tunisia yakni Rp 50.000 per Kg. Tapi Kurma Arab Saudi ini lebih mantap. “Coba aja, kalo nggak percaya,” rayunya. Mendengar tawarannya, beberapa pembeli pun mencoba kurma tersebut dan kemudian membelinya, termasuk saya yang membeli setengah kilogram Rp 25.000.

Dari deretan kotak kurma yang dipajang di kios Ahmad, ada satu jenis kurma yang menarik perhatian pembeli, yaitu Kurma Calivornia, AS. Perbedaan kurma ini dengan yang lainnya terletak dari ukurannya yang jauh lebih besar, hampir sebesar buah Salak. Bentuknya agak memanjang. Lantaran lebih besar dari ukuran kurma lainnya, harganya pun lebih mahal. Satu kilogramnya Rp 200.000. Mungkin karena harganya lebih mahal, Ahmad tidak menawarkan pembeli untuk mencicipi lebih dulu kurma tersebut.

Selain kios Ahmad, masih ada puluhan kios aneka kurma lainnya di tep jalan ini, termasuk di depan pagar Masjid Jami Al-Ma’mur. Barang yang dijajakan hampir sama. Disamping aneka jenis kurma, juga ada Kismis Jumbo Rp 70.000 per Kg dan Kacang Pistasio dari Singapura Rp 125.000 per bungkus seberat 1 Kg serta wangi-wangian dari Arab dan teko-teko cantik untuk tempat air zam-zam.

Sebagaimana sembako, daging sapi, ayam, minyak goreng dan lainnya, harga aneka kurma pun mengalami kenaikan. Sekotak Kurma Tunisia seberat setengah Kg sebelumnya cuma Rp 25.000 per kotak tapi jelang Ramadhan naik menjadi Rp 35.000. Kenaikan itu lumrah terjadi menjelang Ramadhan setiap tahun, pasalnya permintaan konsumen meningkat. Terlebih sebagian besar kurma tersebut masih diimpor dari sejumlah negara Timur Tengah dan Amerika Serikat.

Tingginya permintaan aneka jenis kurma, jelas menaikkan omset pedagang. Seharinya pedagang meraup keuntungan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Umumnya aneka kurma yang dibeli konsumen untuk dikonsumsi sendiri selama bulan puasa dan untuk dibagikan ke sanak keluarga atau kerabat. “Para pembeli mengikuti Sunah Rosul yang senantiasa membatalkan puasa sesegera mungkin setelah Azan Magrib dengan memakan kurma,” terangnya.

Kendati aneka kurma dan kismis juga tersedia di sejumlah super merket kecil dan besar, tapi beberapa pembeli mengaku lebih senang datang lansung ke Pasar Tanah Abang. “Di sini banyak pilihan, harganya juga lebih murah, dan yang pasti suasananya beda aja,” kata Fatma (30), ibu muda yang tinggal di Bekasi.

Naskah dan Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP