. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 09 Januari 2011

Lulusan Pariwisata Dijamin Tidak Nganggur


Universitas jangan cuma bisa meluluskan ribuan mahasiswa. Tapi juga harus memberikan lapangan kerja bagi lulusannya. Begitu juga dengan universitas yang memiliki fakultas pariwisata. Lulusan pariwisatanya harus dijamin tidak akan menganggur lebih dari setahun setelah lulus.

Demikian imbauan Menbudpar Jero Wacik saat memberi sambutan dalam pelantikan sejumlah Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila, beberapa waktu lalu di Depok Raya. ”Kalau lulus hari ini, pada hari ini pada tahun depan lulusannya sudah bekerja,” jelasnya.

Lulusan pariwisata juga tak perlu cemas tidak mendapat pekerjaan. Sektor pariwisata, lanjut Jero Wacik bersifat ekspondensial atau terus meningkat dan memberi lapangan pekerjaan (pro job) kepada masyarakat terutama lulusan pariwisata. Indikator meningkatnya sektor ini lanjut Jero Wacik, dilihat dari transportasi yang selalu tumbuh antara lain dengan semakin banyak rute penerbangan dan tranporasi lainnya. ”Jumlah manusia semakin banyak dan semakin banyak pula yang melakukan perjalanan entah untuk berwisata maupun urusan lain. Sudah pasti transportasi terus meningkat dan membutuhkan sumber daya manusia,” jelasnya.

Begitu juga dengan hotel yang juga akan terus bertambah. ”Selalu ada hotel dan resort baru yang dibangun untuk menampung wisatawan atau untuk kegiatan lain,” tambahnya. Namun yang harus diperhatikan, lulusan pariwisata semestinya bukan hanya menarik dan rapi secara fisik dan penampilan tapi juga harus memiliki skill dan kecerdasannya mengingat akan melayani wisatawan yang beragam dan semakin cerdas. ”Skill dan kecerdasan itu didapat dari pendidikan kepariwisataan sesuai tingkatannya,” tambahnya.

Obyek-obyek wisata baru seperti lapangan golf baru juga akan terus bertambah dan tentunya menyerap tenaga kerja terdidik dan terlatih.

Namun yang lebih penting, lanjut Jero Wacik, lulusan pariwisata harus berjiwa pancasialis agar kelak menjadi pemimpin yang juga bersikap dan bertindak sesuai lima sila dalam Pancasila demi kepentingan negeri ini.

”Jadi mulai sekarang universitas yang memiliki fakultas pariwisata harus merekrut atau menerima mahasiswa sebanyaknya dan jangan lupa untuk memikirkan lapangan pekerjaannya bagi para lulusannya sesegera mungkin,” tegasnya.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Ucu, Purformas, Kemenbudpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP