. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 10 November 2010

Tunda Dulu Mendaki Gunung Slamet dan Anak Krakatau


Kalau Anda berencana mendaki Gunung Slamet di Jawa Tengah atau ke Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda, sebaiknya ditunda dulu sampai keduanya mereda dan aman. Pasalnya aktivitas kedua gunung aktif ini kian meninggi sejak statusnya ditetapkan menjadi Waspada.

Di Purbolinggo, Jawa Tengah, misalnya masyarakat yang tinggal di lereng Gunung Slamet mengaku cemas dengan aktivitas gunung terebut beberapa hari ini. Mereka sudah siap diungsikan, tinggal menunggu perintah dari pemerintah bila sewaktu-waktu kondisi gunung berketinggian 3.432 meter di atas permukaan laut itu meletus dan membahayakan keselamatan mereka.

Warga mengaku sudah cemas dengan adanya letupan besar yang mengeluarkan asap hitam dan suara gemuruh dari puncak gunung tertinggi di Jawa Tengah atau tertinggi kedua di Pulau Jawa itu.

”Kalau ada pemerintah yang mengatakan harus mengungi, kami siap. Melihat kasus Merapi saya jadi ngeri karena tinggal di dekat gunung besar ini,” jelas Anto salah seorang warga di Purbolinggo.

Peningkatan aktivitas Gunung Slamet ini sudah terjadi sejak 4 hari terahir ini. Kondisi ini membuat Pusat Vulkanologi menetapkan status Slamet menjadi waspada.

Semburan Lava Pijar
Peningkatan aktivitas juga terjadi pada Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda anatar Provinsi Banten dan Lampung. Gunung yang masih berstatus Waspada ini mulai kerap menyemburkan asap tebal dan material batuan dari dalam perutnya, hampir setiap 2 hari sekali .

Hingga kemarin malam, jumlah letusan anak krakatau sudah mencapai hingga ratusan kali. Letusannya diiringi suara gemuruh ledakan dan semburan lava pijar.

Melihat kondisi aktivitas kedua gunung tersebut, ada baiknya pendaki yang hendak mendaki Slamet ataupun Anak Krakatau menunda dulu sampai keduanya benar-benar aman untuk didaki.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Ajhies Elang Palapa

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP