. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 17 Agustus 2010

Hasil Lomba Foto Pembangunan Indonesia 2010 Dibukukan


Hasil Lomba Foto Pembangunan Indonesia 2010 bertema “Karya Pembangunan Bangsaku” yang digelar Direktorat Jenderal (Ditjen) Nilai Budaya, Seni, dan Film (NBSF), Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) selain dipamerkan keliling, juga akan dibukukan. Buku tersebut nantinya dibagikan ke pemimpin daerah sebagai contoh dan penggerak pembangunan.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal NBSF Tjetjep Suparman di Hotel Marcopolo, Jakarta, Senin (16/8) disela-sela teknical meeting kepada peserta lomba foto pembangunan daerah.

“Lomba Foto Pembangunan Indonesia 2010 ini digelar Ditjen NBSF dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan ke-65 RI. Pesertanya 480-an orang dari berbagai daerah. Setelah masuk proses penjurian nasional terpilih 100 peserta yang fotonya akan dipamerkan,” jelasnya.

Dari 100 peserta lomba foto tersebut dipilih 30 peserta untuk mengikuti workshop fotografi dengan mentor para fotografer profesional seperti Arbain Rambey dan Oscar Matuloh di Hotel Marcopolo. Ke-30 peserta terbaik yang mengikuti workshop dari 3 kategori Pelajar, Mahasiswa, dan Umum berasal dari berbagai provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I Yogyakarta, Bali, Lampung, Riau, Sumatera Utara, Aceh, dan Kalimantan Barat. Selama workshop, peserta kategori Pelajar dari luar Jakarta masing-masing didampingi seorang pendamping.

“Dalam workshop, mereka akan dibekali ilmu tentang memotret yang baik dan kemudian ditugaskan photo hunting terkait perayaan 17-an di Jakarta kemudian dinilai oleh juri untuk memilih 15 peserta yang akan mendapatkan penghargaan,” tambah Tjetjep.

Lomba Foto Pembangunan Indonesia 2010 ini berhadiah total Rp 104,5 juta. Masing-masing kategori berhak atas hadiah uang dan Piala Presiden. Untuk kategori pelajar; juara I Rp 10 juta, juara II Rp 5 juta, juara III Rp 4 juta, juara harapan I Rp 3 juta, dan harapan II Rp 2 juta.

Untuk kategori mahasiswa; juara I Rp 15 juta, juara II Rp 8 juta, juara III Rp 6 juta, juara harapan I Rp 4 juta, dan juara harapan II Rp 2 juta. Dan untuk kategori umum; juara I Rp 20 juta, juara II Rp 10 juta, juara III Rp 7,5 juta, juara harapan I Rp 5 juta, dan juara harapan II Rp 3 juta.

Rencananya penyerahan hadiah dan pembukaan Pameran Foto Pembangunan Indonesia pertama ini akan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta International Expo, Kemayoran pada 18 Agustus. Selanjutkan dipamerkan lagi pada tanggal 20-25 Agustus di Galeri Nasional. “Masih ada 2 lokasi lain yang akan menjadi tempat pameran foto ini berikutnya, namun masih dirundingkan. Dan yang pasti seluruh foto yang dipamerkan akan dibukukan,” ungkap Tjetjep.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP