. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 20 Mei 2010

53 Museum Ikut Lomba Toilet Umum Bersih


Dari total 275 museum di Indonesia, hanya 53 museum yang bersedia mengikuti Lomba Toilet Umum Bersih di Museum 2010 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata (Ditjen PDP), Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) dalam rangka program Sadar Wisata. Ini membuktikan bahwa sebagian besar toilet umum di museum masih buruk.

Penghargaan Toilet Umum Bersih di Museum 2010 ini merupakan tindaklanjut dari penghargaan serupa di Bandara tahun 2009. Menurut Direktur Jenderal PDP Kemenbudpar Firmansyah Rahim, penghargaan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja para pengelola museum untuk memperbaiki toilet umumnya sehubungan dengan Tahun Kunjungan Museum. “Dengan kegiatan ini, banyak museum yang memperbaiki toilet umumnya, bahkan ada yang dibongkar atau direnovasi lagi,” jelasnya di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, (19/5).

“Sebenarnya kami sudah mengirimkan surat kepada semua museum, namun yang mengembalikan surat dan bersedia mengikuti lomba tersebut hanya 53 museum,” terang Endang Sriwiganti, Kasubdit Dokumentasi dan Publikasi Direktorat Museum, Ditjen Sejarah dan Purbakala yang merangkap anggota tim juri.

Menurut pemerhati toilet Enny Boediarjo S yang juga anggota tim juri, penilaian Lomba Toilet Umum Bersih di Museum ini mencakup tiga hal, yakni harus memenuhi standar umum toilet internasional, perawatan yang baik, dan kenyamanan. “Standar umum menyangkut bersih dan sehat. Sedangkan nyaman, misalnya ada air panas dan dinginnya, ada musiknya, dan lainya,” jelasnya.

Kendati belum ada penelitian mengenai pengaruh keberadaan toilet di museum terhadap tingkat kunjungan wisatawan ke museum, namun Firmansyah Rahim yakin ada pengaruhnya. “Ini lebih ke citra. Kalau toilet umum di museum itu sesuai standar umum, bersih, dan nyaman pasti memberi imej yang baik kepada museum tersebut dan orang akan senang datang ke museum tersebut,” jelasnya.

Hal senada juga diakui Enny, bahkan menurutnya keberadaan toilet berpengaruh besar terhadap kunjungan wisatawan, tanpa menyebut seberapa besar pengaruhnya.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP