. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 20 Februari 2010

Lagu Visit Indonesia Masuk 12 Finalis ISF 2010





Lagu berjudul Visit Indone-sia karya Iksan masuk dalam 12 finalis Indonesia Song Festival (ISF) 2010 yang diumumkan pengamat musik Bens Leo di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (19/2). Acara yang dihadiri Menbudpar Jero Wacik dan Menkokesra Agung Laksono ini pun memasukkan 2 lagu bertema pariwisata & kebudayaan lainnya yang akan dikompetisikan dalam final ISF 2010 di Balai Sidang Senayan Jakarta, 9 Maret nanti.

Dua lagu lain bertema pariwisata dan kebudayaan tersebut berjudul Batikku karya Januar Ahmaden (Okem) dan Rindu Tarianmu (Zainal Abidin).

Menurut James F. Sundah selaku ketua dewan juri ISF 2010, tim juri yang terdiri pengamat musik, wartawan musik, produser rekaman, dan musisi bekerja keras untuk menyaring ratusan lagu dari peserta WNI dari dalam dan luar negeri tanpa batasan umur. “Dari 620 lagu, kami saring menjadi 100 lalu kemudian 36, dan akhirnya sampai 12 lagu,” jelasnya.

Kriteria penilaiannya, lanjut pencipta lagu lawas Lilin Lilin Kecil ini berdasarkan 4 hal yakni originalitas, estetika, komunikatif, dan keunikan Indonesia. “Jadi lagu yang terpilih itu harus karya orsinil bukan plagiat, bernilai seni sesuai genre musiknya, mempunyai pesan yang positif dan abadi serta memiliki kekhasan Indonesia,” ungkapnya.

Sembilan lagu lain yang masuk 12 finalis ISF 2010 adalah Juara Sejati karya I Gde Kurniawan, Damai dengan Harmoni (I Gde Kurniawan), Ku Ingin Kau Mencintaiku (Shabyra Nasution), Cahaya Hati (Wiwik HS/Huris Sapto & Merlis), Buktikan Cintamu Di Sini (Astrid N), Tunggu Kami di Masa Depan (Agus Wahyudin), Nyanyian ‘tuk Kekasih (Nunik Widayati), Tak (Angga Widodo), dan Terpasung karya Angga Widodo.

Menurut James lagi, dari 12 lagu finalis ISF akan dipilih satu yang terbaik untuk mewakili Indonesia dalam ASEAN Song and Culture Festival (ASCF) 2010 yang akan digelar di Jakarta Juli nanti.

Dalam sambutannya, Jero Wacik berjanji mendukung ISF yang sudah lama tertidur. “Saya akan mendorong musisi untuk menyelenggarakan festival ini bersama dengan Menkokesra Agung Laksono agar musik Indonesia makin berkembang dan berharap lagu Indonesia hasil ISF 2010 keluar sebagai juara di ASCF 2010,” jelasnya.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Dok Humas Kemenbudpar


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP