. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 14 November 2009

Tambah Penghargaan Destinasi Teraman ITA 2010



Menteri Kebuda-yaan dan Pariwisa-ta Jero Wacik mengu-sulkan satu penghargaan lagi di Indonesia Tourism Award (ITA) 2010 nanti. Pemenangnya akan mendapat penghargaan sebagai destinasi teraman. Atas dasar apa penilaiannya dan mengapa?

Meski pada malam penobatan ITA 2009 di Hotel Nikko, Jakarta (13/11) Jero Wacik dalam sambutannya sempat menyindir sedikitnya walikota dan bupati serta pelaku usaha industri yang datang. Namun beliau nampak puas dan menyambut positif penyelenggaraan ajang anugerah khusus di sektor pariwisata nasional ini.

Buktinya, menbudpar yang sempat memuji pers karena banyak yang datang dan meliput acara tersebut, mengusulkan 1 penghargaan lagi yang patut diberikan oleh ITA tahun depan yakni award destinasi teraman. “Penilaiannya berdasarkan kota atau kabupaten yang paling sedikit terjadi perkelahian atau kerusuhan atau bahkan nol perkelahian selama setahun,” ungkapnya.

Penghargaan itu, lanjut Jero Wacik, memacu pemkot/pemkab dan masyarakatnya untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban daerahnya agar wisatawan betah dan nyaman berwisata di daerahnya. “Kalau ada kota atau kabupaten yang sering terjadi kasus perkelahian, tawuran, kerusuhan pasti akan diliput media lalu disiarkan hingga dunia tahu. Kalau sudah begitu pasti turis enggan berwisata ke daerah yang rusuh itu,” jelasnya.

Walikota Solo Jokowi yang menerima penghargaan Indonesia Best Destination karena kotanya menjadi salah satu dari 10 kota terbaik pilihan wisatawan versi ITA 2009, mengaku bangga dan menganggap penting ajang ini sehingga harus diadakan setiap tahun. “Penghargaan ini memberi semangat buat saya untuk terus meningkatkan fasilitas, event serta pelayanan di bidang pariwisata agar wisatawan tertarik, betah, dan datang lagi ke Solo,” kata Jokowi yang menambahkan pada Oktober 2010 nanti di Solo akan ada acara Walking Street yang diikuti 3.600 home industry kerajinan tangan dan lainnya.

Dirjen Pemasaran Depbudpar Sapta Nirwandar menilai baik usulan Jero Wacik tersebut. “Usulan bagus itu nanti akan kita bahas lagi, mudah-mudahan tahun depan bisa dilaksnakan. Pihak lain termasuk pers juga boleh memberi usulan penghargaan lain yang intinya bisa mendorong kemajuan kepariwisataan nasional,” terang Sapta yang menambahkan Depbudpar akan memberikan bantuan promosi kepada pemenang kategori Indonesia Best Destination dan Tourism Special Award, ITA 2009.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP