. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 07 November 2009

ITA 2009 Berikan 3 Kategori Penghargaan Pariwisata


Dalam upaya menggairahkan dan mendorong industri pariwisata di Indonesia, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) RI dan Majalah SWA menyelenggarakan Indonesia Tourism Award (ITA) 2009. Kegiatan kali pertama ini akan memberikan penghargaan ke dalam 3 kategori.

Demikian disampaikan Dirjen Pemasaran Depbudpar, DR. Sapta Nirwandar kepada sejumlah media di Gedung Sapta Pesona, Jakarta (6/11) tentang rencana pemberian penghargaan ITA 2009 yang akan diselenggarakan pada 13 November mendatang, di Hotel Nikko, Jakarta.

Sapta yang didampingi Sekditjen Destinasi Depbudpar Winarno Sudjas, pimpinan redaksi SWA Kemal E. Gani, dan kepala penelitian BussinessDigest Suryadi Sulthan menyambut baik adanya penghargaan khusus di bidang pariwisata tersebut, termasuk di dalamnya kepada pelaku usaha di bidang pariwisata. “Penghargaan ini dapat memicu pengelola pariwisata baik pemerintah maupun swasta di Indonesia untuk memperbaiki sektor pariwisatanya agar lebih baik lagi, terutama peningkatkan pelayanan kepada masyarakat atau wisatawan,” jelas Sapta.

Sementara Winarno Sudjas berpendapat ITA ini menjadi momentum yang bagus untuk pengembangan destinasi. “Program pengembangan destinasi 2010 bisa saja mengacu pada hasil ITA ini sebagai salah satu sumber bahan masukan. Dan kucuran pendanaannya dari APBN untuk pengembangan destani bisa dipercepat,” kata Winarno tanpa merinci berapa besar jumlah kucuran dana tersebut.

Adapun 3 kategori pengharagaan ITA 2009 ini, pertama Indonesia Best Destination kepada 10 kota terbaik. “Ada 25 kota yang masuk nominasi untuk mendapat penghargaan ini yang ditentukan berdasarkan pencapaian Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)-nya di sektor pariwisata terbesar di Indonesia,” kata Kemal.

Menurut Suryadi Sulthan penentuan pemenangnya dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dengan mensurvei 1.625 reponden dalam hal ini wisatawan nusantara dan mancanegara di kantung-kantung wisata seperti mall, obyek wisata, bandara, dan hotel untuk mengetauhi dan menilai tingkat kepuasannya terhadap kota-kota yang masuk nominasi. “Survey dilakukan sejak Juli sampai awal Oktober 2009,” jelas Suryadi.

ITA 2009, lanjut Kemal juga memberikan penghargaan The Most Favorite in Tourism Industry kepada para penyedia jasa di sektor pariwisata. Para pemenang untuk kategori kedua ini ada 9 yakni terbaik nuntuk hotel berbintang, hotel tak berbintang, agen travel, resto, mall, airline, golf venue, Spa, & taksi. “Pemenangnya didasarkan pada pilihan seluruh responden dalam survei Indonesia Best Detination. Jadi ini murni survei, benar-benar kata para konsumen atau wisatawan,” terang Kemal.

ITA kali ini juga memberikan satu kategori lagi, pengharagaan khusus Tourism Special Award kepada kota-kota yang memeiliki keunikan, keunggulan dan ada upaya keseriusan dibidang pariwisata.

Kota mana saja yang masuk 10 kota terbaik, dan siapa saja yang menyabet penghargaan terbaik di industri pariwisata serta penghargaan khusus ITA 2009? Tunggu saja hasilnya, tanggal 13 November.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP