. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 09 Desember 2023

Tagar dan Kabar Ini Bikin Marapi Makin Tenar


Tagar dan kabar terkait erupsi Marapi yang terjadi pekan lalu tepatnya Ahad, 3 Desember 2023, tidak bisa dipungkiri membuat nama gunungapi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) ini makin tenar. 

Hashtag atau tagar alias lakuran (gabungan) dari kata tag dan pagar yang dimaksud adalah #prayformarapi yakni tagar doa untuk Marapi sebagai ungkapan turut berdukacita (bersusah/bersedih hati) atau belasungkawa atas musibah bencana alam yang menelan sejumlah korban luka dan meninggal dunia tersebut. 


Amatan TravelPlus Indonesia sampai Sabtu (9/12/2023), tagar tersebut sudah mencapai lebih dari 1000 unggahan (postingan) di Instagram (IG). 

Pihak yang mengunggah tagar tersebut di IG sangat beragam, antara lain dari lembaga pendidikan, parpol, pejabat negara (menteri dan gubernur), kementerian/dibawah kementerian, media massa, komunitas/organisasi pendaki gunung/pecinta alam, balai terkait konservasi dan taman nasional, perusahaan, jurnalis/blogger/pembuat konten, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) lingkungan. 

Pejabat negara yang mengunggah ucapan turut berdukacita dengan menyertakan #prayformarapi di akun IG pribadinya antara lain Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. Sedangkan kementerian/dibawah kementerian antara lain Kemenparekraf & Kominfo Padang Panjang.


Adapun Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang mem-posting ucapan  belasungkawa dengan mencantumkan tagar tersebut antara lain BKSDA Bengkulu. Sementara unggahan BKSDA Sumbar dan BKSDA Jateng tak diberi #prayformarapi melainkan antara lain #twagunungmarapi. Begitupun dengan BKSDA Maluku memberi tagar antara lain #bksdamalukuberduka.

Balai Taman Nasional (BTN) yang menggunggah ucapan berdukacita dengan #prayformarapi antara lain BTN Kepulauan Seribu, BTN Aketajawe Lolobata, BTN Batang Gadis, dan BTN Tesso Nilo.

Sementara unggahan BTN Gunung Merbabu tanpa #prayformarapi melainkan antara lain #gunungmarapi. Begitupun dengan BTN Ujung Kulon mencantumkan antara lain #twagunungmarapi dan BTN Way Kambas menyertakan antara lain #ayoketamannasional.

Media massa yang mengucapkan belasungkawa atas erupsi gunung berjenis volcano complex tersebut dengan mencantum #prayformarapi antara lain Pikiran Rakyat dan TravelPlus Indonesia.

Adapun jurnalis/blogger/pembuat konten  terkait pariwisata, ekonomi kreatif, budaya, dan lingkungan yang secara personal mengungkapkan turut bersedih hati atas musibah erupsi Marapi dengan menyertakan tagar tersebut antara lain saya sendiri lewat akun IG @adjitropis.

Sederet tagar terkait lainnya yang turut membuat nama gunung berketinggian 2.891 meter diatas permukaan laut (Mdpl) ini semakin mengangkasa adalah #marapi, #erupsimarapi, #gunungmarapi,  #marapisumbar, #gunungmarapisumbar, #marapi2891mdpl, #marapisumbar2891mdpl, #gunungmarapi2891mdpl, dan #marapimountain.

Mendunia

Selain tagar, juga ada banyak kabar baik dalam bentuk berita, artikel maupun foto dan konten video yang membuat nama Marapi kian mendunia atau semakin terkenal (meluas) ke seluruh dunia.

Ragam kabar tersebut dibuat bukan oleh hanya media massa dalam negeri seperti Kompas, Detik, Antara, dan TravelPlus Indonesia yang berbahasa Indonesia pun media massa asing yang menggunakan bahasa Inggris antara lain reuters.com, nbcnews.com, bbc.com, aljazeera.com, theguardian.com, apnews.com, dan standard.co.uk.


TravelPlus Indonesia, media online berkonsep weblog turut melambungkan nama Marapi lewat kabar 7 tulisan berbentuk artikel menarik, kreatif dan informatif dari sisi kepariwisataan, yang berjudul "Fakta Erupsi Terkini Gunung Marapi, Plus Daya Tariknya sebagai Destinasi Wisata Minat Khusus" ini link-nya https://travelplusindonesia.blogspot.com/2023/12/fakta-erupsi-terkini-gunung-marapi-plus.html; Lima Hikmah Erupsi Marapi, Nomor Tiga Libatkan Allah SWT dalam Setiap Pendakian (https://travelplusindonesia.blogspot.com/2023/12/lima-hikmah-erupsi-marapi-nomor-tiga.html); Lima Daya Pikat Singgalang, Tetangganya Marapi (https://travelplusindonesia.blogspot.com/2023/12/lima-daya-pikat-singgalang-tetangganya.html); "Siapa yang Bertanggungjawab atas Musibah Erupsi Marapi?" (https://travelplusindonesia.blogspot.com/2023/12/siapa-yang-bertanggungjawab-atas.html); "Tujuh Aktivitas Asyik Menikmati Marapi Tanpa Mendaki, Bisa Sambil Santap Bika dan Seruput Kopi Kawa Daun" (https://travelplusindonesia.blogspot.com/2023/12/tujuh-aktivitas-asyik-menikmati-marapi.html); "Fakta Terkini Marapi, Rinjani, dan Kerinci Terkait Pendakian dan Non Pendakian" (https://travelplusindonesia.blogspot.com/2023/12/fakta-terkini-marapi-rinjani-dan.html); dan satu lagi tulisan ini.

Ketujuh link tulisan tersebut juga diunggah di @adjitropis. 



Bukan cuma itu, TravelPlus juga mengunggah 1 foto ucapan #prayformarapi di akun tersebut serta membuat 2 lagu bertajuk "Pray for Marapi" yang konten videonya diunggah di IG @adjitropis, ini link-nya https://www.instagram.com/reel/C0fTq0CvOrw/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==, dan lagu "Rancak Bana Ranang Minang" di TikTok @FaktaWisata.id, ini link-nya https://vt.tiktok.com/ZSN4pLF2e/.

Konten lagu "Pray for Marapi" di IG tersebut sudah dilihat lebih dari 2.100 viewers sampai tulisan ini dibuat. Sedangkan di FB Adji Kembara Tropis sudah dilihat lebih dari 1.500 viewers.

Melihat data-data tersebut, tak bisa dibantah lagi nama Gunung Marapi jadi kian melangit.

Naskah: Adji TravelPlus, IG @adjitropis, TikTok @FaktaWisata.id

Captions:

1. Dua pendaki rekan TravelPlus Indonesia tengah menuju Merpati, puncaknya Gunung Marapi tahun 2016. (foto: adji)
2. Ragam tagar Gunung Marapi di Instagram. (foto: screenshot dari IG)
3. Balai terkait konservasi & Taman Nasional yang mengucapkan belasungkawa atas musibah erupsi Marapi di akun IG masing-masing dengan menyertakan #prayformarapi. (foto: dok @bksda_bengkulu, @btn_batanggadis, @btn_tessonilo & @btn_aketajawelolobata)
4. Empat dari tujuh artikel terkait Erupsi Marapi dan daya tariknya dari sisi kepariwisataan yang tayang di TravelPlus Indonesia dan semua link-nya diunggah di akun IG @adjitropis. (foto: adji)


Cat.: lewat tulisan ini, saya dan TravelPlus Indonesia kembali berucap turut #berdukacita buat seluruh pendaki yang menjadi korban luka-luka maupun yang meninggal dunia akibat erupsi Marapi, Ahad (3/12/2023). Khusus buat para pendaki yang meninggal dunia semoga mendapat tempat terbaik di sisi-Nya & keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, #prayformarapi #alfatihah ðŸ¤².





0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP