. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 22 April 2024

Peringati Hari Bumi, 4Bee Bakal Gelar Aksi Tanam Pohon di Japen Penanggungan via Genting


Dalam rangka memperingati Hari Bumi 2024, lintas komunitas Belajar Berkarya Bergerak Bersama (4Bee) akan menggelar aksi penanaman pohon di jalur pendakian (japen) Gunung Penanggungan via Genting.

Kegiatan bertajuk "Halal Bihalal dan Memperingati Hari Bumi 2024" tersebut akan digelar pada Sabtu-Minggu (27 April - 28 April 2024).

Kepada TravelPlus Indonesia, Erwin selalu ketua pelaksana kegiatan menjelaskan jumlah bibit pohon yang akan ditanam sebanyak 300 bibit pohon bambu petung dan 50 bibit pohon beringin.

"Lokasi penanamannya sekitaran Pos 1 sampai Pos 3 japen Gunung Penanggungan via Genting yang berada di Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur," terangnya.


Lokasi penanaman tersebut dipilih karena menurut pihak penyelenggara cocok untuk penanaman. "Disamping itu tidak menutup memungkinkan kedepannya bisa difungsikan sesuai kebutuhan khususnya bibit pohon bambu. Kalau bibit pohon beringin kita tanam untuk perindang," ungkapnya.

Alasan lain pemilihan lokasi penanaman tersebut, karena pada tahun 2019 beberapa dusun di kaki Gunung Penanggungan via Genting pernah terjadi longsor.  "Paling tidak dengan aksi tanam pohon ini kita berusaha untuk menjaganya, dan semoga tidak terjadi musibah lagi," harapnya.

Adapun target pesertanya sekitar 200 - 300 orang. "Tapi tetap kondisional, karena acara kita ini berbarengan dengan acara anniversary komunitas di Mojokerto juga di lain tempat," bebernya.

Aksi tanam pohon ini, lanjut Erwin, sudah 2 kali diadakan di japen tersebut. Aksi yang pertama dilakukan warga lokal. Sedangkan yang kedua kali in dapat support dari berbagai komunitas. "Ini kegiatan panitia bersama, yang juga melibatkan warga, pengelola, dan doelor-doelor komunitas 4Bee," tambahnya.


Menurut Erwin, japen Gunung Penanggungan ada tujuh."Dari ketujuh japen tersebut, japen via Genting yang masih natural karena baru diresmikan beberapa bulan lalu," jelasnya seraya menambahkan estimasi pendakiannya via Genting dari pos perijinan ke lokasi camp (Pos 1) sekitar 10 menit; Pos 1 ke  Pos 2 (Mbah Wiyu) sekitar 30 menit; Pos 2 ke Pos 3 (Sengon) sekitar 60 menit.

Di akun Instagram (IG) @penanggungan_viagenting, flyer kegiatan tersebut pun diunggah adminnya hari ini. Di captions-nya dijelaskan HTM kegiatan tersebut Rp 15 ribu per peserta sudah termasuk tiket masuk camp ground Bukit Bintang Sabrangan, parkir, gantungan kunci (ganci) 200 peserta pertama, stiker kegiatan serta bibit pohon bambu dan beringin.

"Peralatan camp dan alat tanam, bawa dewe-dewe," tulisan adminnya.


Sebagai pengingat, Hari Bumi merupakan  acara tahunan yang dirayakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia setiap 22 April untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan.

TravelPlus Indonesia sebagai media kepariwisataan, kebudayaan dan lingkungan tetap loyal mendukung kegiatan yang bermuatan ramah lingkungan atau pro konservasi, seperti yang akan dilakukan oleh lintas komunitas 4Bee ini di Japen Penanggungan via Genting, dengan mempublikasikan pra-kegiatannya dalam bentuk tulisan, bertepatan dengan peringatan Hari Bumi 2024 ini. 

Semoga bermanfaat.

Naskah: Adji TravelPlus (IG: @adjitropis, TikTok: @FaktaWisata.id, foto: dok. @penanggungan_viagenting )

Captions:
1. Flyer kegiatan Halal Bihalal dan Memperingati Hari Bumi 2024.
2. Basecamp Japen Gunung Penanggungan via Genting.
3. Lokasi camp ground di japen Penanggungan via Genting.
4. Pemandangan Gunung Penanggungan dari kejauhan.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP